Sukses

Pemkab Tangerang Dukung Pelaku UMKM Lewat Pameran Karya dan Produk di Mal Ciputra

Sebanyak 65 pelaku UMKM berkesempatan memasarkan produk dan mengenalkan ide yang dihasilkan dalam pameran karya dan produk di Mal Ciputra Kabupaten Tangerang.

Liputan6.com, Tangerang Pemerintah Kabupaten Tangerang melalui Dinas Koperasi dan Usaha Mikro terus menggelar berbagai kegiatan pameran untuk memberikan peluang kepada para pelaku ekonomi kreatif memasarkan produk dan mengenalkan ide yang dihasilkan. 

Seperti dalam rangka memeriahkan HUT RI ke-79, Dinas KUM selenggarakan pameran karya dan gelar produk usaha mikro selama 5 hari di Mal Ciputra Kabupaten Tangerang, pada 20 - 24 Agustus 2024.

Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Anna Ratna Maemunah menjelaskan, kegiatan tersebut mengundang 65 pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Setiap stand sudah difasilitasi oleh pemerintah daerah.

“Alhamdulillah pembukaan pameran karya dan gelar produk usaha mikro dalam rangka memeriahkan HUT RI Ke 79 berjalan dengan lancar. Pameran dilaksanakan selama 5 hari mulai tanggal 20 hingga 24 Agustus 2024. Di sini kami sudah menyediakan tempat dan para pelaku UMKM bisa membawa produknya dan memasarkannya,” ujarnya.

Ia mengungkapkan bahwa Dinas Koperasi dan Usaha Mikro akan terus meningkatkan kegiatan serupa dan berkomitmen untuk terus mendorong pengembangan komoditas yang telah ada melalui penguatan keterampilan serta kompetensi para pengrajin.

“Kami akan terus mendukung tumbuh dan berkembangnya ekonomi kreatif melalui pembinaan sektoral, fasilitas pendampingan produk hingga dukungan sarana prasarana termasuk akses permodalan, akses pasar serta perlindungan hak intelektual,” jelasnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Potensi Ekonomi Kreatif di Kabupaten Tangerang

Anna Ratna Maemunah berharap dengan digelarnya pameran, para pelaku UMKM bisa memanfaatkan fasilitas yang sudah disediakan sebaik mungkin dengan terus berkreasi menciptakan produk baru dan meningkatkan kualitas sehingga bisa diminati oleh pembeli dan bisa bersaing dengan produk dari daerah lain.

“Saya berharap pelayanan kami bisa diterima dan dimanfaatkan sebaik mungkin oleh para pelaku UMKM yang ada di Kabupaten Tangerang agar bisa memamerkan macam produk-produk mereka sehingga terjadi pertumbuhan ekonomi di masyarakat hingga meningkatkan pendapatan para pelaku usaha mikro,” harapnya.

Pada kesempatan yang sama, dalam sambutannya Pj Bupati Tangerang Andi Ony yang diwakili oleh Staf Ahli Bupati Bidang Pembangunan, Ekonomi, dan Keuangan Pada Sekretariat Daerah Muchamad Solehhudin menjelaskan, Kabupaten Tangerang merupakan daerah yang dekat dengan Ibu Kota Jakarta sehingga memiliki potensi besar untuk berkontribusi dalam ekonomi kreatif.

“Di Kabupaten Tangerang terdapat berbagai perusahaan seperti garmen atau tekstil hingga sepatu, di mana hal ini bisa menjadi pendorong berkembangnya dunia fasyen di Kabupaten Tangerang dan berpeluang untuk mendapat keunggulan dibanding daerah lain,” ucapnya.

Sebagai informasi, kegiatan pameran karya dan gelar produk usaha mikro dibuka oleh Pj Bupati Tangerang yang diwakili oleh Staf Ahli Bupati Bidang Pembangunan, Ekonomi, dan Keuangan Pada Sekretariat Daerah Muchamad Solehhudin, disamping itu turut hadir Ketua Dekranasda Hj. Mirasari Andi Ony serta para kepala OPD yang membantu dalam mensukseskan kegiatan tersebut.

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini