Sukses

Paus Fransiskus Kunjungi Jakarta 3-6 September, Bakal Bertemu Jokowi di Istana

Paus akan melakukan kegiatan Misa Akbar di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK) Jakarta pada 5 September 2024. Misa ini akan dihadiri 90.000 umat Katolik dari seluruh Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - Pemimpin tertinggi Gereja Katolik Sedunia Paus Fransiskus akan berkunjung ke Indonesia pada 3 hingga 6 September 2024. Paus dijadwalkan bertemu Presiden Joko Widodo atau Jokowi di Istana Merdeka Jakarta pada 4 September 2024.

"Kami menyampaikan kepada masyarakat bahwa tanggal 3, 4, 5 dan 6 ada kedatangan tamu negara yaitu Yang Mulia Paus Fransiskus dimana tanggal 3 kedatangan, tanggal 4 adalah kegiatan kenegaraan diterima oleh Bapak Presiden," kata Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono dalam konferensi pers di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Senin (26/8/2024).

Dia mengatakan Paus akan melakukan kegiatan Misa Akbar di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK) Jakarta pada 5 September 2024. Misa ini akan dihadiri 90.000 umat Katolik dari seluruh Indonesia.

"Di tanggal 5 (September) juga diadakan Misa di GBK sehingga saya menghimbau kepada masyarakat mencermati ini khususnya tanggal 5 untuk bisa memperhatikan," ujarnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Upacara Resmi

Sementara itu, Kepala Protokol Negara Andy Rachmianto menyampaikan Jokowi akan menggelar upacara resmi untuk menyambut kedatangan Paus Fransiskus di Istana Merdeka Jakarta. Kemudian, Jokowi juga akan menerima Paus di Istana Negara.

"Pada tanggal 4 September akan diadakan sebagai tamu negara tentunya akan diadakan acara upacara resmi kenegaraan akan diterima oleh Bapak Presiden di Istana Merdeka dan juga akan kegiatan di Istana Negara pada tanggal 4 September," jelas Andy.

3 dari 3 halaman

Sambut Paus di Istiqlal

Selain itu, dia menyampaikan Imam Besar Masjid Istiqlal Nasaruddin Umar direncanakan menyambut Paus di Masjid Istiqlal. Gereja Katedral Jakarta juga menggelar acara menyambut kunjungan Paus.

Andy menuturkan pihaknya terus berkoordinasi dengan pihak Vatikan terkait kedatangan Paus ke Indonesia pada 3 September 2024. Adapun Paus akan kembali ke Vatikan pada 6 September 2024.

"Jadi sesuai dengan acara program yang sudah kita bahas dengan pihak Vatikan rencana Paus akan tiba di jakarta pada tanggal 3 September 2024 yang akan datang," tutur Andy.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini