Sukses

Airin Jawab Tantangan Megawati, Siapkan Strategi Hapus Stunting di Banten

Ketua Umum DPP PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri meminta bakal calon gubernur Airin Rachmi Diany untuk memprioritaskan agenda menghilangkan stunting apabila terpilih dan memenangi Pilkada Banten.

Liputan6.com, Jakarta - Sorotan terhadap kasus stunting oleh Ketua Umum DPP PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri telah menjadi pekerjaan rumah (PR) besar bagi kandidat Calon Gubernur Banten, Airin Rachmi Diany.

PR itu akan dijawab oleh Airin apabila terpilih dengan membenahi data yang ada. Dimana data stunting khususnya di wilayah Provinsi Banten akan dibenahi olehnya, agar segala program menihilkan stunting bisa tepat sasaran.

“Nah tentu yang harus kita pastikan pada saat kita membuat program kegiatan yang tadi Ibu sampaikan, Bu Mega sampaikan, data. Data itu penting. Sehingga dengan data yang kita punya tepat maka programnya juga akan tepat,” kata Airin usai penyerahan dukungan di kantor DPP PDIP, Jakarta Pusat, Senin (26/8).

Maka dari itu, Airin mengatakan nantinya akan melakukan pengecekan secara menyeluruh terhadap wilayah kabupaten/kota yang ada di Banten. Dengan saling berkoordinasi bersama para kepala daerah untuk membenahi masalah stunting.

“Tapi kalau diawali dengan data yang tidak tepat biasanya targetnya tidak maksimal. Nah hari ini pun jelas sekali di provinsi Banten sudah ada data,” kata dia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tingkatkan Kader Posyandu

Selain soal data, Airin juga menyampaikan kalau kedepan peran para kader posyandu akan lebih ditingkatkan. Sebab, mereka adalah garda terdepan dalam proses pencegahan stunting di masyarakat.

“Di mana kita punya kader-kader posyandu yang sangat luar biasa. Mereka yang aktif melakukan pembinaan. Mereka memberikan asupan gizi. Mereka melakukan monitoring dan evaluasi. Mereka melakukan pelaporan kepada kita pemerintah. Sehingga itu akan sangat banyak membantu,” kata dia.

“Karena tidak mungkin satu dinas saja akan memenuhi atau menyelesaikan persoalan stunting yang ada di provinsi Banten. Dan kita juga punya BKKBN. Tentunya BKKBN juga bisa membantu kita sebagai unsur vertikal pemerintah pusat yang ada di daerah,” tambahnya.

3 dari 3 halaman

Instruksi Mega

Sebelumnya, Ketua Umum DPP PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri meminta bakal calon gubernur Airin Rachmi Diany untuk memprioritaskan agenda menghilangkan stunting apabila terpilih dan memenangi Pilkada Banten.

Hal itu disampaikan Megawati saat berpidato setelah memberikan rekomendasi kepada pasangan Airin-Ade Sumardi pada Pilkada Banten 2024 di Kantor DPP PDIP, Jakarta, Senin.

"Masih banyak itu anak stunting. Nanti kalau Ibu Airin cepat-cepat itu, yang namanya Banten, kalau jadi situ, ya, stunting kok pakai persen-persen. Stunting itu, ya, nol," kata Megawati.

Sekedar informasi saat ini Airin dan Ade Sumardi sudah diusung PDIP untuk Pilkada Banten. Keduanya akan berhadapan Andra Soni dan Dimyati Natakusumah yang diusung oleh partai Gerindra, Partai Golkar dan beberapa partai lainnya.

Sumber: Bachtiarudin Alam/Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini