Sukses

Menko Polhukam dan Mendagri Siap Buka Pencanangan Gerbangdutas ke-12 di Pontianak Kalbar

Pelaksanaan Gerbangdutas ke-12 Tahun 2024, bertajuk "Pencanangan Gerbangdutas Jangka Menengah Tahun 2025-2029".

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Hadi Tjahjanto selaku Ketua Pengarah Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP), dan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian, selaku Kepala BNPP, siap membuka seremoni Pencanangan Gerakan Pembangunan Terpadu Perbatasan (Gerbangdutas) Tahun 2024 di Kantor Gubernur Kalimantan Barat, Kota Pontianak, Kalimantan Barat (Kalbar), Selasa (27/8/2024).

Pelaksana harian (Plh) Sekretaris BNPP, Makhruzi Rahman menjelaskan, Pelaksanaan Gerbangdutas ke-12 Tahun 2024, bertajuk "Pencanangan Gerbangdutas Jangka Menengah Tahun 2025-2029". Menurut dia, Fokusnya pada penguatan konsepsi dan rumusan program pengelolaan dan pembangunan perbatasan negara tahun 2025-2029.

“BNPP selaku lembaga koordinasi pembangunan dan pengelolaan di kawasan perbatasan negara beranggotakan 27 kementerian/lembaga, 15 gubernur, dan 54 bupati serta wali kota yang wilayahnya mencakup kawasan perbatasan negara,” kata Makhruzi dalam keterangan tertulis diterima, Selasa (27/8/2024).

Makhruzi mengungkap, Gerbangdutas adalah refleksi semangat gotong-royong untuk membangun Indonesia dari pinggiran dan Pulau-Pulau Kecil Terluar (PPKT). Hal ini sejalan dengan Visi pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi)-Wakil Presiden Ma’ruf yaitu, “Terwujudnya Indonesia Maju yang Berdaulat, Mandiri, dan Berkepribadian Berlandaskan Gotong Royong".

"Tema pelaksanaan Pencanangan Gerbangdutas 2024 adalah 'Terwujudnya Perbatasan Negara yang Berdaulat dan Masyarakat Perbatasan yang Sejahtera Dalam Rangka Mewujudkan Bersama Indonesia Maju Menuju Indonesia Emas'," ujar Makhruzi.

Ia meyakini, melalui tema Gerbangdutas Tahun 2024 ini, dapat memperkuat koordinasi vertikal dan horizontal dalam pengelolaan perbatasan negara tahun 2025-2029.

Sementara itu, tujuan Pencanangan Gerbangdutas 2024 adalah untuk memantapkan konsepsi dan rumusan program pengelolaan dan pembangunan kawasan perbatasan negara jangka menengah tahun 2025-2029.

"Tujuan lainnya dari Pencanangan Gerbangdutas 2024 adalah memperkuat komitmen K/L dan daerah serta pemangku kepentingan lainnya dalam mengelola dan membangun kawasan perbatasan negara serta mempublikasikan hasil-hasil pembangunan dan potensi kawasan perbatasan negara melalui kegiatan pameran," tutur Makhruzi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Agenda

Sebagai informasi, Pencanangan Gerbangdutas 2024 juga akan diisi dengan beberapa agenda, antara lain Rapat Koordinasi (Rakor) Gerbangdutas Jangka Menengah Tahun 2025-2029. Rapat Koordinasi ini akan dihadiri oleh kementerian/lembaga, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), dan Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

Dalam Rakor Gerbangdutas 2024, hadir sebagai pembicara adalah Deputi Bidang Pengembangan Regional Bappenas, Dirjen Perdagangan Luar Negeri Kementerian Perdagangan (Kemendag), Dirjen Bina Marga Kementerian PUPR, Ketua Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Indonesia, dan Kepala Badan Pengelola Perbatasan Daerah (BPPD) Provinsi Kalimantan Barat.

"Selain itu, dalam Pencanangan Gerbangdutas 2025-2029 juga diisi dengan pelayanan kesehatan ibu dan anak yang bekerja sama dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Kalimantan Barat dan organisasi Perwakilan Umat Buddha Indonesia (Walubi)," bebernya.

Dia merinci bahwa, pada pelayanan kesehatan anak akan dilakukan pengukuran gizi anak melalui antropometri. Sedangkan pada pelayanan kesehatan ibu akan diadakan program pelayanan kesehatan masyarakat untuk pencegahan dan pengendalian Penyakit Tidak Menular (PTM). Dalam Pencanangan Gerbangdutas Tahun 2024 ini, lanjut dia, BNPP juga akan menyalurkan bantuan berupa 300 paket sembako sebagai upaya pencegahan stunting.

Makhruzi juga menuturkan, sebagai representasi dari tagline "Jaga Wilayahnya, Sejahterakan Rakyatnya", BNPP juga menyediakan 20 booth pameran dalam Pencanangan Gerbangdutas Tahun 2024. Dalam sinergi dengan Tentara Nasional Indonesia (TNI) menjaga kedaulatan wilayah Indonesia, sejumlah kecanggihan Alat Utama Sistem Senjata (Alutsista) akan dipamerkan di Kantor Gubernur Kalbar.

"Alutsista tersebut antara lain kendaraan alat tempur seperti Tank AMX, Panser Tempur Anoa, Panser Tempur Komodo, dan alutsista lainnya," bebernya.

Selain itu, terang Makhruzi lagi, sebagai representasi upaya menyejahterakan masyarakat kawasan perbatasan, juga dihadirkan sejumlah produk unggulan dari beberapa wilayah di kawasan perbatasan.

Dia berharap, melalui pameran UMKM ini akan memantik pertumbuhan Usaha Mikro,Kecil dan Menengah (UMKM) lainnya di perbatasan negara. Sejumlah mitra BNPP seperti Baznas, BNN, BRI, dan Bank Mandiri juga turut andil dalam pameran ini.

"Pameran Pencanangan Gerbangdutas Tahun 2024 juga akan diwarnai dengan sejumlah foto yang merefleksikan perjalanan pembangunan 15 Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Terpadu yang dahulu hanya sekadar Pos Lintas Batas (PLB) biasa," dia menandasi

3 dari 3 halaman

Pelaksanaan

Adapun berikut pelaksanaan pencanangan yang Gerbangdutas dari tahun ke tahun:

1. Gerbangdutas Tahun 2013 dilaksanakan di Pulau Nipa, Kabupaten Kepulauan Sangihe, Sulawesi Utara, pada 24-27 Juni, dan Pulau Jemaja, Kabupaten Kepulauan Anambas, Kepulauan Riau, pada 23-30 November.

2. Gerbangdutas Tahun 2014 dilaksanakan di Kota Sabang, Aceh, pada 17-20 Juni.

3. Gerbangdutas Tahun 2015 dilaksanakan di Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara, pada bulan Agustus.

4. Gerbangdutas Tahun 2016 dilaksanakan di Kabupaten Alor, Nusa Tenggara Timur (NTT), pada 23 Agustus.

5. Gerbangdutas Tahun 2017 dilaksanakan di Kabupaten Natuna, Kepulauan Riau, pada 8 Maret.

6. Gerbangdutas Tahun 2018 dilaksanakan di Kabupaten Merauke, Papua, pada 16 April.

7. Gerbangdutas Tahun 2019 dilaksanakan di Kabupaten Kepulauan Morotai, Maluku Utara, pada 18-19 Maret.

8. Gerbangdutas Tahun 2020 dilaksanakan di Kabupaten Kepulauan Anambas, Kepulauan Riau, pada 16-17 Maret.

9. Gerbangdutas Tahun 2021 dilaksanakan di Kabupaten Sambas, Kalimantan Barat, pada 9 April.

10. Gerbangdutas Tahun 2022 dilaksanakan di Kabupaten Kepulauan Talaud, Sulawesi Utara, pada 23-24 Mei.

11. Gerbangdutas Tahun 2023 dilaksanakan di Kabupaten Maluku Barat Daya, pada 16-17 Juni.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.