Sukses

Usung Kader PDIP Jadi Cawagub Airin, Bahlil: Jangan Khawatir, Kami Tak Minta Pak Ade Tukar Baju Kuning

Bahlil mengatakan tidak akan meminta Ade Sumardi menukar bajunya dari merah PDI Perjuangan (PDIP) menjadi kuning Partai Golkar.

Liputan6.com, Jakarta Ketua Umum Partai Golkar Bahlil Lahadalia menyampaikan bahwa partainya resmi mengusung Airin Rachmi Diany dan Ade Sumardi di Pemilihan Gubernur (Pilgub) Banten 2024. Bahlil mengatakan dirinya tidak akan meminta Ade menukar bajunya dari merah PDI Perjuangan (PDIP) menjadi kuning Partai Golkar.

"Karena itu Pak Ade Sumardi, Ketua PDIP (Banten), jangan khawatir. Kami tidak akan minta untuk menukar warna baju. Untuk (tukar) baju kuning," kata Bahlil Lahadalia saat menyerahkan surat rekomendasi dukungan Pilgub Banten kepada Airin-Ade di Kantor DPP Partai Golkar Jakarta, Selasa (27/8/2024).

Dia tak mempersoalkan apabila Ade merupakan kader PDIP. Bahlil mengatakan yang terpenting adalah kekompakan dan kerja sama antarpartai politik.

"Bahwa tetap kami bangga dengan baju merah saja. Karena kita memang bangsa ini harus tetap membutuhkan kekompakan dan kerja sama," ujar Bahlil.

Menurut Bahlil, Partai Golkar sangat menghargai perbedaan, termasuk dalam hal partai politik. Bahlil pun berharap nantinya Airin-Ade dapat memberikan perubahan untuk Banten apabila terpilih menjadi gubernur dan wakil gubernur pada Pilkada 2024.

"Hari ini Partai Golkar menyerahkan B1-KWK kepada pasangan calon gubernur Provinsi Banten yaitu Ibu Airin dari Partai Golkar dan pasangan wakil gubernur yaitu Pak Ade Sumardi. Semoga calon ini akan membuat perubahan besar bagi pembangunan Provinsi Banten," ucap Bahlil.

Partai Golkar resmi memberikan surat rekomendasi kepada Airin Rachmi Diany dan Ade Sumardi untuk maju Pemilihan Gubernur (Pilgub) Banten 2024, Selasa (27/8/2024). Dengan ini, Partai Golkar resmi berkoalisi dengan PDI Perjuangan (PDIP) di Pilgub Banten 2024.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Megawati Minta Airin Jadi Kader PDIP

Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri resmi menyerahkan surat rekomendasi dukungan kepada Airin Rachmi Diany sebagai bakal calon gubernur di Pilkada Banten 2024. Presiden kelima RI itu menyinggung kader Golkar itu untuk masuk ke PDIP.

"Nanti, semuanya saya ajarin itu, siapa yang ndak mau nurut, out, gitu aja. Saya pusing. Karena maunya mau ikut jadi PDI Perjuangan atau mau dompleng aja? Gitu lho. Saya enggak mau lagi, ya kalau konsisten aja, kalau mau jadi masuk PDI perjuangan ya jadi dengan namanya lahir batin. Itu ya rohnya roh PDI perjuangan," ujar Megawati di kantor DPP PDIP, Jalan Diponegoro, Menteng, Jakarta Pusat, Senin (26/8/2024).

"Saya tadi nanya itu, Mbak Airin, ya, nanti musti pakai ini lho merah hitam lho. Iyalah. Mau dijadikan tapi coba masa enggak pakai merah hitam, ya gimana. Terus maunya gimana? Terus maunya jadi apa? Independen? Ya cari independen, betul enggak?" sambungnya.

Megawati menyatakan, para calon yang enggan mengikuti aturan PDIP dapat menggunakan jalur independen.

"Betul. Lho itu fair lho, iya dong. Kalau mau masuk sebuah partai, ya masuk, kalau ndak ya enggak. Kan sekarang masih berlaku ya independen," kata Megawati.

 

3 dari 3 halaman

Ditanya Jadi Kader PDIP, Airin: Baiknya Gimana

Kader Partai Golkar Airin Rachmi Diany diusung menjadi bakal calon gubernur Banten bersama dengan Ade Sumardi sebagai bakal calon wakil gubernur oleh Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP).

Meski sempat menyatakan masih bagian dari partai berlogo pohon beringin, Airin merespons soal pertimbangan masuk ke PDIP.

"Gabung jadi kader (PDIP) enggak Bu?" tanya awak media di Kantor DPP PDIP, Menteng, Jakarta Pusat, Senin (26/8/2024).

"Baiknya gimana," jawab Airin sambil berlalu melambaikan tangan.

Airin hadir dalam acara deklarasi dukungan calon kepala daerah untuk kabupaten kota dan gubernur di Kantor DPP PDIP. Dia datang mengenakan pakaian serba merah.

Calon gubernur Banten Airin Rachmi Diany, menegaskan bahwa dirinya saat ini masih menjadi bagian dari kader Partai Golkar meskipun dia telah diusung oleh PDIP untuk pemilihan Gubernur Banten pada Pilkada 2024.

"Saya masih kader Golkar dan bagi saya politik adalah tools untuk memberikan kemaslahatan bagi masyarakat dan saya punya prinsip," ucap Airin di Tangerang, Senin (26/8/2024) seperti dilansir Antara.

Ia mengungkapkan pengusungan dirinya bersama bakal calon wakil gubernur Banten yakni Ade Sumardi yang dilakukan PDIP merupakan hasil ikhtiar dirinya untuk maju pada Pilgub Banten 2024.

"Kemarin juga ada SK resmi untuk pengusungan saya dan Pak Ade, tetapi waktu itu kita minta tunggu untuk berbarengan dengan daerah lainnya," katanya.

Ia mengaku sejak dua tahun lalu dirinya pun telah mendapat surat penugasan untuk maju pada Pilgub Banten yang dikeluarkan oleh Airlangga Hartarto sebagai ketua umum Partai Golkar kala itu.

"Bahkan saya sudah menjalani semua tugas seperti maju sebagai calon anggota legislatif dari Partai Golkar untuk DPR RI. Alhamdulillah meraih suara tertinggi di daerah pemilihan Banten III," paparnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.