Sukses

4 Pernyataan Ketum Golkar Bahlil Lahadalia saat Usung Airin Rachmi Diany-Ade Sumardi di Pilgub Banten 2024

Ketua Umum atau Ketum Partai Golkar Bahlil Lahadalia resmi memberikan surat rekomendasi kepada Airin Rachmi Diany-Ade Sumardi untuk maju di Pilgub Banten 2024.

Liputan6.com, Jakarta - Partai Golkar sempat mengusung Andra Soni-Dimyati Natakusumah sebagai bakal calon Gubernur dan Wakil Gubernur untuk maju di Pemilihan Kepala Daerah atau Pilkada Banten 2024.

Namun kini, Partai Golkar resmi memberikan surat rekomendasi kepada Airin Rachmi Diany dan Ade Sumardi untuk maju Pemilihan Gubernur atau Pilgub Banten 2024 pada hari ini, Selasa (27/8/2024). Dengan ini, Partai Golkar resmi berkoalisi dengan PDI Perjuangan (PDIP) di Pilgub Banten 2024.

"Hari ini Partai Golkar menyerahkan B1-KWK kepada pasangan calon gubernur Banten yaitu Bu Airin dan pasangannya, Pak Ade. Semoga calon ini membawa perubahan untuk Banten," ujar Ketua Umum atau Ketum Golkar Bahlil Lahadalia saat menyerahkan surat rekomendasi kepada Airin-Ade di Kantor DPP Partai Golkar Jakarta, Selasa (27/8/2024).

Bahlil menegaskan dukungan yang diberikan tersebut bukan karena terpengaruh PDIP yang memberikan dukungannya terlebih kepada Airin-Ade.

Dia juga menyebut telah berkomunikasi dengan Koalisi Indonesia Maju (KIM) terkait dukungan kepada Airin Rachmi Diany-Ade Sumardi.

"Saya juga menyampaikan pasangannya ini (Ade) dari PDIP. Ini menunjukkan Golkar sangat terbuka inklusif, tidak pernah beda-bedakan calon dari manapun," terang Bahlil.

Kemudian, dia menyebut Airin Rachmi Diany merupakan salah satu kader terbaik partainya. Untuk itulah, Bahlil memberikan dukungan kepada Airin untuk maju ke Pilgub Banten, berpasangan dengan Ade Sumardi dari PDIP.

"Ibu Airin adalah anak kandung dari Partai Golkar. Sebagai ibu dari anak yang melahirkan dan membesarkan, rasanya tidak pas kalau kemudian tidak diantarkan oleh ibu kandungnya untuk ikut berkompetisi," kata Bahlil.

Berikut sederet pernyataan Ketua Umum atau Ketum Partai Golkar Bahlil Lahadalia saat berikan surat rekomendasi kepada Airin Rachmi Diany dan Ade Sumardi untuk maju di Pilgub Banten 2024 dihimpun Liputan6.com:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Serahkan Langsung B1-KWK

Partai Golkar resmi memberikan surat rekomendasi kepada Airin Rachmi Diany dan Ade Sumardi untuk maju Pemilihan Gubernur (Pilgub) Banten 2024, Selasa (27/8/2024). Dengan ini, Partai Golkar resmi berkoalisi dengan PDI Perjuangan (PDIP) di Pilgub Banten 2024.

"Hari ini Partai Golkar menyerahkan B1-KWK kepada pasangan calon gubernur Banten yaitu Bu Airin dan pasangannya, Pak Ade. Semoga calon ini membawa perubahan untuk Banten," kata Ketua Umum Partai Golkar Bahlil Lahadalia saat menyerahkan surat rekomendasi kepada Airin-Ade di Kantor DPP Partai Golkar Jakarta, Selasa (27/8/2024).

Bahlil menegaskan dukungan yang diberikan tersebut bukan karena terpengaruh PDIP yang memberikan dukungannya terlebih kepada Airin-Ade. Dia juga menyebut telah berkomunikasi dengan Koalisi Indonesia Maju (KIM) terkait dukungan kepada Airin-Ade.

"Saya juga menyampaikan pasangannya ini (Ade) dari PDIP. Ini menunjukkan Golkar sangat terbuka inklusif, tidak pernah beda-bedakan calon dari manapun," ujar Bahlil.

 

3 dari 5 halaman

2. Sebut Airin Kader Terbaik Golkar, Sampai Ada yang Minta

Lalu, Bahlil Lahadalia menyebut Airin Rachmi Diany merupakan salah satu kader terbaik partainya. Untuk itulah, Bahlil memberikan dukungan kepada Airin untuk maju ke Pilgub Banten, berpasangan dengan Ade Sumardi dari PDI Perjuangan (PDIP).

"Ibu Airin adalah anak kandung dari Partai Golkar. Sebagai ibu dari anak yang melahirkan dan membesarkan, rasanya tidak pas kalau kemudian tidak diantarkan oleh ibu kandungnya untuk ikut berkompetisi," kata Bahlil.

Menurut dia, Airin merupakan kader terbaik yang diminati oleh banyak pihak. Bahkan, Bahlil mengatakan ada yang meminta dan mengajak Airin untuk ikut bergabung.

"Memang kalau barang bagus itu pasti banyak yang minat. Kalau enggak barang bagus, itu mungkin sedikit yang berminat. Sangat bagusnya, ada juga yang minta. Kalau bisa, ikut kami saja," terang Bahlil.

 

4 dari 5 halaman

3. Bantah Dukung Airin karena Pidato Megawati

Bahlil Lahadalia membantah alasan partainya mengubah dukungan ke Airin Rachmi Diany-Ade Sumardi di Pilgub Banten karena pidato Ketua Umum PDI Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri.

Padahal, sebelumnya Partai Golkar sudah bersama Koalisi Indonesia Maju (KIM) mengusung Andra Soni-Dimyati Natakusumah di Pilkada Banten 2024.

Bahlil menegaskan bahwa Golkar merupakan partai independen yang tidak terpengaruh dengan hal-hal seperti itu.

"Oh enggak ada dengan pidato si A, B, C. Partai Golkar ini independen, tidak akan bisa dipengaruhi oleh pidato si A, B, C. Justru Golkar harus memengaruhi tentang isu-isu politik kebangsaan," ujar Bahlil.

Bahlil menjelaskan bahwa keputusan Partai Golkar mengsung Airin-Ade di Pilgub Banten 2024 sudah melalui proses panjang. Bahlil menyampaikam partainya juga telah melakukan kajian politik mendalam dan komunikasi dengan Koalisi Indonesia Maju (KIM).

"Jadi keputusan Golkar ini semata-mata adalah sebuah keputusan kajian politik mendalam, dan sudah tentu namanya politik ada komunikasi politik. Dengan KIM kita melakukan komunikasi jadi sekali lagi ini semua terjadi karena komunikasi politik yang baik," kata Bahlil Lahadalia.

"Dan seorang pemain politik harus mempunyai kemampuan lobby bersama. Jadi sekali lagi, tidak ada pidato si A, B, C," sambung Bahlil.

 

5 dari 5 halaman

4. Usung Kader PDIP, Tegaskan Tak Minta Ade Tukar Baju Kuning

Bahlil mengatakan dirinya tidak akan meminta Ade menukar bajunya dari merah PDI Perjuangan (PDIP) menjadi kuning Partai Golkar.

"Karena itu Pak Ade Sumardi, Ketua PDIP (Banten), jangan khawatir. Kami tidak akan minta untuk menukar warna baju. Untuk (tukar) baju kuning," kata Bahlil Lahadalia.

Dia tak mempersoalkan apabila Ade merupakan kader PDIP. Bahlil mengatakan yang terpenting adalah kekompakan dan kerja sama antarpartai politik.

"Bahwa tetap kami bangga dengan baju merah saja. Karena kita memang bangsa ini harus tetap membutuhkan kekompakan dan kerja sama," ujar Bahlil.

Menurut Bahlil, Partai Golkar sangat menghargai perbedaan, termasuk dalam hal partai politik. Bahlil pun berharap nantinya Airin-Ade dapat memberikan perubahan untuk Banten apabila terpilih menjadi gubernur dan wakil gubernur pada Pilkada 2024.

"Hari ini Partai Golkar menyerahkan B1-KWK kepada pasangan calon gubernur Provinsi Banten yaitu Ibu Airin dari Partai Golkar dan pasangan wakil gubernur yaitu Pak Ade Sumardi. Semoga calon ini akan membuat perubahan besar bagi pembangunan Provinsi Banten," ucap Bahlil.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.