Sukses

Ketua Umum Dekranas: Peran Generasi Muda Lestarikan Budaya Indonesia Sangat Penting

Ketua Umum Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas), Wury Ma'ruf Amin menekankan peran generasi muda dalam melestarikan dan mengembangkan warisan budaya Indonesia sangatlah penting.

Liputan6.com, Jakarta Dalam era globalisasi yang semakin pesat, budaya lokal sering kali terancam oleh homogenisasi dan arus informasi yang datang dari berbagai belahan dunia. Melihat hal itu, peran serta generasi muda sangat krusial guna menjaga kekayaan budaya Indonesia tetap hidup dan berkembang.

Untuk itu, Ketua Umum Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas), Wury Ma'ruf Amin menekankan peran generasi muda dalam melestarikan dan mengembangkan warisan budaya Indonesia sangatlah penting.

“Saat ini makin banyak perajin muda yang terinspirasi menggali, memahami, dan memanfaatkan potensi kerajinan tradisional, mereka adalah pionir yang akan membawa budaya Indonesia ke panggung dunia dengan cara-cara yang baru dan inovatif,” ujarnya dalam Pembukaan Pameran Kerajinan Nusantara Kriyanusa 2024: Perajin Muda Lestarikan Warisan Budaya di Jakarta Convention Center, Jakarta Pusat, Rabu (28/08/2024).

Wury Ma'ruf Amin juga menilai, seni kerajinan berbagai daerah di Indonesia tidak hanya mencerminkan keindahan dan keterampilan, tetapi juga nilai-nilai dan identitas bangsa. Oleh karena itu, Ketum Dekranas itu menekankan peran generasi muda dalam upaya pewarisan budaya nasional.

"Generasi muda ini adalah harapan kita untuk memastikan bahwa kekayaan budaya kita tidak hanya bertahan, tetapi juga berkembang seiring dengan perubahan zaman," ucapnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Sarana Pamerkan Karya

Wury Ma'ruf Amin berharap Pameran Kriyanusa 2024 dapat menjadi sarana perajin muda memamerkan karya yang dimiliki dan saling berkolaborasi.

"Kami berharap dapat memberikan platform bagi perajin muda untuk menampilkan karya-karya mereka, belajar dari satu sama lain, dan menjalin hubungan yang saling menguntungkan," ujarnya.

Di sisi lain, Ketua Panitia Kriyanusa 2024, Yanti Isfandiary Airlangga mengatakan, Dekranas telah memberikan kuota stan secara gratis kepada 98 orang perajin muda.

"Dekranas memberikan kuota stan secara gratis kepada 98 perajin muda sebagai bentuk apresiasi dan dukungan Dekranas kepada pembinaan perajin muda dari seluruh Indonesia dan implementasi dari salah satu pokok program kerja Dekranas yaitu mendorong adanya regenarasi perajin," katanya.

Yanti mengungkapkan, Kriyanusa 2024 merupakan salah satu wujud nyata upaya Dekranas dalam mengembangkan kapasitas pelaku usaha kriya. Menurutnya, upaya itu mencakup mendorong penciptaan, pengembangan produk kriya lokal, sekaligus melestarikan citra budaya seluruh daerah di Indonesia.

"Kami menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada Ketua Dekranasda Provinsi Kalimantan Timur atas partisipasinya sebagai ikon Kriyanusa 2024," ungkapnya.

3 dari 3 halaman

Kriyanusa 2024

Pameran Kriyanusa 2024 mengusung tema Perajin Muda Lestarikan Warisan Budaya, dengan ikon pameran Provinsi Kalimantan Timur. Acara juga dihadiri Senior Dekranas Ibu Mufidah Jusuf Kalla, Ketua Harian Dekranas Ibu Tri Tito Karnavian, pengurus Dekranas, perwakilan Dekranasda dari seluruh Indonesia, pengurus Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Indonesia Maju (OASE KIM), perwakilan kedutaan besar negara sahabat, serta pimpinan kementerian dan lembaga, BUMN, asosiasi, dan swasta.

Pameran Kriyanusa 2024 menghadirkan 444 stan pameran yang terdiri dari 213 stan Dekranasda provinsi, kabupaten dan kota, 42 stan yayasan dan individu, 20 stan dari Provinsi Kalimantan Timur, 58 stan perajin muda, 8 stan sponsor, serta 24 stan kuliner.

Pameran Kriyanusa 2024 berlangsung dari 28 Agustus s.d. 1 September 2024 di Hall A dan B Jakarta Convention Center. Pameran ini dapat dikunjungi oleh masyarakat secara gratis tanpa biaya tiket masuk.

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini