Sukses

Ikuti Pelatihan Kreasi Tenun Amanah, Pengrajin Muda Aceh Kebanjiran Pesanan

AMANAH sebelumnya telah mempromosikan produk tenun buatan pengrajin Aceh di berbagai acara tingkat provinsi hingga nasional.

Liputan6.com, Jakarta - Pengrajin Muda Tenun di Aceh mengaku mendapat kebanjiran pesanan, usai mengikuti pelatihan Kreasi Tenun Aceh yang diadakan Aneuk Muda Aceh Unggul Hebat (AMANAH). Usai mendapat pesanan, mereka pun akan langsung fokus memproduksi tenun khas Negeri Serambi Mekah tersebut.

“Tindak lanjut dari kami setelah pelatihan yang dilakukan AMANAH ini, kita sudah dipromosikan produk kita sama AMANAH,” kata mentor tenun, Zulhelmi seusai penutupan pelatihan di Rumah Tenun AMANAH x Kutaraja, Banda Aceh, seperti dikutip dari keterangan pers.

Zulhelmi mengungkap, AMANAH sebelumnya telah mempromosikan produk tenun buatan pengrajin Aceh di berbagai acara tingkat provinsi hingga nasional. Salah satunya, pada Muslim Fashion Festival (Muffest) yang berlangsung di Jakarta beberapa waktu lalu.

“Di sana mereka dipertemukan dengan para desainer muda dari sesama daerahnya. Kita juga sudah dikenalkan dengan beberapa desainer milenial seperti kemarin itu dibawa ke Muffest, sehingga, produk kita banyak yang diminati,” tutur Zulhelmi.

Sebagai informasi, pelatihan Kreasi Tenun Aceh sudah berlangsung selama tiga hari, sejak Senin (26/8). Pesertanya adalah para pengrajin tenun yang berasal dari berbagai daerah di Provinsi Aceh mulai dari Kabupaten Aceh Jaya hingga Bener Meriah.

Dari belasan peserta pelatihan kali ini, AMANAH juga memilih enam orang di antaranya untuk bekerja di Rumah Tenun AMANAH x Kutaraja. Mereka terdiri dari pengrajin tenun berusia muda asal Aceh Besar, Pidie Jaya hingga Aceh Timur.

“Jadi, ke depannya kita akan lebih fokus ke produksinya dan pengembangannya juga. Seperti, kita akan kerja sama dengan desainer milenial dari AMANAH. Mungkin akan kita buat ke dalam bentuk pakaian jadi,” yakin Zulhelmi.

Ke depan, Zuhelmi mengatakan pengrajin terpilih akan memproduksi puluhan lembar kain tenun yang telah dipesan oleh perusahaan-perusahaan besar. Ia pun berharap kesempatan tersebut bisa meningkatkan pendapatan para pengrajin.

“Alhamdulillah banyak kemajuan, peningkatan dari pesertanya karena mereka antusias. Selama pelatihan ini, mereka dapat wawasan baru karena selama pelatihan ini kita menggunakan alat mungkin bagi mereka lebih canggih sehingga produksinya lebih cepat,” dia menandasi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Mengenai AMANAH

Aneuk Muda Aceh Unggul dan Hebat (Amanah) adalah program pemberdayaan generasi muda Aceh yang digagas oleh Badan Intelijen Negara (BIN).

Program ini merupakan bentuk penyediaan dan dukungan fasilitas secara nyata bagi para pelaku UMKM, industri kreatif, maupun para pemuda dalam rangka meningkatkan perekonomian di Aceh serta sebagai wadah untuk menyalurkan segala bentuk ide, kreatifitas, dan aspirasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.