Sukses

7 Pernyataan Bakal Cagub Ridwan Kamil Usai Daftar Pilgub Jakarta 2024 ke KPU

Bakal cagub Ridwan Kamil (RK) menyampaikan sejumlah hal usai daftar Pilgub Jakarta 2024 ke KPU bersama bakal cawagub Suswono, salah satunya mampu membawa suasana riang gembira di Pilkada 2024.

Liputan6.com, Jakarta - Bakal calon gubernur (bakal cagub) Ridwan Kamil (RK) dan bakal calon wakil gubernur (bakal cawagub) Jakarta Suswono telah mendaftarkan diri ke Komisi Pemilihan Umum Provinsi Jakarta (KPU Provinsi Jakarta) untuk maju di pemilihan gubernur atau Pilgub Jakarta 2024 pada Rabu 28 Agustus 2024.

Usai pendaftaran, ada sejumlah hal yang disampaikan Ridwan Kamil (RK). Salah satunya, RK menjamin, bersama Suswono yang diusung Koalisi Indonesia Maju (KIM) ini mampu membawa suasana riang gembira di Pilkada 2024.

"Kami akan menjamin kepada KPU bahwa dari pasangan calon kami akan membawa suasana riang gembira, penuh gagasan yang solutif sehingga Pilkada ini ramai sukses penuh riang gembira bukan sebaliknya," kata RK, saat menyampaikan sambutan di Kantor KPU Jakarta, Rabu 28 Agustus 2024.

"Kami sadar kami koalisi besar punya tanggung jawab itu kepada penyelenggaraan yang tentu kita harapkan sukses," sambung dia.

Kemudian, RK menegaskan, dirinya dan Suswono enggan disebut dengan nama singkatan RAWON. Dia menegaskan, nama singkatan yang cocok untuk Ridwan Kamil dan Suswono adalah RIDO.

"Dalam kesempatan ini kami menyampaikan juga nama pasangan kami adalah RIDO, singkatan dari Ridwan Suswono bukan RAWON, mohon izin," terang Ridwan Kamil (RK).

Dia mengatakan, tahapan selanjutnya usai pendaftaran adalah pemeriksaan kesehatan oleh tim verifikasi KPU Jakarta. Rencananya, pasangan yang didukung oleh 13 partai tersebut akan hadir di RSUD Tarakan Jakarta pada 31 Agustus 2024 mendatang.

"Usai kami menyerahkan persyaratan-persyaratan administrasi untuk diverifikasi, kurang lebih selama 3 hari," ucap dia.

"Mudah-mudahan administrasinya lancar sehingga kami bisa meneruskan pada proses-proses selanjutnya, antara lain pemeriksaan kesehatan, yang Insya Allah dijadwalkan di 31 Agustus 2024," sambung Ridwan Kamil (RK).

Berikut sederet pernyataan Bakal Cagub Ridwan Kamil usai mendaftar Pilgub Jakarta 2024 bersama Bakal Cawagub Suswono dihimpun Liputan6.com:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

1. Tegaskan Singkatan Namanya RIDO

Ridwan Kamil (RK)-Suswono sudah resmi mendaftakan diri di Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jakarta sebagai pasangan bakal calon gubernur dan bakal calon wakil gubernur Jakarta 2024.

Usai pendaftaran, RK menegaskan, dirinya dan Suswono enggan disebut dengan nama singkatan RAWON. Dia menegaskan, nama singkatan yang cocok untuk Ridwan Kamil dan Suswono adalah RIDO.

"Dalam kesempatan ini kami menyampaikan juga nama pasangan kami adalah RIDO, singkatan dari Ridwan Suswono bukan RAWON, mohon izin," ujar RK saat jumpa pers usai mendaftarkan diri di Kantor KPU Jakarta, Rabu 28 Agustus 2024.

Ridwan Kamil mengatakan, tahapan selanjutnya usai pendaftaran adalah pemeriksaan kesehatan oleh tim verifikasi KPU Jakarta. Rencananya, pasangan yang didukung oleh 13 partai tersebut akan hadir di RSUD Tarakan Jakarta pada 31 Agustus 2024 mendatang.

"Usai kami menyerahkan persyaratan-persyaratan administrasi untuk diverifikasi, kurang lebih selama 3 hari. Mudah-mudahan administrasinya lancar sehingga kami bisa meneruskan pada proses-proses selanjutnya, antara lain pemeriksaan kesehatan, yang Insya Allah dijadwalkan di 31 Agustus 2024," ucap RK.

 

3 dari 8 halaman

2. Akui Bawa Suasana Riang Gembira dan Gagasan Solutif

Kemudian, RK menjamin, bersama Suswono yang diusung Koalisi Indonesia Maju (KIM) ini mampu membawa suasana riang gembira di Pilkada 2024.

"Kami akan menjamin kepada KPU bahwa dari pasangan calon kami akan membawa suasana riang gembira, penuh gagasan yang solutif sehingga pilkada ini ramai sukses penuh riang gembira bukan sebaliknya," kata RK.

"Kami sadar kami koalisi besar punya tanggung jawab itu kepada penyelenggaraan yang tentu kita harapkan sukses," sambung dia.

Ridwan Kamil berharap, bersama Suswono mampu memberikan yang terbaik untuk warga Jakarta jika kelak terpilih dalam Pilkada Jakarta 2024. Terlebih, dia dan Suswono berangkat dari banyak pengalaman di dunia politik.

"Kita akan melayani masyarakat Jakarta selama 5 tahun karena pada dasarnya kami pelayan masyarakat kami berdua datang dengan pengalaman pernah jadi wali kota Bandung, gubernur Jabar dan Suswono juga di menteri kabinet terdahulu mudah-mudahan kombinasi ini memberikan keyakinan kepada warga Jakarta," terang RK.

 

4 dari 8 halaman

3. Bawa Slogan Jakarta Baru di Pilkada 2024

RK menyebut, akan membawa slogan Jakarta Baru. Dia berharap, slogan tersebut bisa membawa Jakarta lebih maju.

"Slogan kami adalah Jakarta Baru, Karena Jakarta sudah tidak lagi sebagai ibu kota Indonesia sehingga membutuhkan Imajinasi baru, membutuhkan definisi baru, kota ini yang luar biasa sebagai pusat Indonesia akan dibawa kemana dengan cara apa," ujar Ridwan Kamil.

"Kami akan mendefinisikan Jakarta Baru ini dengan partisipatif semua yang mencintai Jakarta, kami ingin dengar aspirasinya untuk menjadikan sama-sama sebuah rencana cetak biru masa depan Jakarta, dari Jakarta Baru menuju Jakarta Maju Kira-kira begitu," ujar dia.

Selain itu, jika dia dan Suswono diberi kesempatan memimpin Jakarta maka akan memastikan anak-anak Jakarta mendapatkan hak dalam berpendidikan.

"Kita harus membangun sumber daya manusia Yang berkualitas Karena mimpi 21 tahun lagi Indonesia emas Harus dimulai dari sekarang untuk menghadirkan Anak-anak generasi baru generasi muda Jakarta yang siap menyambut Indonesia emas," kata Ridwan Kamil.

 

5 dari 8 halaman

4. Klaim Jadi Paslon Rekonsiliasi di Pilgub Jakarta 2024

Lalu, Ridwan Kamil (RK) mengaku siap saling melengkapi dengan Suswono yang menjadi pendampingnya Bakal Calon Wakil Gubernur (Bakal Cawagub) di Pemilihan Gubernur atau Pilgub Jakarta 2024.

Menurut dia, kombinasi pasangan Ridwan Kamil-Suswono adalah representatif dari rekonsiliasi yang terpisah saat Pemilihan Presiden atau Pilpres 2024.

"Ini harus dilihat sebagai semangat persatuan, ini (RK-Suswono) adalah koalisi rekonsiliasi yang mungkin sempat terpisah saat Pilpres, oleh Pilkada Jakarta dipersatukan dengan semangat kebersamaan," ujar Ridwan Kamil (RK).

Selain itu, RK menilai dirinya akan lebih banyak turun ke lapangan saat bekerja. Hal itu menurut dia, berbeda dengan Suswono yang dikhususkan untuk lebih mengayomi masyarakat Jakarta.

"Saya mungkin banyak di lapangan nanti Pak Suswono yang lebih ngemong, lebih membawa rasa damai kondusif juga tentunya ini membawa nilai tambah kepada masa depan Jakarta," kata RK.

Dirinya pun optimistis bersama Suswono dirinya akan didukung oleh teman-teman dari partai politik (parpol) koalisi yang tergabung di KIM plus. Khususnya, kata RK, mereka yang ada di Jakarta.

"Di belakang kami, sahabat-sahabat kami dengan warna-warna dari ke-Indonesiannya mewakili keragaman Jakarta, hadir pimpinan-pimpinan partai di wilayah Jakarta," ungkap RK.

RK berharap, koalisi yang terdiri dari 13 partai tersebut bisa saling bahu membahu untuk dirinya Suswono di periode mendatang.

"Mudah-mudahan dengan koalisi persatuan yang jumlahnya besar ini, lima tahun ke depan kondusifitas akan lebih terjamin, komunikasi akan lebih lancar dan yang diuntungkan adalah warga Jakarta," terang dia.

 

6 dari 8 halaman

5. Siap Rangkul Persija dan Jakmania

Ridwan Kamil (RK) memaparkan sejumlah hal terkait visi-misinya di Pemilihan Gubernur atau Pilgub Jakarta 2024.

Salah satunya, kata Ridwan Kamil, terkait dukungannya terhadap Persija, klub sepak bola asal Jakarta dan pendukung setianya Jakmania.

"Sepak bola tentu kita akan dukung, kita maksimalkan apalagi dengan brand dan klub Persija dengan Jakmania-nya yang luar biasa," ujar pria yang akrab disapa RK.

Selain merangkul Persija dan Jakmania, RK juga berkeinginan menjadi pelayan masyarakat Jakarta yang baik. Caranya, kata dia, dengan menerima seluruh opini warga baik yang mendukung dirinya atau pun tidak.

"Karena nanti kalau sudah terpilih, kami (bersama wakilnya Suswono) akan menjadi pelayan masyarakat karena tujuannya adalah melayani baik yang memilih maupun tidak memilih (dirinya sebagai kandidat cagub Jakarta)," ucap RK.

 

7 dari 8 halaman

6. Janjikan Solusi untuk Masalah Jakarta

Kemudian, RK bersama Bakal Calon Wakil Gubernur (Bakal Cawagub) Suswono juga menjanjikan, sejumlah solusi untuk menyelesaikan masalah yang ada di Jakarta, seperti banjir, polusi, dan kemacetan. Disamping itu, RK pun siap untuk menjadi seorang pemimpin yang adil untuk semua.

"Kami (siap) menghadirkan hal-hal baru, lompatan-lompatan baru pascaJakarta tidak lagi (menjadi) ibu kota, (kami) ingin (Jakarta) melompat menjadi kota global," yakin RK.

Ridwan Kamil berharap, dirinya bersama Suswono dapat diterima baik oleh warga Jakarta.

"Kami berdua datang dengan pengalaman mudah-mudahan bisa berkenan (diterima) warga Jakarta," terang RK.

 

8 dari 8 halaman

7. Akui Minta Doa ke Ibunda Sebelum Daftar Pilkada Jakarta 2024

Sebelum mendaftarkan diri ke KPU Jakarta, bakal cagub Ridwan Kamil meminta doa kepada orangtuanya pada Selasa 27 Agustus 2024.

"Kami dari tadi malam juga sudah mendapatkan dukungan moril, saya pribadi dari ibu saya. Mendoakan agar hari ini diberi kelancaran dan kemudahan tim kami juga kompak belanja biar barengan," kata Ridwan Kamil.

Sementara itu, saat tiba di KPU Jakarta, Ridwan Kamil dan Suswono mereka terlihat tersenyum semringan dan dengan ramah menyapa para simpatisan dan pendukung yang mengawal kedatangannya.

Setelah tiba di Kantor KPU Provinsi Jakarta untuk mendaftar Pilkada 2024, keduanya langsung mengisi buku daftar hadir. Terlihat jajaran komisioner KPU menyambut dan membawanya ke ruang auditorium untuk mendafarkan diri secara resmi.

Sebelumnya, Ridwan Kamil-Suswono berjalan kaki dari titik kumpul menuju KPU Jakarta. Diiringi ondel-ondel dan musik Betawi, rombongan berjumlah ratusan orang itu nampak meriah mengantarkan RK-Suswono.

Keduanya kompak mengenakan pakaian koko ala Betawi. Bendera partai semua dikibarkan mengantarkan keduanya mendaftar menjadi cagub dan cawagub Jakarta.

Sebelum berangkat, RK menyatakan sebanyak 15 partai menjadi pengusung dirinya dan Suswono. "Kurang lebih 15 partai," kata dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.