Sukses

Imigrasi Ranai Ungkap Tantangan dalam Pelaksanaan Tugas Keimigrasian di Wilayah Natuna

Kasi Lalu Lintas Izin Tinggal Keimigrasian, Tedy Wibisono, mengungkapkan bahwa saat ini, jumlah petugas imigrasi yang tersedia masih belum cukup memadai untuk mengelola dan memantau wilayah Natuna

Liputan6.com, Jakarta - Kantor Imigrasi Kelas II TPI Ranai mengungkap sejumlah tantangan dalam melaksanakan tugas pengawasan keimigrasian di wilayah Kabupaten Natuna, Kepulauan Riau. Salah satunya adalah keterbatasan Sumber Daya Manusia (SDM).

Kasi Lalu Lintas Izin Tinggal Keimigrasian, Tedy Wibisono, mengungkapkan bahwa saat ini, jumlah petugas imigrasi yang tersedia masih belum cukup memadai untuk mengelola dan memantau wilayah yang luas dan tersebar di Kabupaten Natuna.

“SDM untuk kantor imigrasi. Faktanya di kantor imigrasi Ranai ini untuk jabatan Kasupsi kosong semua. Seharusnya idealnya saya sebagai Kasi memiliki dua kasupsi, sementara ini kosong” ucap Tedy saat Konferensi Pers, di Kantor Imigrasi Kelas II TPI Ranai, Kamis (29/8/2024).

Meskipun kekurangan petugas, kata Tedy, pihaknya tetap berkomitmen untuk memenuhi kebutuhan dan pelayanan keimigrasian di Kepulauan Natuna. Dia menyebut bahwa pihaknya terus berupaya dengan membagi beban kerja dan saling melengkapi antar seksi.

“Ya kami berbagi tugas, kadang-kadang comot seksi lain. Kalau di kita lagi misal ada pemohon, gak mungkin kita ambil dari kita saja, pasti dari seksi lain. Intinya saling menutupi lah bagaimana caranya. Kita tidak mau berkeluh kesah, cuma faktanya seperti itu gitu kan,” imbuhnya.

Tedy mengungkapkan bahwa sejauh ini, pihaknya telah rutin mengajukan permohonan untuk penambahan personil setiap tahun, namun hingga kini belum ada tambahan yang terealisasi.

“Dan kita setiap tahun selalu mengajukan untuk penambahan personil. Tapi, hingga kini juga belum ada penambahan,” kata dia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Berharap dapat Petugas Tambahan

Ia pun berharap penambahan jumlah petugas dapat terealisasi dengan dibukanya pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2024. Pihaknya optimis bahwa pembukaan CPNS tahun ini akan membantu mengatasi kekurangan personil yang ada saat ini.

“Mudah-mudahan insya Allah nih kayaknya tahun ini ada CPNS, kuota kita kurang lebih 86 orang. Ya mudah-mudahan kita dapat lah,” pungkasnya.

Sebagai informasi, Kantor Imigrasi Kelas II TPI Ranai merupakan Unit Pelaksana Teknis yang berada dibawah Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM RI Kepulauan Riau. Wilayah kerja Kantor Imigrasi Kelas II TPI Ranai meliputi Kabupaten yang terdiri dari 17 (tujuh belas) Kecamatan.

Kantor Imigrasi Kelas II TPI Ranai terdiri atas 8 Pejabat Struktural, 11 Pegawai dan 7 PPNPN. Dengan total 26 Pegawai, di antaranya 23 pegawai laki - laki dan 3 pegawai perempuan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.