Sukses

DPR RI Terima Ribuan Aspirasi dalam Setahun, Puan: Terima Kasih Atas Kepercayaan dan Mandatnya

Ada tiga bidang permasalahan yang mendominasi aspirasi dan pengaduan masyarakat. Mulai dari permasalahan hukum, pertanahan dan reforma agraria, kemudian masalah terkait pendidikan.

Liputan6.com, Jakarta Dalam Laporkan Kinerja Setahun Dewan, Ketua DPR RI Puan Maharani mengungkapkan DPR telah menerima ribuan aduan dari masyarakat, yang disampaikan secara tertulis, baik secara fisik maupun online melalui website DPR RI. Aspirasi tersebut telah diteruskan kepada Kelengkapan Dewan (AKD) terkait untuk ditindaklanjuti.

Ada tiga bidang permasalahan yang mendominasi aspirasi dan pengaduan masyarakat. Yaitu, sebanyak 1.282 surat aduan terkait permasalahan hukum, terkait pertanahan dan reforma agraria sebanyak 281, dan sebanyak 108 terkait pendidikan.

“Sejak tanggal 16 Agustus 2023 hingga 31 Juli 2024, DPR RI telah menerima aspirasi dan pengaduan masyarakat sebanyak 195 surat fisik dan 4.016 surat melalui website,” kata Puan saat memaparkan laporan kinerja dewan dalam Rapat Paripurna Khusus HUT ke-79 RI, Kamis (29/8/2024).

Puan mengatakan, DPR semakin dituntut untuk cepat bertindak dalam merespons urusan-urusan rakyat. DPR juga dituntut untuk selalu dekat dan berpihak pada rakyat, dan diharapkan memiliki ketajaman substansi.

“DPR RI juga diharapkan memiliki kehormatan sesuai kedudukannya, serta berperilaku yang memperhatikan rasa kepatutan dan rasa keadilan sosial,” ujar Puan.

Mewakilkan seluruh Anggota DPR RI, Puan menyampaikan terima kasih kepada seluruh rakyat Indonesia yang telah memberikan kepercayaan dan mandat untuk melaksanakan kedaulatan rakyat.

Puan juga akan memastikan DPR selalu selalu terbuka atas kritik dan otokritik sehingga dapat meningkatkan kinerjanya sebagai wakil rakyat yang menjalankan amanat rakyat.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bangun Kelembagaan DPR RI yang Berintegritas

Mantan Menko PMK itu mengajak seluruh anggota dewan yang terhormat untuk bekerja bersama membangun kelembagaan DPR RI yang berintegritas. Selain itu, Puan juga mendorong DPR memiliki kehormatan sesuai dengan kedudukannya, dan mempersatukan rakyat dalam semangat gotong royong membangun Indonesia.

“Seiring dengan peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia dan HUT DPR RI ke-79, DPR RI akan terus menyempurnakan pelaksanaan kedaulatan rakyat: kekuasaan DPR RI berasal dari rakyat, maka sudah menjadi kewajiban DPR RI menggunakan kekuasaannya bagi kepentingan dan kesejahteraan rakyat,” paparnya.

Puan juga menyampaikan rasa terima kasih kepada Pemerintah, Mahkamah Konstitusi RI, Mahkamah Agung RI, Badan Pemeriksa Keuangan RI, TNI, Polri dan seluruh lembaga negara yang telah menjadi mitra DPR dan bersama-sama menjalankan tugas untuk membangun Indonesia.

“Kami ucapkan juga terima kasih dan apresiasi kepada seluruh elemen masyarakat yang ikut melakukan fungsi kontrol sosial; baik melalui media massa, media elektronik, media sosial, kerja-kerja LSM, pemikiran-pemikiran akademisi, kerja-kerja ormas, dan lain sebagainya; yang bertujuan agar kekuasaan yang berasal dari rakyat digunakan sungguh-sungguh untuk kepentingan rakyat,” tutur Puan.

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.