Sukses

Jokowi Resmikan Gedung Respirasi Ibu dan Anak di RS Persahabatan Jakarta

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Gedung Pelayanan Kesehatan Respirasi Ibu dan Anak Rumah Sakit (RS) Persahabatan, Jakarta, Jumat (30/8/2024).

Liputan6.com, Jakarta Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Gedung Pelayanan Kesehatan Respirasi Ibu dan Anak Rumah Sakit (RS) Persahabatan, Jakarta, Jumat (30/8/2024).

Jokowi memuji kualitas dan fasilitas yang disediakan di gedung baru tersebut. Dia berharap gedung respirasi ini dapat menjadi pusat rujukan nasional dalam penanganan penyakit respirasi bagi ibu dan anak.

"Saya kira akan banyak sekali dari daerah dari provinsi lain dari pulau-pulau di luar Jawa yang juga akan merujuk ke sini karena memang peralatannya, dokter-dokternya sangat mendukung untuk kesembuhan ibu dan anak-anak kita," kata Jokowi saat peresmian.

Dia juga menyampaikan kekagumannya saat melakukan peninjauan gedung baru RS Persahabatan. Jokowi menyoroti desain arsitektur yang modern, kebersihan gedung, serta penerangan yang baik, yang membuat gedung ini jauh berbeda dari rumah sakit yang pernah dilihatnya di daerah-daerah.

"Bangunannya bagus, sangat bersih, desain arsiteknya bagus, lampunya terang benderang, tidak seperti rumah sakit yang sering saya lihat di daerah-daerah agak gelap," ucap Jokowi.

Gedung baru tersebut dibangun dengan anggaran yang signifikan dan didukung oleh Islamic Development Bank. Jokowi menegaskan bahwa anggaran besar tidak menjadi masalah selama investasi tersebut dapat memberikan pelayanan kesehatan yang terbaik bagi masyarakat.

"Untuk gedungnya saja Rp494 miliar. Kemudian untuk alat-alat, tadi saya lihat juga peralatannya sangat modern digital, anggaran untuk alat-alat Rp115 miliar. Coba ditambahkan sudah berapa? Masih plus untuk persiapan SDM-nya Rp42 miliar. Uang yang sangat gede sekali," tutur Jokowi.

Dengan peralatan yang canggih dan dukungan tenaga medis yang profesional, dia berharap masyarakat tidak perlu lagi berobat ke luar negeri. "Cukup di Indonesia, cukup di Rumah Sakit Persahabatan," ucap Jokowi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jokowi Sebut Rumah Sakit di Indonesia Sekarang Mirip Hotel Bintang 5

Presiden Jokowi mengaku kaget sejumlah rumah sakit di Indonesia memiliki desain seperti hotel bintang lima. Jokowi menilai hal tersebut karena anggaran yang diberikan untuk pembangunan rumah sakit dipergunakan dengan baik.

"Kemarin saya juga kaget, saya datang juga meresmikan pembangunan rumah sakit di RS Sardjito (Yogyakarta), paginya. Sorenya di RS Hasan Sadikin yang gedungnya lantai 8. Semuanya seperti masuk ke hotel bintang 5 semuanya," kata Jokowi saat meresmikan Gedung Pelayanan Kanker Ibu dan Anak Rumah Sakit Dharmais, Jakarta, Jumat (30/8/2024).

"Ini kalau uang digunakan benar, ya seperti ini. Kalau uang digunakan enggak benar, kelihatan bangunannya pasti. Desainnya sudah enggak baik, nanti pembangunannya juga kelihatan lenggak-lenggok enggak lurus. Kelihatan semuanya," sambungnya.

Dia pun memuji di Rumah Sakit Dharmais yang memikiki desain seperti hotel bintang lima. Selain itu, kata Jokowi, RS Dharmais juga memiliki penerangan bagus yang sangat berbeda dengan rumah sakit di daerah.

"Saya tadi masuk ke gedung baru RS Dharmais serasa masuk ke Hotel Bintang 5. Bangunannya rapi, desainnya bagus, lampunya juga terang benderang. Karena saya biasa masuk ke rumah sakit daerah itu kok gelap gitu. Sedih. Ini tadi terang benderang," tuturnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.