Sukses

RSUD Tarakan Akan Serahkan Hasil Tes Kesehatan Semua Paslon Pilkada Jakarta Pada 2 September 2024

Direktur Utama RSUD Tarakan Dian Ekowati menerangkan, Komisi Pemilihan Umum Provinsi DKI Jakarta menunjuk RSUD Tarakan sebagai lokasi pemeriksaan tes kesehatan bagi pasangan calon Pilgub Jakarta 2024.

Liputan6.com, Jakarta - RSUD Tarakan akan menyerahkan hasil tes kesehatan ketiga bakal pasangan calon Gubernur dan wakil Gubernur Jakarta kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi DKI Jakarta untuk Pilkada Jakarta pada Rabu, 2 September 2024.

Direktur Utama RSUD Tarakan Dian Ekowati menerangkan, Komisi Pemilihan Umum Provinsi DKI Jakarta menunjuk RSUD Tarakan sebagai lokasi pemeriksaan tes kesehatan bagi pasangan calon Pilgub Jakarta 2024.

Pasangan Pramono Anung-Rano Karno telah melaksanakan tes kesehatan pada Jumat (30/8/2024) kemarin. Sementara itu, Ridwan Kamil-Suswono pada hari ini, Sabtu (31/8/2024). Berikutnya, tinggal Dharma Pongrekun dan Kun Wardana yang dijadwalkan pada Minggu, 1 September 2024.

Dian mengatakan, hasil tes kesehatan secara menyeluruh pasangan calon nantinya akan diserahkan ke KPU Provinsi DKI Jakarta selambat-lambatnya pada Rabu 2 September 2024.

"Nanti laporan hasil pemeriksaan kami serahkan kepada KPU. Insya Allah hari Rabu, 2 September, kami akan serahkan semua hasilnya kepada KPU," kata dia di lokasi, Sabtu (31/8/2024).

Lebih lanjut, Dian menerangkan Ridwan Kamil-Suswono memulai pemeriksaan kesehatan pada pukul 06.45 WIB. Diawali penjelasan dari para dokter spesialis dan ketua tim pemeriksa.

"Juga penandatanganan form concern untuk beberapa tindakan yang dilakukan dalam rangka pemeriksaan," ucap dia.

Dian melanjutkan, Ridwan Kamil-Suswono kemudian menjalani pemeriksaan Rontgen Thorax dan pengambilan sampel darah serta urine.

Dia menjelaskan, pengambilan sampel darah dan urine kaitanya untuk mengetahui kandungan zat narkoba dalam tubuh.

"Sampel darah dan urine untuk pemeriksaan penunjang maupun pemeriksaan status penyalahgunaan narkoba," ucap dia.

Dian menerangkan, Ridwan Kamil dan Suswono lanjut melakukan wawancara dengan psikatri dan tes MMPI. Namun, pelaksanaan dilakukan secara bergantian.

"Pak Suswono mulai dilakukan pemeriksaan psikologi dan wawancara psikolognya. Saat ini Bapak RK tukeran dengan Bapak Suswono, Bapak RK sedang jalani pemeriksaan psikologi dan wawancara psikolog dan Bapak Suswono juga saat ini sedang melakukan pemeriksaan atau tes MMPI dilanjutkan dengan wawancara psikiater," ucap dia.

Dian mengatakan, Ridwan Kamil dan Suswono akan diberikan waktu istirahat pada pukul 12.30 WIB untuk makan siang dan salat zuhur. Berikutnya, akan dilanjutkan pemeriksaan fisik oleh dokter spesialis dan konsultan dan pemeriksa penunjang lainnya dengan menggunakan alat kesehatan termasuk MRI, USG dan treadmill.

"Mudah-mudahan kegiatan hari ini bisa berlangsung lebih cepat sehingga bisa selesai sebelum jam 6 sore," tandas dia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Soroti Masalah ISPA, Ridwan Kamil Janji Atasi Polusi Udara Jakarta

Calon Gubernur Daerah Khusus Jakarta, Ridwan Kamil soroti masalah polusi udara yang menghantui warga Jakarta. Dia pun berjanji akan menyelesaikan persoalan polusi udara bila terpilih menjadi gubenur.

Hal itu disampaikan Ridwan Kamil saat bertandang ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Tarakan Jakarta, pada Sabtu, (31/8/2024). Ridwan Kamil menyampaikan, polusi udara harus diselesaikan.

Menurut informasi yang ia terima, sebagian besar pasien rumah sakit banyak yang menderita ISPA, salah satu faktornya akibat kualitas udara yang kian memburuk.

"Dan kita komit dalam nanti visi misi kesehatan juga perbaikan kesehatan apalagi polusi, kita mendengar ya seringkali RS penuh oleh ISPA (Infeksi Saluran Pernapasan Akut). Nah faktor polusi, jadi kita akan fokus untuk penyelesaian kesehatan udara seperti bagian dari prioritas nanti kalau terpilih," kata Ridwan Kamil.

Ridwan Kamil bersama pasangannya Suswono mengikuti pemeriksaan kesehatan sebagai syarat mengikuti Pilkada Jakarta 2024. Dia hadir di RSUD Tarakan pada hari ini.

"Hari ini sesuai jadwal mengikuti tes kesehatan secara komperhensif dari ujung kepala sampai ujung kaki katanya. Berlangsung satu hari penuh tentunya dari kemarin," ujar dia.

Ridwan Kamil mengungkapkan, ini kali ketiga menjali pemeriksaan kesehatan ini kali ketiga. Dia pernah mengikuti saat menjadi calon Wali Kota dan calon Gubernur Jawa Barat. "Sekarang Gubernur Jakarta," ucap dia.

Ridwan memuji pelayanan RSUD Tarakan yang dinilai memiliki kualitasnya sangat baik apalagi untuk dalam menangani masalah jantung dan stroke. "Mudah-mudahan RS ini terus menjadi yang terbaik," tandas dia.

3 dari 3 halaman

Ridwan Kamil Sebut Jadi Pemimpin Tak Bisa Buat Senang Semua Orang

Bakal calon gubernur Daerah Khusus Jakarta, Ridwan Kamil menyakini, seorang pemimpin tak bisa memuaskan semua orang.

Hal itu disampaikan Ridwan Kamil saat menjadi Narasumber di Golkar Institute, Jakarta, Jumat (30/8/2024). Dia awalnya menyampaikan, pemimpin adalah pengambil keputusan. Makanya penting pemimpin punya penasihat.

"Seorang Ridwan Kamil punya penasihat 17 orang saat jadi Gubernur; penasihat agama dari Muhammadiyah dan NU, pakar politik, penasihat investasi," ucap dia.

"Jadi setiap saya ambil keputusan waktu jadi gubernur tanya ke forum. Setelah oke aman saya putusin," dia menambahkan.

Ridwan Kamil tak menepis setiap kebijakan yang diambil berpotensi menimbulkan polemik. Namun, kata Ridwan Kamil hal itu biasa karena menjadi resiko sebagai seorang pemimpin.

"Setelah ngambil putusan ketuk palu, mau badai menghantam, bully-an, dilalui aja. Karena pada dasarnya demokrasi ini memberikan hak orang untuk setuju atau tidak setuju terhadap sebuah keputusan," ucap dia.

Ridwan Kamil kemudian menceritakan, pengalamannya sewaktu menjadi Gubernur Jawa Barat. Tiap tahun, berhadapan ia dengan tuntutan kenaikan upah buruh.

"Tiap November saya memutuskan upah, saya tanya prof ekonomi 'berapa upah tahun ini ada indeks kemahalan, inflasi, tambah diskresi keberpihakan ke buruh. Tetap di demo, jadi kata buruh selalu kekecilan, kata pengusaha kegedean," ucap dia.

"Tahun lalu saya didemo buruh, digugat pengusaha pula," dia menambahkan.

Karena itu, baginya memuaskan semua orang ketika menjadi pemimpin amatlah susah.

"Makanya jadi pemimpin jangan pernah jatuh kepada teori saya harus bikin happy 100 orang semua orang itu mustahil. Kami ikuti nurani saja bahwa keputusan kami sudah paling-paling benar," ucap dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.