Sukses

Terus Berupaya Dorong Keadilan, Keberagaman, dan Inklusi, Unilever Indonesia Raih Penghargaan

Unilever Indonesia mendapatkan penghargaan atas komitmen dan upayanya dalam mendorong keragaman, keadilan, dan inklusi pada ajang Lestari Awards 2024.

Liputan6.com, Jakarta - Unilever Indonesia kembali mendapatkan penghargaan atas komitmen dan upayanya dalam mendorong keragaman, keadilan, dan inklusi pada ajang Lestari Awards 2024yang diselenggarakan oleh Kompas Gramedia Group (KG).

Penghargaan tersebut diberikan sebagai apresiasi atas dedikasi Unilever Indonesia dalam mempromosikan inklusivitas dan keberagaman di lingkungan kerja dan masyarakat.

Menurut Chief Marketing Officer KG Media, Dian Gemiano, pemilihan pemenang dilakukan secara ketat oleh lembaga audit EY bersama para assessor yang terdiri dari akademisi dan praktisi keberlanjutan.

"Kami, KG Media, hanya sebagai penyelenggara. Keputusan sepenuhnya berada di tangan assessor: akademisi, praktisi keberlanjutan untuk menentukan pemenang," ujar Dian, melalui keterangan tertulis, Sabtu (31/8/2024).

Dia menjelaskan, dalam mendukung inklusivitasUnilever Indonesia telah merealisasikan berbagai inisiatif penguatan aspek inklusi.

“Termasuk, pelatihan anti kekerasan seksual berbasis gender, intervensi bystander untuk 1.900 karyawan lapangan, kantor pusat, pabrik dan mitra-mitranya, menyelenggarakan kelas bahasa isyarat bagi karyawannya, serta program beasiswa dan mentoring bagi mahasiswa difabel,” papar Dian.

Selain itu, lanjut dia, Unilever Indonesia juga berkolaborasi dengan FeminisThemis untuk mendukung perempuan Tuli dalam memperoleh hak-hak mereka, termasuk pengetahuan tentang kesehatan seksual dan reproduksi.

“Sebagai wujud komitmen yang lebih luas, perusahaan ini juga telah memastikan aksesibilitas yang lebih baik di seluruh fasilitasnya dan menerapkan kebijakan perekrutan yang inklusif, memastikan kesempatan yang setara bagi semua calon karyawan, termasuk penyandang disabilitas,” terang Dian.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Program yang Dilakukan

Dian menyebut, salah satu program yang dilakukan juga dengan bekerja sama dengan Koneksi Indonesia Inklusif (KONEKIN) yang bertujuan untuk meningkatkan keterampilan dan pengetahuan 21 mahasiswa penyandang disabilitas terpilih.

“Program ini memberikan workshop dan mentoring intensif selama 6 bulan untuk mempersiapkan mereka memasuki dunia kerja,” ucap dia.

Program tersebut, lanjut Dian, juga mencakup sesi khusus yang dirancang untuk meningkatkan kepercayaan diri dan kemampuan komunikasi peserta, yang merupakan aspek penting dalam memasuki pasar kerja yang kompetitif.

“Lestari Awards 2024 diadakan sebagai bagian dari upaya KG Media untuk mendorong nilai-nilai keberlanjutan (sustainability) di Indonesia,” kata dia.

“Penghargaan ini diberikan kepada perusahaan dan program yang telah memberikan kontribusi signifikan terhadap pembangunan berkelanjutan,” pungkas Dian.

 

3 dari 3 halaman

Sampaikan Apresiasi

Sementara itu, Kristy Nelwan, Head of Communication sekaligus Chair of Equity, Diversity & Inclusion (ED&I) Board Unilever Indonesia, menyampaikan apresiasinya terhadap penghargaan tersebut.

"Lestari Awards 2024 ini menjadi semangat bagi kami untuk terus berkontribusi dalam perwujudan masyarakat yang lebih adil dan inklusif dengan tiga fokus ED&I kami yaitu keadilan gender, keadilan bagi penyandang disabilitas, serta menghapus segala bentuk diskriminasi dan stigma di lingkungan kerja dan masyarakat,” ucap dia.

“Penghargaan yang mengedepankan transparansi dan integritas seperti Lestari Awards memainkan peran penting untuk mempererat kolaborasi aksi nyata lintas sektor menuju tercapainya SDGs. Penghargaan ini kami sampaikan dan teruskan kepada mitra-mitra kami yang telah bersama-sama mendorong upaya-upaya ED&I," pungkas Kristy.

Penghargaan yang diraih Unilever Indonesia di Lestari Awards 2024 ini diharapkan dapat menginspirasi lebih banyak pihak untuk terlibat dalam upaya keberlanjutan, terutama dengan fokus pada keragaman dan inklusi yang akan membawa perubahan positif bagi masa depan Indonesia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.