Sukses

5 Pernyataan Jokowi saat Hadiri Rapimnas Gerindra, Akui Cocok dan Sayang dengan Prabowo

Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyebut Ketua Umum Partai Gerindra sekaligus Presiden Terpilih Periode 2024-2029 Prabowo Subianto merupakan sosok yang sangat spesial baginya saat Rapimnas Gerindra.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi dan Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin menghadiri Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) Partai Gerindra di Indonesia Arena, Senayan, Jakarta pada Sabtu 31 Agustus 2024.

Presiden Jokowi pun menyampaikan sambutan. Salah satu hal yang disampaikan Jokowi yaitu menyebut Ketua Umum Partai Gerindra sekaligus Presiden Terpilih Periode 2024-2029 Prabowo Subianto merupakan sosok yang sangat spesial baginya. Jokowi mengaku sangat menghormati Prabowo.

"Saya hanya ingin menyampaikan, buat saya Prabowo Subianto itu sangat spesial. Saya sangat menghormati Pak Prabowo, sangat menghormati," kata Jokowi.

Jokowi mengatakan dirinya juga memiliki perasaan yang sama dengan Prabowo yakni, kecocokan dan rasa sayang. Dia mengatakan kecocokan dengan Prabowo berawal dari rasa saling percaya, menghormati, dan pengertian.

"Kalau dalam beberapa kesempatan Pak Prabowo beberapa kali menyampaikan bahwa beliau merasa sangat cocok, merasa sangat sayang dengan saya. Ya begitu juga, itu juga yang saya rasakan (cocok dan sayang)," ucap Jokowi.

Kendati begitu, Jokowi tak menampik dirinya dan Prabowo kerap kali memiliki perbedaan pandangan.

"Kalau dalam beberapa kesempatan Pak Prabowo beberapa kali menyampaikan bahwa beliau merasa sangat cocok, merasa sangat sayang dengan saya. Ya begitu juga, itu juga yang saya rasakan," terang dia.

Selain itu, Jokowi menyebut bahwa angka 08 sangat identik dengan sosok Prabowo Subianto. Jokowi menyebut 8 juga menjadi angka keberuntungan Prabowo.

"Juga bisa jadi 08 itu angka keberuntungan Bapak Prabowo," kata Jokowi.

Berikut sederet hal yang disampaikan Presiden Jokowi dalam sambutannya di acara Apel Kader Partai Gerindra dihimpun Liputan6.com:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Sebut Prabowo Subianto Sangat Spesial, Merasa Sayang dan Cocok

Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyebut Ketua Umum Partai Gerindra sekaligus Presiden Terpilih, Prabowo Subianto merupakan sosok yang sangat spesial baginya. Jokowi mengaku sangat menghormati Prabowo.

"Saya hanya ingin menyampaikan, buat saya Prabowo Subianto itu sangat spesial. Saya sangat menghormati Pak Prabowo, sangat menghormati," kata Jokowi saat menyampaikan sambutan dalam acara Apel Kader Partai Gerindra di Indonesia Arena, Senayan, Jakarta, Sabtu 31 Agustus 2024.

Jokowi mengatakan dirinya juga memiliki perasaan yang sama dengan Prabowo yakni, kecocokan dan rasa sayang. Dia mengatakan kecocokan dengan Prabowo berawal dari rasa saling percaya, menghormati, dan pengertian.

"Kalau dalam beberapa kesempatan Pak Prabowo beberapa kali menyampaikan bahwa beliau merasa sangat cocok, merasa sangat sayang dengan saya. Ya begitu juga, itu juga yang saya rasakan (cocok dan sayang)," ujarnya.

"Di mana rasa kecocokan itu tumbuh, karena apa, karena saling rasa percaya, karena saling rasa percaya, saling menghormati, saling pengertian meskipun kadang ada perbedaan perbedaan. Itu yang sangat jelas saya rasakan," sambung Jokowi.

 

3 dari 6 halaman

2. Sebut Gerindra Beruntung Dipimpin Prabowo, Tapi Ingatkan Prabowo Bukan Hanya Milik Gerindra

Menurut Jokowi, Partai Gerindra sangat beruntung dipimpin oleh Prabowo Subianto. Jokowi menilai Prabowo merupakan sosok yang sangat visioner, berjiwa patriot, konsekuen, pantang menyerah, dan selalu berbicara apa adanya.

"Yang baik diomongkan baik, yang enggak baik omongkan enggak baik," ucap dia.

Namun, Jokowi mengingatkan Prabowo bukan hanya menjadi milik Partai Gerindra lagi pascaresmi dilantik menjadi presiden pada 20 Oktober 2024. Dia menuturkan Prabowo akan menjadi milik semua masyarakat Indonesia.

"Tapi nanti setelah tanggal pelantikan 20 Oktober, Bapak/Ibu harus mau berbagi. Karena begitu dilantik, Bapak Prabowo akan menjadi milik seluruh rakyat Indonesia, seluruh rakyat Indonesia dari Sabang sampai Merauke, dari Miangas sampai Pulau Rote. Bukan hanya milik Partai gerindra. Hati-hati mengenai ini," tutur Jokowi.

 

4 dari 6 halaman

3. Meski Merasa Cocok, Akui Kadang Ada Perbedaan dengan Prabowo

Jokowi mengatakan dirinya merasa sayang dan sangat cocok dengan Ketua Umum Partai Gerindra dan sekaligus Presiden Terpilih, Prabowo Subianto.

Kendati begitu, Jokowi tak menampik dirinya dan Prabowo kerap kali memiliki perbedaan pandangan.

"Kalau dalam beberapa kesempatan Pak Prabowo beberapa kali menyampaikan bahwa beliau merasa sangat cocok, merasa sangat sayang dengan saya. Ya begitu juga, itu juga yang saya rasakan," kata Jokowi.

"Rasa kecocokan itu tumbuh, karena saling rasa percaya, saling menghormati, saling pengertian, meskipun kadang ada perbedaan-perbedaan. Itu yang sangat jelas saya rasakan. Saya merasa bisa saling percaya dengan Bapak Prabowo Subianto," sambungnya.

 

5 dari 6 halaman

4. Yakin Prabowo Bisa Lanjutkan Program Pemerintahan

Jokowi pun meyakini kepemimpinan Prabowo Subianto dengan konsep keberlanjutan, dapat membawa Indonesia menjadi negara maju di tahun 2045. Jokowi pun menekankan pentingnya keberlanjutan program dan pembangunan untuk kemajuan Indonesia.

"Keberlanjutan itu sangat penting, baik itu keberlanjutan program kerakyatan, baik itu keberlanjutan pembangunan infrastruktur dan SDM, baik itu keberlanjutan hilirisasi industri, IKN dan ekonomi hijau yang tadi juga telah disampaikan oleh Bapak Prabowo," tuturnya.

Menurut dia, pergantian program dan haluan setiap peralihan kepemimpinan akan membuat bangsa Indonesia kehabisan waktu menjadi negara maju. Jokowi memandang hanya sosok seperti Prabowo yang bisa melanjutkan program-program pemerintahannya.

"Karena dengan (keberlanjutan) begitu bangsa ini tidak habis waktu, tidak habis sumber daya, tidak habis energinya hanya untuk berganti arah, hanya untuk berganti program setiap kepemimpinan. Hanya untuk berganti haluan tiap ganti kepemimpinan," jelas dia.

"Dan hanya seorang yang berjiwa patriot yang sangat mencintai NKRI, yang tidak mementingkan ego pribadi, yang tidak mengenal kata menyerah, karena tadi beliau (Prabowo) menyampaikan sendiri dua kali kalah (Pilpres) dengan Jokowi. Dan yang bisa melanjutkannya itu semua ada di Bapak Prabowo Subianto," imbuh Jokowi.

 

6 dari 6 halaman

5. Sebut 8 Angka Keberuntungan Prabowo, Cerminkan Keberlanjutkan

Lalu, Jokowi menyebut bahwa angka 08 sangat identik dengan sosok Ketua Umum Partai Gerindra sekaligus Presiden Terpilih, Prabowo Subianto. Jokowi menyebut 8 juga menjadi angka keberuntungan Prabowo.

"Juga bisa jadi 08 itu angka keberuntungan Bapak Prabowo," kata Jokowi.

Dia pun memberikan banyak contoh bahwa 8 adalah angka keberuntungan Prabowo. Salah satunya, Prabowo saat ini merupakan Menteri Pertahanan ke-26 yang mana apabila kedua angka itu ditambahkan menghasilkan delapan.

Jokowi menyampaikan rumah dinas Prabowo juga nomor delapan. Kemudian, Prabowo-Gibran Rakabuming menang Pilpres 2024 dengan perolehan suara 58 persen.

"Dan tidak hanya sampai di situ, Pak Prabowo-Gibran juga menang pemilu dengan suara 58,58 persen. Ada delapannya terus," ujarnya.

Selain itu, kata dia, Prabowo akan menjadi Presiden ke-delapan RI saat dilantik pada 20 Oktober 2024. Prabowo juga akan memimpin upacara HUT ke-80 RI pada tahun 2025.

"Pak Prabowo nanti saat dilantik menjadi Presiden Indonesia yang ke-delapan. Dan selama lima tahun ke depan, akan memimpin upacara HUT Kemerdekaan Indonesia yang ke tahun depan 80. Tahun depannya lagi 81, tahun depannya lagi 82, tahun depannya lagi 83 dan selanjutnya 84, dan selanjutnya," tutur Jokowi.

"Semuanya memakai angka 8. Memang kelihatannya sudah takdir dan sudah digariskan oleh Allah SWT," sambungnya.

Menurut dia, angka 8 juga mencerminkan keberlanjutan. Sebab, Jokowi menilai hanya angka nol serta delapan yang terdiri dari satu garis tanpa terputus dan terus berlanjut.

"Enggak ada putusnya. Ya berarti, 08 memang angka yang mencerminkan keberlanjutan. Itu secara spiritual," ucap Jokowi.

Dalam kesempatan ini, dia kembali menyampaikan selamat kepada Prabowo yang terpilih menjadi Presiden RI periode 2024-2029. Jokowi berharap Prabowo dapat membawa Indonesia menjadi negara yang maju, makmur, dan berpenghasilan tinggi.

"Semoga Allah SWT memudahkan Bapak dan bangsa Indonesia dalam mencapai kemajuan, dam mencapai kemakmuran dan menjadikan Indonesia sebagai negara berpenghasilan tinggi yang berkeadilan dan berkelanjutan," pungkas Jokowi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.