Sukses

Infografis Kunjungan Paus Fransiskus ke Indonesia dan Kilas Balik 2 Perjalanan Apostolik Terdahulu

Paus Fransiskus mengadakan perjalanan apostolik ke Indonesia. Bapa Suci umat Katolik memilih Indonesia sebagai negara kawasan Asia Pasifik yang pertama dikunjungi.

Liputan6.com, Jakarta - Paus Fransiskus akan mengadakan perjalanan apostolik ke Indonesia pada 3 hingga 6 September 2024. Kunjungan ini menjadi kunjungan apostolik ketiga bagi Bapa Suci umat Katolik ke Indonesia.

Indonesia menjadi negara pertama dalam rangkaian kunjungan Paus Fransiskus ke kawasan Asia Pasifik. Pemimpin Gereja Katolik dunia tersebut akan mengadakan perjalanan apostolik ke Indonesia, Papua Nugini, Timor Leste, dan Singapura pada 3 hingga 13 September 2024.

Di Indonesia, kunjungan dan kegiatan Paus Fransiskus akan terpusat di Jakarta. Paus Fransiskus akan mengikuti serangkaian kegiatan. Di antaranya pertemuan dengan Presiden Joko Widodo atau Jokowi dan para pemimpin gereja Katolik di Tanah Air.

Selanjutnya, Paus Fransiskus akan menghadiri Misa Kudus bersama umat Katolik dari berbagai daerah di Indonesia. Kegiatan digelar di Stadion Gelora Bung Karno atau GBK, Senayan, Jakarta.

Menurut Ketua Konferensi Waligereja Indonesia atau KWI, Mgr. Antonius Subianto Bunjamin, O.S.C,, kedatangan pemimpin tertinggi Gereja Katolik dunia sekaligus Kepala Negara Vatikan ke Indonesia akan membawa misi kemanusiaan. Kedatangan Paus sempat tertunda akibat pandemi COVID-19 pada 2020.

"Kunjungan ke Indonesia, tidak ada misi khusus selain misi kemanusiaan dan persaudaraan," ujar Ketua KWI tersebut di Jakarta, Rabu 28 Agustus 2024.

Dua tema yang akan diangkat dalam kunjungan Paus Fransiskus ke Indonesia, yakni masalah kemanusiaan dan lingkungan. Isu kemanusiaan berkaitan dengan dehumanisasi di dunia, ditandai dengan adanya kekerasan dan konflik yang berujung pada banyaknya korban.

Bukan hanya itu. Masalah perdagangan manusia dan eksploitasi lingkungan turut menjadi perhatian utama dalam kunjungan Paus Fransiskus ke kawasan Asia Pasifik.

Bagaimana rangkaian acara Paus Fransiskus di Indonesia? Bagaimana pula kilas balik kunjungan 2 Paus ke Indonesia? Simak selengkapnya dalam rangkaian Infografis berikut ini:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Infografis Kunjungan Paus Fransiskus ke Indonesia 3-6 September 2024

3 dari 3 halaman

Infografis Kilas Balik Kunjungan Paus ke Indonesia

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini