Sukses

Catat, Ini 9 Titik Kantong Parkir Peserta Misa Paus Fransiskus di Stadion GBK

Kasatgas Humas Ops Tribrata Jaya 2024 itu mengimbau kepada seluruh bus atau LO untuk mengikuti arahan kepolisian dan Dinas Perhubungan (Dishub), serta petugas lainnya.

Liputan6.com, Jakarta - Polri menyiapkan sebanyak sembilan kantong parkir untuk bus saat pelaksanaan Misa Agung Paus Fransiskus di Stadion Gelora Bung Karno (GBK) Senayan, Jakarta, yang akan digelar pada Kamis, 5 September 2024 mendatang.

Karo PID Divhumas Polri Brigjen Tjahyono Saputro mengatakan, lokasi kantong parkir untuk kawasan Gelora Bung Karno (GBK) dan akses keluar masuk bus nantinya disesuaikan agar tidak mengganggu pengguna jalan lainnya. Seluruhnya diperkirakan dapat menampung hingga 1500 unit bus.

"Sampai dengan saat ini, Polri sudah menerima data sementara bus per keuskupan sebanyak 1.390 unit," tutur Tjahyono dalam keterangannya, Selasa (3/9/2024).

Kasatgas Humas Ops Tribrata Jaya 2024 itu mengimbau kepada seluruh bus atau LO untuk mengikuti arahan kepolisian dan Dinas Perhubungan (Dishub), serta petugas lainnya. Peserta Misa juga diharapkan tidak membawa kendaraan roda empat ke Stadion Gelora Bung Karno.

"Dalam hal ini, tentu kita semuanya mengharapkan kegiatan tersebut dapat berjalan dengan aman dan lancar," kata Tjahyono.

Adapun daftar sembilan titik kantong parkir beserta daya tampungnya adalah sebagai berikut:

1. Lokasi parkir RNI/ Aldiron untuk 300 Bus

2. Lokasi parkir Smesco untuk 50 Bus

3. Lokasi parkir PPK Kemayoran (C3) untuk 300 Bus

4. Lokasi parkir PPK Kemayoran (C4) untuk 100 Bus

5. Lokasi parkir PPK Kemayoran (D10) untuk 150 Bus

6. Lokasi parkir Museum Purna Bhakti Pertiwi TMII untuk 200 Bus

7. Lokasi parkir PPD Kramat Jakarta Pusat untuk 100 Bus

8. Lokasi parkir Pool Trans Jakarta/ Cawang untuk 200 Bus

9. Lokasi parkir Pool Trans Jakarta/ Kampung Rambutan untuk 100 Bus.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Paus Fransiskus Tiba di Kedubes Vatikan, Masyarakat Antusias Menyambut

Pemimpin Tertinggi Gereja Katolik Sedunia dan Kepala Negara Vatikan, Paus Fransiskus disambut antusias oleh masyarakat yang menyambutnya di sekitar Kedutaan Besar Vatikan di Jakarta, Gambir, Jakarta Pusat, Selasa siang (3/9/2024).

Di sepanjang jalan menuju Kedutaan Besar (Kedubes) Vatikan, mulai dari sekitar Bundaran HI, kawasan Patung Kuda, hingga di depan Kedubes Vatikan, Paus tampak membalas lambaian tangan masyarakat yang menyambut kedatangannya.

Dilansir dari Antara, Paus terpantau duduk di kursi penumpang di bagian depan mobil Toyota Innova Zenik. Ia tampak menyampirkan lengan kirinya sambil sesekali membalas lambaikan tangan warga. Senyuman juga tidak lepas dari wajah "The Smiling Pope" itu.

Sekitar pukul 12.26 WIB, Paus Fransiskus dan rombongan tiba di Kedubes Vatikan untuk beristirahat sebelum melanjutkan agenda lawatan Rabu 4 September 2024.

 

3 dari 3 halaman

Lalu Lintas Sempat Padat

Saat mobil yang ditumpangi Paus melintas, lalu lintas di sekitar Kedubes Vatikan terpantau padat. Banyak pengendara mobil hingga motor yang dengan sabar berhenti menunggu rombongan Paus lewat.

Terlihat pula banyak pria berjas hitam dengan dasi merah menjaga keamanan area gerbang luar Kedubes Vatikan. Ratusan anggota kepolisian juga tampak turut mengawal kedatangan Paus.

Beberapa masyarakat juga terpantau menunggu kedatangan Paus di luar gerbang Kedubes Vatikan. Mereka tampak antusias menanti kehadiran Paus.

"Senang banget tentunya kedatangan Paus ke Indonesia. Sudah menunggu-nunggu dari beberapa tahun lalu, sempat tertunda kan. Tapi saya rasa kedatangannya kali ini tepat di saat Indonesia sedang banyak isu ya. Semoga dengan kedatangan Paus, Indonesia bisa kembali adem, damai," kata Maria (27) dari Jakarta Selatan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini