Sukses

Ipuk Salurkan Bantuan Infrastruktur Air Bersih Gratis untuk Ratusan Warga di Desa Kaligondo

Ipuk menyebut akan konsisten meningkatkan ketersediaan dan pipanisasi Sambungan Rumah (SR) air bersih hingga ke desa-desa.

Liputan6.com, Banyuwangi Guna memastikan ketersediaan air bersih, Bupati Banyuwangi, Ipuk Fienstiandani menyalurkan bantuan infrastruktur sambungan rumah (SR) air bersih bagi ratusan warga. Kali ini, Ipuk menyerahkan 127 sambungan rumah (SR) air bersih gratis kepada warga di Desa Kaligondo.

“Semoga bantuan ini bermanfaat. Mohon dirawat salurannya dan airnya dipergunakan seperlunya sesuai kebutuhan,” ujar Ipuk dalam kegiatan program Bunga Desa (Bupati Ngantor di Desa), Selasa (3/9/2024).

Sebelumnya di desa Kaligondo sudah terpasang sebanyak 2.048 SR air bersih. Dengan tambahan sambungan SR baru tersebut, saat ini di Desa Kaligondo total terdapat 2.175 SR.

Di sisi lain, Ipuk juga menyebut akan konsisten meningkatkan ketersediaan dan pipanisasi Sambungan Rumah (SR) air bersih hingga ke desa-desa.

“Untuk tahun ini total ada 10 titik yang kita kerjakan dari dana alokasi khusus dari pusat. Selain Kaligondo, ada 9 desa lainnya yang kita garap SR-nya,” sebutnya.

Di Desa Kaligondo, Ipuk juga menyalurkan bantuan sosial BLT Dana Desa kepada ratusan keluarga penerima manfaat (KPM). Dalam penyaluran kali ini masing-masing KPM menerima BLT DD untuk tiga bulan (Juli-September) senilai total Rp900 ribu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Salurkan Insentif

Ipuk turut menyalurkan insentif bagi puluhan ketua RT/RW serta ratusan kader Posyandu di Desa Kaligondo. Ia menyebut, hal itu sebagai bentuk apresiasi atas dedikasi dalam mendukung program-program daerah yang dijalankan.

"Tahun ini, Pemkab Banyuwangi menganggarkan Rp16,15 miliar untuk insentif bagi 13.457 ketua RT dan RW se-Banyuwangi, masing-masing akan menerima sejumlah Rp1,2 juta per tahun yang diserahkan secara bertahap," ujar Ipuk.

Tak hanya menyalurkan berbagai insentif, Ipuk juga meninjau pabrik pupuk organik di Desa Kaligondo yang sudah dipasarkan hingga ke berbagai daerah.

Selain itu, Ipuk turut mengeksplorasi berbagai potensi yang ada di desa Kaligondo seperti di Desa Genteng Wetan. Terakhir, Ipuk berkunjung ke pabrik pembuatan tempe serta sentra produksi pot dan furniture yang sudah merambah pasar ekspor.

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini