Sukses

Prabowo Siapkan Anggaran Khusus untuk Buru Koruptor, Begini Respons KPK

Ketum Partai Gerindra sekaligus presiden terpilih RI, Prabowo Subianto bertekad memberantas korupsi di Indonesia. Sebagai salah satu langkah konkretnya, Prabowo berkomitmen menyediakan anggaran khusus yang nantinya dapat digunakan untuk mengejar para koruptor.

Liputan6.com, Surabaya - Presiden terpilih RI, Prabowo Subianto menyatakan akan menyiapkan anggaran khusus untuk memburu koruptor. Prabowo bahkan menegaskan akan memburu koruptor sampai ke Antartika sekalipun.

Menanggapi hal tersebut, Juru Bicara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Tessa Mahardika Sugiarto turut mengapresiasi pernyataan Pranowo yang akan memberikan anggaran tambahan untuk memburu koruptor. Dia menilai, hal itu menunjukkan keseriusan Prabowo dalam memberantas korupsi di Indonesia.

"Pernyataan ini kami pandang sebagai niat keseriusan beliau untuk mewujudkan Indonesia yang lebih baik yang bebas korupsi. Dan KPK berharap Bapak Prabowo Subianto memiliki komitmen yang kuat untuk memberantas korupsi selama masa kepemimpinannya," kata Tessa di Gedung KPK, Selasa (3/9/2024).

Tessa menegaskan, meskipun janji Prabowo pada akhirnya terealisasi sebagaimana yang sempat dinyatakan juga saat kampanye Pilpres 2024, KPK akan tetap bersikap independen dalam menyelidiki kasus rasuah.

Dia juga meminta kepada masyarakat agar turut memperhatikan kinerja KPK ke depannya.

"Seluruh masyarakat Indonesia untuk bisa mendukung dan mengawal KPK, mengoreksi KPK dalam perjalanannya, agar kegiatan yang dilakukan KPK ini tentunya semata-mata demi kemaslahatan masyarakat Indonesia," tutur dia.

Tessa kemudian berpesan kepada presiden dan wakil presiden yang telah terpilih agar dapat mendukung terus KPK dalam memberantas kasus korupsi yang masih mengakar di Indonesia hingga saat ini.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Komitmen Prabowo Berantas Korupsi

Sebelumnya, Presiden Terpilih Periode 2024-2029 Prabowo Subianto bertekad memberantas korupsi. Masalah ini dianggap menjadi persoalan serius di Indonesia.

Hal tersebut ditegaskannya dalam sambutannya di acara penutupan Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) Partai Gerindra yang digelar di Indonesia Arena, GBK, Jakarta, Sabtu (31/8/2024).

"Semua indikator menunjukkan kita di ambang kebangkitan yang luar biasa. Kuncinya kita harus kurangi korupsi. Kalau bisa, kita habiskan korupsi dalam waktu singkat, minimal kita tekan, kurangi, kurangi dan kurangi. Kita tidak akan kompromi dengan korupsi," kata Prabowo.

 

3 dari 3 halaman

Siapkan Anggaran Khusus

Sebagai salah satu langkah konkret untuk memberantas korupsi, Ketua Umum Partai Gerindra ini juga berkomitmen untuk menyediakan anggaran khusus yang nantinya dapat digunakan untuk mengejar para koruptor.

"Mungkin saya akan cek kembali anggaran. Saya akan sisihkan anggaran khusus untuk pemberantasan dan pengejaran koruptor-koruptor itu," ujarnya.

"Kalaupun dia (koruptor) lari ke Antartika, aku kirim pasukan khusus untuk nyari mereka di Antartika," sambungnya.

Selaras dengan komitmennya untuk memberatas korupsi, Prabowo juga mengajak seluruh elemen bangsa untuk bersama-sama melawan dan memberantas penyelundupan serta permasalahan narkoba.

"Kita juga harus bersama-sama memberantas penyelundupan, apalagi menyelundup dan menjual narkoba. Saya bertekad memimpin perang memberantas narkoba," pungkasnya.

 

Reporter: Rahmat Baihaqi

Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • H. Prabowo Subianto Djojohadikusumo adalah seorang pengusaha, politisi, dan mantan perwira TNI Angkatan Darat.
    H. Prabowo Subianto Djojohadikusumo adalah seorang pengusaha, politisi, dan mantan perwira TNI Angkatan Darat.

    Prabowo

  • H. Prabowo Subianto Djojohadikusumo adalah seorang pengusaha, politisi, dan mantan perwira TNI Angkatan Darat.
    H. Prabowo Subianto Djojohadikusumo adalah seorang pengusaha, politisi, dan mantan perwira TNI Angkatan Darat.

    Prabowo Subianto

  • Korupsi adalah penyalahgunaan uang negara (perusahaan, organisasi, yayasan, dan sebagainya) untuk keuntungan pribadi atau orang lain.

    Korupsi

  • Komisi Pemberantasan Korupsi adalah lembaga negara untuk memberantas tindak pidana korupsi
    Komisi Pemberantasan Korupsi adalah lembaga negara untuk memberantas tindak pidana korupsi

    KPK

  • Koruptor

Video Terkini