Sukses

Kursi Kader Militannya di DPRD Jabar Diganti Adik Raffi Ahmad, Ini Penjelasan PAN

Adik Raffi Ahmad, Nisya Ahmad dilantik menjadi anggota DPRD Jawa Barat setelah kader militan PAN Thoriqoh Nashrullah Fitriyah mundur dari daftar caleg terpilih.

Liputan6.com, Jakarta - Partai Amanat Nasional (PAN) buka suara soal mundurnya Thoriqoh Nashrullah Fitriyah dari daftar calon anggota legislatif (Caleg) terpilih Daerah Pemilihan (Dapil) 2 di Kabupaten Bandung. Padahal politikus PAN itu tinggal dilantik menjadi anggota DPRD Jawa Barat.

Posisi yang ditinggalkan Thoriqoh kemudian digantikan adik Raffi Ahmad, Nisya Ahmad. Kini dia telah dilantik menjadi anggota DPRD Jabar.

Wakil Ketua Umum PAN Viva Yoga Mauladi mengatakan, mundurnya Thoriqoh sebagai caleg terpilih karena mendapat tugas khusus dari partai.

"Bu Thoriqoh secara resmi mengundurkan diri sebagai anggota legislatif terpilih, karena akan mendapatkan penugasan dari partai ke tempat yang baru. Tentang penugasan kemana, nanti ya akan kami beritahukan," kata Viva Yoga kepada wartawan, Selasa (3/9/2024).

Lebih lanjut, dia menegaskan bahwa Thoriqoh merupakan kader militan yang dimiliki partai Pimpinan Zulkifli Hasan (Zulhas).

"⁠Bu Thoriqoh adalah kader militan PAN dan pejuang partai," tegasnya.

Diketahui, Adik Raffi Ahmad, Nisya Ahmad baru saja dilantik menjadi anggota DPRD Jawa Barat. Nisya sempat gagal mendapat kursi DPRD Jabar karena suaranya tidak cukup. Ia maju melalui Partai Amanat Nasional (PAN) di Daerah Pemilihan (Dapil) 2 di Kabupaten Bandung dan hanya mendapat 50.422 suara.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Nisya Ahmad Dilantik Gantikan Thoriqoh

Akhirnya Nisya dilantik karena menggantikan Thoriqoh Nashrullah Fitriyah yang memilih untuk mengundurkan diri. Thariq sendiri mendapat raihan suara lebih besar dari Nisya yakni 58.495 suara.

Sebelumnya, Thoriqoh telah ditetapkan menjadi calon terpilih melalui Keputusan KPU Jabar Nomor 17 tahun 2024 tentang Penetapan Calon Terpilih Anggota DPRD Jawa Barat dalam Pemilu 2024 yang diterbitkan pada 24 Mei 2024. Namun ia mengundurkan diri dan namanya diganti oleh Nisya Ahmad.

 

Reporter: Nur Habibie

Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.