Sukses

Ratusan Warga Antusias Saksikan Pertemuan Jokowi dan Paus Fransiskus dari Luar Istana Merdeka

Setelah upacara kenegaraan, Jokowi mengajak Paus Fransiskus masuk ke ruang kredensial Istana Merdeka untuk berfoto bersama dan menandatangani buku tamu. Pertemuan dilanjutkan dengan pembicaraan atau veranda talk.

Liputan6.com, Jakarta - Kedatangan Pemimpin tertinggi Gereja Katolik Sedunia, Paus Fransiskus di Istana Merdeka Jakarta, Rabu (4/9/2024) menarik perhatian masyarakat. Ratusan warga pun tampak antusias melihat pertemuan Presiden Joko Widodo atau Jokowi dan Paus Fransiskus dari luar gerbang Istana Merdeka.

Berdasarkan pantauan Liputan6.com, Paus Fransiskus tiba di Istana Merdeka pada pukul 09.35 WIB. Para warga pun bersorak-sorak untuk menyambut iring-iringan mobil Paus yang hendak masuk ke Istana Merdeka.

Jokowi menyambut kedatangan Kepala Negara Vatikan itu dengan upacara kenegaraan. Keduanya duduk di teras Istana Merdeka. Lagu kedua negara dan 21 dentuman meriam pun dikumandangkan.

Saat prosesi upacara kenegaraan tersebut, para warga tampak menyaksikan dari luar gerbang Istana Merdeka. Bahkan, para warga ikut berdiri tegap selama prosesi upacara kenegaraan.

Setelah upacara kenegaraan, Jokowi mengajak Paus Fransiskus masuk ke ruang kredensial Istana Merdeka untuk berfoto bersama dan menandatangani buku tamu. Pertemuan dilanjutkan dengan pembicaraan atau veranda talk.

Paus Fransiskus diagendakan menghadiri pertemuan dengan para tokoh agama dan korp diplomatik di Istana Negara Jakarta. Jokowi juga akan ikut hadir mendampingi.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengucapkan selamat datang kepada Pemimpin tertinggi Gereja Katolik Sedunia, Paus Fransiskus atas kunjungannya ke Indonesia pada 3-6 Septembet 2024. Jokowi mengatakan masyarakat Indonesia menyambut hangat kedatangan Kepala Negara Vatikan itu.

"Saya atas nama rakyat Indonesia menyambut hangat dan terima kasih atas kunjungan Yang Teramat Mulia Paus Fransiskus ke Indonesia. Selamat datang Yang Teramat Mulia Sri Paus Fransiskus ke Indonesia," kata Jokowi di Istana Merdeka Jakarta, Senin (3/9/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Paus Fransiskus Disambut Upacara Kenegaraan di Istana Merdeka

Presiden Joko Widodo atau Jokowi menerima kunjungan Pemimpin tertinggi Gereja Katolik Sedunia, Paus Fransiskus di Istana Merdeka Jakarta, Rabu (4/9/2024). Kedatangan Kepala Negara Vatikan itu disambut dengan upacara kenegaraan.

Berdasarkan pantauan Liputan6.com, Paus Fransiskus tiba di Istana Merdeka pukul 09.35 WIB, dengan diiringi pasukan marching band. Paus yang memakai mobil Innova Zenix sempat membuka kaca mobilnya dan melambaikan tangan kepada awak media.

Sejumlah anak-anak yang memakai baju adat Indonesia pun ikut menyambut kedatangan Paus Fransiskus di Istana Merdeka. Mobil yang membawa Paus Fransiskus lalu menuju halaman Istana Merdeka Jakarta.

Jokowi lalu menyambut kedatangan Paus Fransiskus. Keduanya saling berjabat tangan. Jokowi kemudian mengajak Paus ke halaman Istana Merdeka untuk upacara penyambutan kenegaraan.

3 dari 3 halaman

Lagu Kedua Negara Dikumandangkan

Dalam kesempatan ini, lagu kedua negara dikumandangkan. Sebanyak 21 dentuman meriam juga ikut meiiringi untuk menyambut kedatangan Paus Fransiskus. Jokowi dan Paus juga menyaksikan defile pasukan.

Selanjutnya, sejumlah menteri kabinet Indonesia Maju menyalami Paus Fransiskus. Mereka antara lain, Presiden Terpilih sekaligus Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, hingga Sekretaris Kabinet Pramono Anung.

Setelah itu, Jokowi mengajak Paus Fransiskus masuk ke ruang kredensial Istana Merdeka untuk berfoto bersama dan menandatangani buku tamu. Pertemuan dilanjutkan dengan pembicaraan atau veranda talk.

Paus Fransiskus diagendakan menghadiri pertemuan dengan para tokoh agama dan korp diplomatik di Istana Negara Jakarta. Jokowi juga akan ikut hadir mendampingi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini