Sukses

Massa Gelar Aksi HAM Papua di Kedubes Vatikan Usai Paus Fransiskus Temui Jokowi

Aksi unjuk rasa dilakukan sejumlah orang di seberang Kedutaan Besar (Kedubes) Vatikan sesaat sebelum Paus Fransiskus kembali dari Istana Merdeka Jakarta pada hari ini, Rabu (4/9/2024).

Liputan6.com, Jakarta - Aksi unjuk rasa dilakukan sejumlah orang di seberang Kedutaan Besar (Kedubes) Vatikan sesaat sebelum Paus Fransiskus kembali dari Istana Merdeka Jakarta pada hari ini, Rabu (4/9/2024).

Mereka menyuarakan Hak Asasi Manusia (HAM) bagi Tanah Papua. Pantauan Liputan6.com, Rabu (4/9/2024), massa aksi berkumpul sekitar pukul 10.30 WIB dengan membawa sejumlah atribut bergambar Paus Fransiskus.

Tampak di antaranya hanya menggunakan koteka, yang merupakan pakaian khas Papua. Petugas kepolisian pun membuat pagar demi kondisivitas perjalanan Paus Fransiskus ke Kedubes Vatikan.

Saat Pemimpin tertinggi Gereja Katolik Sedunia itu melintas, teriakan warga yang antusias dan massa aksi pun bercampur. Masyarakat yang menyambut di sekitaran Kedubes Vatikan menyapa Paus Fransiksus dan saling melambaikan tangan.

Sementara di seberang jalan, massa aksi HAM meneriakkan aspirasinya untuk Papua.

"Paus, Papua. Papua," teriak massa aksi, Rabu (4/9/2024).

Terlihat Paus Fransiskus dari dalam mobil hanya fokus ke warga yang berada di trotoar jalan samping kaca kendaraannya. Teriakan massa aksi tampaknya tidak terlalu terdengar sehingga belum sempat menoleh, kendaraan sudah masuk ke Kedubes Vatikan.

Pemimpin tertinggi Gereja Katolik Sedunia, Paus Fransiskus melanjutkan agendanya untuk bertemu secara pribadi dengan anggota Serikat Yesus di Kedutaan Besar (Kedubes) Vatikan, Jakarta Selatan, usai tatap muka bersama Presiden Joko Widodo atau Jokowi.

Pantauan Liputan6.com, Rabu (4/9/2024), terpantau sejumlah tamu undangan telah datang lebih dulu sejak pukul 10.20 WIB. Paus Fransiskus sendiri dijadwalkan tiba di Kedubes Vatikan sekitar pukul 11.30 WIB.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Banyak Masyarakat Menanti Paus Fransiskus

Rombongan terlihat diantar menggunakan bus pariwisata. Sementara petugas terus melakukan pengamanan, khususnya sterilisasi area Kedubes dari warga yang antusias melihat Paus Fransiskus.

Hingga pukul 10.43 WIB, petugas baru melakukan sterilisasi arus lalu lintas di depan Kedubes Vatikan secara bertahap.

Meski di bawah terik matahari, masyarakat sangat antusias melihat Paus Fransiskus. Salah satunya Deni, yang membawa serta istri dan anak balitanya ke lokasi.

"Momen sejarah yang mungkin nggak tahu kapan lagi ada (Paus) ke Indonesia," kata Deni bersemangat.

Pemimpin tertinggi Gereja Katolik Sedunia, Paus Fransiskus tiba di Istana Merdeka Jakarta, Rabu (4/9/2024). Kedatangan Kepala Negara Vatikan itu bertemu dengan Presiden Joko Widodo atau Jokowi.

Berdasarkan pantauan Liputan6.com, Paus Fransiskus tiba di Istana Merdeka pukul 09.35 WIB, dengan diiringi pasukan marching band. Paus yang memakai mobil Innova Zenix sempat membuka kaca mobilnya dan melambaikan tangan kepada awak media.

 

3 dari 3 halaman

Anak-Anak Ikut Sambut Kedatangan Paus Fransiskus

Sejumlah anak-anak yang memakai baju adat Indonesia pun ikut menyambut kedatangan Paus Fransiskus di Istana Merdeka. Mobil yang membawa Paus Fransiskus lalu menuju halaman Istana Merdeka Jakarta.

Tampak sejumlah menteri kabinet ikut mendampingi mulai dari Presiden terpilih sekaligus Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengucapkan selamat datang kepada Pemimpin tertinggi Gereja Katolik Sedunia, Paus Fransiskus atas kunjungannya ke Indonesia pada 3-6 September 2024.

Jokowi mengatakan masyarakat Indonesia menyambut hangat kedatangan Kepala Negara Vatikan itu.

"Saya atas nama rakyat Indonesia menyambut hangat dan terima kasih atas kunjungan Yang Teramat Mulia Paus Fransiskus ke Indonesia. Selamat datang Yang Teramat Mulia Sri Paus Fransiskus ke Indonesia," kata Jokowi di Istana Merdeka Jakarta, Selasa 3 September 2024.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.