Sukses

Saat Anak-Anak Berebut Ingin Bersalaman dengan Paus Fransiskus di Istana Merdeka Jakarta

Presiden Joko Widodo atau Jokowi selesai menggelar pertemuan dengan Pemimpin Gereja Katholik Sedunia sekaligus Kepala Negara Vatikan Paus Fransiskus di Istana Negara Jakarta, Rabu (4/9/2024).

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi selesai menggelar pertemuan dengan Pemimpin Gereja Katholik Sedunia sekaligus Kepala Negara Vatikan Paus Fransiskus di Istana Negara Jakarta, Rabu (4/9/2024). Jokowi pun mengantar Paus Fransiskus ke mobil.

Saat hendak menuju mobil Innova Zenix berpelat SCV 1 yang terparkir di belakang Istana Merdeka, ratusan anak-anak berpakaian adat nasional mengerubungi Paus. Mereka ingin bersalaman dengan Kepala Negara Vatikan itu.

Anak-anak itu tampak heboh menjulurkan tangannya ke arah Paus Fransiskus. Beberapa kali Paus menyalami anak-anak yang sangat antusias bertemunya.

Anak-anak itu sebelumnya menyambut kedatangan Paus Fransiskus di halaman Istana Merdeka. Mereka membawa bendera merah putih Indonesia.

Jokowi pun mengantarkan Paus Fransiskus sampai ke mobil. Sebelum meninggalkan Istana, Jokowi dan Paus Fransiskus terlihat berbincang akrab. Terlihat juga Jokowi dan Paus Fransiskus beberapa kali salaman.

Jokowi menunggu Paus Fransiskus masuk ke dalam mobil dan meninggalkan Istana. Paus Fransiskus duduk di kursi depan atau di samping sopir.

Saat mobil Paus Fransiskus meninggalkan lokasi, anak-anak pun mengerubungi Jokowi untuk bersalaman. Jokowi tampak melayani anak-anak untuk bersamalan dan berfoto.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo atau Jokowi menerima kunjungan Pemimpin tertinggi Gereja Katolik Sedunia, Paus Fransiskus di Istana Merdeka Jakarta, Rabu (4/9/2024). Kedatangan Kepala Negara Vatikan itu disambut dengan upacara kenegaraan.

Berdasarkan pantauan Liputan6.com, Paus Fransiskus tiba di Istana Merdeka pukul 09.35 WIB, dengan diiringi pasukan marching band. Paus yang memakai mobil Innova Zenix sempat membuka kaca mobilnya dan melambaikan tangan kepada awak media.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Anak-Anak Sambut Paus Fransiskus

Sejumlah anak-anak yang memakai baju adat Indonesia pun ikut menyambut kedatangan Paus Fransiskus di Istana Merdeka. Mobil yang membawa Paus Fransiskus lalu menuju halaman Istana Merdeka Jakarta.

Jokowi lalu menyambut kedatangan Paus Fransiskus. Keduanya saling berjabat tangan. Jokowi kemudian mengajak Paus ke halaman Istana Merdeka untuk upacara penyambutan kenegaraan.

Dalam kesempatan ini, lagu kedua negara dikumandangkan. Sebanyak 21 dentuman meriam juga ikut meiiringi untuk menyambut kedatangan Paus Fransiskus. Jokowi dan Paus juga menyaksikan defile pasukan.

Selanjutnya, sejumlah menteri kabinet Indonesia Maju menyalami Paus Fransiskus. Mereka antara lain, Presiden Terpilih sekaligus Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, hingga Sekretaris Kabinet Pramono Anung.

Setelah itu, Jokowi mengajak Paus Fransiskus masuk ke ruang kredensial Istana Merdeka untuk berfoto bersama dan menandatangani buku tamu. Pertemuan dilanjutkan dengan pembicaraan atau veranda talk.

 

3 dari 4 halaman

Paus Fransiskus Sapa Presiden Terpilih Prabowo Subianto, Beri Salam Hangat

Sebelumnya, Pemimpin tertinggi Gereja Katolik Sedunia, Paus Fransiskus menyapa Presiden terpilih RI, Prabowo Subianto saat memberikan pidato di Istana Negara Jakarta, Rabu (4/9/2024). Paus menyampaikan salam hangat untuk Prabowo.

"Saya mengucapkan salam hangat kepada Presiden Terpilih untuk masa tugas pelayanan anda yang membawa buah untuk Indonesia," kata Paus saat menyampaikan pidato di hadapan Presiden Joko Widodo atau Jokowi dan tokoh lintas agama.

Dia mengatakan Indonesia merupakan negara kepulauan yang luas dan dikelilingi laut. Paus menyampaikan terima kasih kepada Jokowi atas undangan berkunjung ke Indonesia.

"Dengan sepenuh hati, saya berterima kasih kepada anda Bapak Presiden atas undangan yang menyenangkan untuk mengunjungi negara Anda," ucap Paus.

 

4 dari 4 halaman

Jokowi Kenalkan Prabowo dan Sejumlah Menteri ke Paus Fransiskus

Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyambut kedatangan Pempimpin tertinggi Gereja Katolik Sedunia, Paus Fransiskus di Istana Merdeka Jakarta, Rabu (4/9/2024), dengan upacara kenegaraan. Usai upacara, Jokowi pun memperkenalkan jajaran menteri yang mendampinginya ke Paus Fransiskus.

Salah satu menteri yang hadir yakni, Menteri Pertahanan sekaligus Presiden Terpilih RI, Prabowo Subianto. Prabowo tampak menyalami Paus Fransiskus dan berbincang sejenak dengan Kepala Negara Vatikan itu.

Jokowi juga memperkenalkan para menteri lain yakni, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, hingga Sekretaris Kabinet Pramono Anung. Para menteri ikut menghampiri dan menyalami Paus Fransiskus satu per satu.

Setelah upacara kenegaraan, Jokowi mengajak Paus Fransiskus masuk ke ruang kredensial Istana Merdeka untuk berfoto bersama dan menandatangani buku tamu. Pertemuan dilanjutkan dengan pembicaraan atau veranda talk.

Paus Fransiskus diagendakan menghadiri pertemuan dengan para tokoh agama dan korp diplomatik di Istana Negara Jakarta. Jokowi juga akan ikut hadir mendampingi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.