Sukses

Paus Fransiskus Puji Jokowi yang Kenalkan Prabowo sebagai Presiden Terpilih

Pemimpin tertinggi Gereja Katolik Sedunia, Paus Fransiskus memuji Presiden Jokowi yang mengenalkan Presiden Terpilih, Prabowo Subianto di sela-sela pertemuan di Halaman Istana Merdeka Jakarta, Rabu (4/9/2024).

Liputan6.com, Jakarta - Pemimpin tertinggi Gereja Katolik Sedunia, Paus Fransiskus memuji Presiden Joko Widodo atau Jokowi yang mengenalkan Presiden Terpilih, Prabowo Subianto di sela-sela pertemuan di Halaman Istana Merdeka Jakarta, Rabu (4/9/2024). Jokowi disebut selalu mengenalkan Prabowo saat berjumpa dengan pemimpin negara.

"Presiden ke mana-mana selalu mengenalkan presiden terpilih dan tadi secara khusus Paus mengatakan ini adalah tradisi yang bagus, di mana ada seorang presiden yang akan mengakhiri jabatannya memperkenalkan presiden yang akan datang," kata Menteri Luar Negeri Retno Marsudi di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Rabu (4/9/2024).

"Dan dalam pertemuan bilateral tadi Paus juga menyampaikan hal tersebut," sambungnya.

Sebelumnya, Presiden Jokowi menyambut kedatangan Pempimpin tertinggi Gereja Katolik Sedunia, Paus Fransiskus di Istana Merdeka Jakarta, Rabu (4/9/2024), dengan upacara kenegaraan. Usai upacara, Jokowi pun memperkenalkan jajaran menteri yang mendampinginya ke Paus Fransiskus.

Salah satu menteri yang hadir yakni, Menteri Pertahanan sekaligus Presiden Terpilih RI, Prabowo Subianto. Prabowo tampak menyalami Paus Fransiskus dan berbincang sejenak dengan Kepala Negara Vatikan itu.

Jokowi juga memperkenalkan para menteri lain yakni, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, hingga Sekretaris Kabinet Pramono Anung. Para menteri ikut menghampiri dan menyalami Paus Fransiskus satu per satu.

Setelah upacara kenegaraan, Jokowi mengajak Paus Fransiskus masuk ke ruang kredensial Istana Merdeka untuk berfoto bersama dan menandatangani buku tamu. Pertemuan dilanjutkan dengan pembicaraan atau veranda talk.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Paus Sampaikan Salam Hangat untuk Prabowo

Selanjutnya, Paus Fransiskus menghadiri pertemuan dengan para tokoh agama dan korp diplomatik di Istana Negara Jakarta. Paus menyampaikan salam hangat untuk Prabowo.

"Saya mengucapkan salam hangat kepada Presiden Terpilih untuk masa tugas pelayanan anda yang membawa buah untuk Indonesia," kata Paus saat menyampaikan pidato di hadapan Presiden Joko Widodo atau Jokowi dan tokoh lintas agama.

Dia mengatakan Indonesia merupakan negara kepulauan yang luas dan dikelilingi laut. Paus menyampaikan terima kasih kepada Jokowi atas undangan berkunjung ke Indonesia.

"Dengan sepenuh hati, saya berterima kasih kepada anda Bapak Presiden atas undangan yang menyenangkan untuk mengunjungi negara Anda," ucap Paus.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini