Sukses

Antisipasi Kepadatan saat Misa Akbar di GBK, Kapolri Instruksikan Jajaran Informasikan Jalur Alternatif ke Masyarakat

Skenario rekayasa lalu lintas pun diminta untuk disiapkan secara matang demi meminimalkan kepadatan kendaraan.

Liputan6.com, Jakarta - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo meminta jajaran turut memastikan kelancaran arus lalu lintas pada saat pelaksanaan Misa Akbar yang dipimpin oleh Paus Fransiskus di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta.

Skenario rekayasa lalu lintas pun diminta untuk disiapkan secara matang demi meminimalkan kepadatan kendaraan.

Hal itu disampaikan Listyo usai bersama Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto meninjau Posko Operasi Tribrata Jaya 2024, Rabu (4/9/2024)

"Kami sudah minta kepada jajaran lalu lintas khususnya untuk menginformasikan kepada masyarakat tentang rute alternatif yang bisa digunakan selama proses kegiatan Misa," kata Listyo.

Listyo mengatakan, Misa Akbar akan dihadiri 86.000 umat Katolik dari berbagai wilayah di Indonesia. Dengan jumlah segitu banyak, Listyo memprediksi akan terjadi kepadatan di kawasan GBK.

"Karena memang ini akan dihadiri dalam jumlah besar dan tentunya akan ada pengaturan-pengaturan lalu lintas yang juga tentunya ini akan sedikit membuat kemacetan," ucap dia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Koordinasi

Di tempat yang sama, Panglima TNI Jendral Agus Subiyanto menambahkan, pelbagai pihak seperti panitia, TNI dan Polri serta beberapa dari relawan bekerja sudah baik dari segi koordinasi maupun kesiapan pengamanan dan pendukung lainnya.

"Pemadam kebakaran kemudian juga genset-genset, PLN, kemudian mobil derek, tempat parkir juga sudah dipaparkan oleh Polri untuk rekayasa jalan juga sudah disampaikan. Sehingga pada saat pelaksanaan tidak menimbulkan kemacetan yang sangat fatal," ucap dia.

3 dari 3 halaman

Tinjau GBK, Kapolri dan Panglima TNI Jamin Keamanan saat Misa Paus Fransiskus

Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto bersama Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo meninjau Posko Operasi Tribrata Jaya 2024.

Mereka ingin memastikan kesiapan pengamanan Misa yang dipimpin oleh Paus Fransiskus di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta.

"Kami ingin memastikan serangkaian kesiapan pengamanan khususnya terkait dengan kegiatan puncak yang dilaksanakan besok sore ini betul-betul bisa terselenggara dengan baik," ujar Kapolri Jendral Listyo Sigit Prabowo di lokasi, Rabu (4/9/2024).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini