Sukses

Usai Bertemu Paus Fransiskus, Jokowi Pakai Innova Zenix Saat Pulang ke Bogor

Menurut pihak Istana, Jokowi bukan kali ini saja menggunakan mobil Toyota Innova Zenix. Jokowi kerap menggunakan mobil tersebut terutama ketika melakukan kegiatan diam-diam atau incognito.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi menggunakan mobil Innova Zenix saat pulang dari Jakarta ke Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Rabu (4/9/2024). Padahal, Jokowi biasanya sering terlihat menggunakan mobil Mercedes bewarna hitam saat menjalani kegiatan kepresidenan di Jakarta dan Bogor.

"Iya betul sekali. (Innova Zenix) Itu kendaraan Bapak," kata Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Yusuf Permana kepada wartawan, Rabu (4/9/2024).

Hal ini disampaikan Yusuf menanggapi beredarnya foto mobil iring-iringan pengawalan kendaraan Jokowi yang menggunakan Toyota Innova Zenix bewarna hitam. Mobil tersebut melintas di salah satu jalan Jakarta dengan menggunakan pelat RI-1.

Yusuf menyampaikan, ini bukan kali pertamanya Jokowi menggunakan Innova Zenix. Menurut dia, Jokowi biasa menggunakan mobil tersebut saat melakukan kegiatan diam-diam atau incognito.

"Pada kegiatan-kegiatan tertentu yang bersifat incognito, sering sekali beliau menggunakan kendaraan Innova," jelasnya.

Selain itu, kata dia, Jokowi juga beberapa kali menggunakan mobil Toyota Fortuner saat kunjungan kerja ke daerah. Mobil tersebut digunakan apabila medan yang ditempuh berat.

"Fortuner juga sering digunakan saat Kunker ketika medannya berat. Artinya berganti kendaraan adalah hal yang biasa kami lakukan," tutur Yusuf.

Seperti diketahui, Pemimpin Tertinggi Gereja Katolik, Paus Fransiskus menggunakan mobil Toyota Kijang Innova Zenix Hybrid berwarna putih selama kunjungan ke Indonesia pada 3-6 September 2024. Mobil tersebut juga digunakan Paus saat bertemu Jokowi di Istana Merdeka Jakarta, Rabu (4/9/2024) siang tadi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kesederhanaan Paus Fransiskus Naik Innova

Sebelumnya diberitakan, Pemimpin Tertinggi Gereja Katolik, Paus Fransiskus telah resmi tiba di Bandara Internasional Soekarno Hatta pada selasa (3/9/2024) pukul 11.30 WIB. Setelah tiba, Paus Fransiskus langsung melanjutkan perjalanan menuju Kedutaan Besar Vatikan di Jakarta.

Diketahui perjalanannya tersebut terpantau menggunakan mobil Toyota Kijang Innova Zenix Hybrid berwarna putih. Paus terlihat duduk pada jok depan samping sopir dan sempat melambaikan tangan dari kaca jendela yang terbuka.

Terlihat di bagian kap mesin depan mobilnya tersebut menggunakan dua bendera yaitu bendera Vatikan di sebelah kiri dan bendera Indonesia di sebelah kanan. Selain mobil Innova, Paus juga terlihat dikawal dengan mobil mewah Mercedes-Benz G-Class.

Mobil tersebut kemungkinan merupakan mobil milik Paspampres dan juga terlihat mobil lainnya dalam rombongan yaitu Mercedes-Benz-V-Class, Mercedes-Benz-S-Class, dan Nissan Teana.

3 dari 3 halaman

Naik Pesawat Komersial dan Tak Menginap di Hotel

Selain itu, Paus Fransiskus diketahui tiba di Indonesia dengan menaiki pesawat komersial dan tidak menginap di hotel berbintang. Alhasil tindakannya mendapatkan pujian terutama dari Pimpinan Pusat Muhammadiyah yang menyebutkan kesederhanaannya adalah teladan.

“Hal itu menunjukkan keteladanan yang dapat menjadi inspirasi penting bagi para pemimpin bangsa di tingkat nasional dan ranah global,” kata Ketua Umum PP Muhammadiyah, Haedar Nashir mengutip dari Antara.

Sebagai informasi Paus Fransiskus datang ke Indonesia untuk perjalanan apostoliknya. Indonesia menjadi negara pertama di Asia yang dikunjungi Paus dan dijadwalkan berada di Indonesia dari tanggal 3 hingga 6 September 2024. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.