Sukses

Top 3 News: JK Minta Televisi Tetap Tayangkan Azan Magrib Bersamaan dengan Perayaan Misa Paus Fransiskus

Ketua Umum Dewan Masjid Indonesia (DMI) Jusuf Kalla atau JK menyarankan stasiun televisi untuk tetap menyiarkan azan disaat laporan perayaan misa yang dipimpin Paus Fransiskus. Itulah top 3 news hari ini.

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Umum Dewan Masjid Indonesia (DMI) Jusuf Kalla (JK) menyarankan stasiun televisi untuk tetap menyiarkan kumandang azan di saat laporan perayaan misa yang dipimpin Paus Fransiskus. Itulah top 3 news hari ini.

Saran tersebut disampaikan JK guna menanggapi polemik surat edaran Kominfo untuk mengganti siaran azan dengan running text. JK menambahkan, sebagai negara dengan mayoritas penduduk Islam terbanyak, tentu sangat mengutamakan toleransi.

Menurut JK, dengan adanya seruan panggilan azan, umat Islam yang bersamaan perayaan misa umat Katolik yang bersamaan, seharusnya tidak saling menghilangkan salah satunya.

Sementara itu, angin puting beliung yang menerjang Desa Cimayang, Kecamatan Pamijahan, Kabupaten Bogor pada Senin 2 September 2024 menimbulkan kerusakan cukup parah.

Sedikitnya 244 bangunan terdiri dari rumah dan gudang rusak diterjang angin puting beliung dan hujan lebat. Tak hanya menimbulkan kerusakan, dua orang tewas dan empat luka-luka akibat tertimpa material bangunan gudang yang ambruk.

Berdasarkan data Pemerintah Desa Cimayang, dari total 244 rumah yang rusak, sebanyak 177 unit rusak ringan, 57 rumah rusak sedang dan 10 rusak berat.

Berita terpopuler lainnya di kanal News Liputan6.com adalah terkait Partai Amanat Nasional (PAN) buka suara soal mundurnya Thoriqoh Nashrullah Fitriyah dari daftar calon anggota legislatif (caleg) terpilih Daerah Pemilihan (Dapil) 2 di Kabupaten Bandung.

Padahal, politikus PAN itu tinggal dilantik menjadi anggota DPRD Jawa Barat. Posisi yang ditinggalkan Thoriqoh kemudian digantikan adik Raffi Ahmad, Nisya Ahmad. Kini dia telah dilantik menjadi anggota DPRD Jabar.

Wakil Ketua Umum PAN Viva Yoga Mauladi mengatakan, mundurnya Thoriqoh sebagai caleg terpilih karena mendapat tugas khusus dari partai.

Berikut deretan berita terpopuler di kanal News Liputan6.com sepanjang Rabu 4 September 2024:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. JK Minta Televisi Tetap Tayangkan Adzan Magrib Bersamaan dengan Perayaan Misa Kudus Paus Fransiskus

Ketua Umum Dewan Masjid Indonesia (DMI) Jusuf Kalla atau JK, menyarankan stasiun televisi untuk tetap menyiarkan azan disaat laporan perayaan misa yang dipimpin Paus Fransiskus.

Saran tersebut disampaikan menanggapi polemik surat edaran Kominfo untuk mengganti siaran azan dengan running text.

"Jadi saya sarankan sebagai ketua DMI agar TV di samping terus melaporkan tentang misa, juga ada tetap menyiarkan adzan. Jadi layar dibagi dua dan hanya lima menit azan magrib," kata JK dalam keterangannya, Rabu 4 September 2024.

JK menambahkan, sebagai negara dengan mayoritas penduduk Islam terbanyak, tentu sangat mengutamakan toleransi.

Dengan adanya seruan panggilan azan umat Islam yang bersamaan perayaan misa umat Katolik yang bersamaan, seharusnya tidak saling menghilangkan salah satunya.

 

Selengkapnya...

3 dari 4 halaman

2. 244 Rumah Rusak Diterjang Angin Puting Beliung di Bogor, 2 Orang Tewas

Angin puting beliung yang menerjang Desa Cimayang, Kecamatan Pamijahan, Kabupaten Bogor pada Senin, 2 September 2024 menimbulkan kerusakan cukup parah. 

Sedikitnya 244 bangunan terdiri dari rumah dan gudang rusak diterjang angin puting beliung dan hujan lebat. 

Tak hanya menimbulkan kerusakan, dua orang tewas dan empat luka-luka akibat tertimpa material bangunan gudang yang ambruk. 

Berdasarkan data Pemerintah Desa Cimayang, dari total 244 rumah yang rusak, sebanyak 177 unit rusak ringan, 57 rumah rusak sedang dan 10 rusak berat. 

Rumah yang terdampak puting beliung tersebar di 5 RW, yakni RW 01 di Kampung Cimayang Satu, RW 02 Kampung Cimayang Asem, RW 03 Kampung Cimayang Dua, RW 04 Kampung Cimayang Dukuh dan RW 07 di Perum Budiman Asri.

 

Selengkapnya...

4 dari 4 halaman

3. Kursi Kader Militannya di DPRD Jabar Diganti Adik Raffi Ahmad, Ini Penjelasan PAN

Partai Amanat Nasional (PAN) buka suara soal mundurnya Thoriqoh Nashrullah Fitriyah dari daftar calon anggota legislatif (Caleg) terpilih Daerah Pemilihan (Dapil) 2 di Kabupaten Bandung.

Padahal politikus PAN itu tinggal dilantik menjadi anggota DPRD Jawa Barat.

Posisi yang ditinggalkan Thoriqoh kemudian digantikan adik Raffi Ahmad, Nisya Ahmad. Kini dia telah dilantik menjadi anggota DPRD Jabar.

Wakil Ketua Umum PAN Viva Yoga Mauladi mengatakan, mundurnya Thoriqoh sebagai caleg terpilih karena mendapat tugas khusus dari partai.

"Bu Thoriqoh secara resmi mengundurkan diri sebagai anggota legislatif terpilih, karena akan mendapatkan penugasan dari partai ke tempat yang baru. Tentang penugasan kemana, nanti ya akan kami beritahukan," kata Viva Yoga kepada wartawan, Selasa, 3 September 2024.

 

Selengkapnya...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.