Sukses

Jokowi Pakai Innova Zenix, Danpaspampres: Pengamanan Sudah Diperketat

Komandan Pasukan Pengamanan Presiden (Danpaspampres) Mayjen TNI Achiruddin memastikan tidak ada masalah dari sisi keamanan apabila Presiden Joko Widodo (Jokowi) menggunakan mobil Toyota Innova Zenix. Dia menyatakan sudah memperketat pengamanan terhadap Presiden.

Liputan6.com, Jakarta Komandan Pasukan Pengamanan Presiden (Danpaspampres) Mayjen TNI Achiruddin memastikan tidak ada masalah dari sisi keamanan apabila Presiden Joko Widodo (Jokowi) menggunakan mobil Toyota Innova Zenix. Dia menyatakan sudah memperketat pengamanan terhadap Presiden.

Hal ini disampaikan Achiruddin menanggapi Jokowi yang menggunakan mobil Innova Zenix saat pulang dari Istana Merdeka Jakarta ke Istana Kepresidenan Bogor Jawa Barat, Rabu, 4 September 2024.

"Terkait sisi keamanan, tidak ada masalah bagi kami. Paspampres sudah memperketat pengamanan terhadap Presiden dengan berkoordinasi dengan pasukan pengamanan wilayah, dengan menempatkan pasukan pengamanan di sepanjang rute perjalanan Presiden," jelas Achiruddin kepada wartawan, Kamis (5/9/2024).

Menurut Achiruddin, Paspampres telah menerapkan penganan maksimal dan berlapis terhadap Presiden Jokowi. Selain itu, Paspampres telah mengantisipasi segala kemungkinan ancaman kepada Jokowi.

"Secara SOP akan kami laksanakan pengamanan terhadap Presiden secara maksimal dan berlapis, serta dengan perhitungan yang matang. Serta kami akan mengantisipasi segala kemungkinan yang dapat terjadi," ujar Achiruddin.

Achiruddin menyebut Jokowi juga akan menggunakan mobil Toyota Innova Zenix pada hari ini. Dia menuturkan ini bukan kali pertamanya Jokowi menggunakan Innova Zenix saat kegiatan kepresidenan.

"Sebenarnya itu hal biasa, karena untuk kegiatan-kegiatan tertentu yang bersifat incognito (diam-diam) Beliau sering menggunakan kendaraan Innova," tutur Achiruddin.

Sebelumnya, beredar foto mobil iring-iringan pengawalan kendaraan Jokowi yang menggunakan Toyota Innova Zenix berwarna hitam. Mobil tersebut melintas di salah satu jalan Jakarta dengan menggunakan pelat RI-1.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jokowi Naik Innova Zenix di Tengah Kunjungan Paus ke Indonesia

Sebelumnya, beredar foto mobil iring-iringan pengawalan kendaraan Jokowi yang menggunakan Toyota Innova Zenix berwarna hitam. Mobil tersebut melintas di salah satu jalan Jakarta dengan menggunakan pelat RI-1.

Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Yusuf Permana membenarkan bahwa Jokowi menggunakan Innova Zenix. Selain Innova, kata dia, Jokowi juga beberapa kali menggunakan mobil Toyota Fortuner saat kunjungan kerja ke daerah.

"Fortuner juga sering digunakan saat kunker ketika medannya berat. Artinya berganti kendaraan adalah hal yang biasa kami lakukan," ucap Yusuf kepada wartawan, Rabu (4/9/2024).

Jokowi sendiri sering terlihat menggunakan mobil Mercedes bewarna hitam saat menjalani kegiatan kepresidenan di Jakarta dan Bogor. Mobil tersebut juga kerap digunakan saat kunjungan kerja ke sejumlah daerah.

Seperti diketahui, Pemimpin Tertinggi Gereja Katolik, Paus Fransiskus menggunakan mobil Toyota Kijang Innova Zenix Hybrid berwarna putih selama kunjungan ke Indonesia pada 3-6 September 2024. Mobil tersebut juga digunakan Paus saat bertemu Jokowi di Istana Merdeka Jakarta, Rabu (4/9/2024).

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.