Sukses

62 Polisi Kawal Jemaah ke GBK Senayan Jakarta untuk Ikut Misa Paus Fransiskus dari Kabupaten Tangerang

Sebanyak 62 anggota Polres Kota Tangerang, Banten melakukan pengawalan melekat pada keberangkatan ratusan jemaah gereja menuju Gelora Bung Karno (GBK) Senayan Jakarta untuk mengikuti Misa Paus Fransiskus, Kamis (5/9/2024).

Liputan6.com, Jakarta - Sebanyak 62 anggota Polres Kota Tangerang, Banten melakukan pengawalan melekat pada keberangkatan ratusan jemaah gereja menuju Gelora Bung Karno atau GBK Senayan Jakarta untuk mengikuti Misa Akbar atau Holy Mass yang dipimpin Yang Mulia Paus Fransiskus, Kamis (5/9/2024).

Kepala Bagian Operasional Polresta Tangerang Kompol Kosasih mengatakan, sebanyak 62 personel disiapkan untuk mengawal keberangkatan ratusan jemaah di dua lokasi dari wilayah hukum Polresta Tangerang.

"Terlapor ada dua lokasi titik keberangkatan dari dua gereja, yakni Gereja Santa Odilia Citra Raya dan Gereja Santo Gregorius Agung Pasar Kemis. Untuk itu, sebanyak 62 personel melakukan pengawalan sampai Gelora Bung Karno (GBK)," ujar Kosasih, Kamis (5/9/2024).

Dia menjelaskan, proses pengawalan akan dilakukan melekat pada rombongan jemaah yang dijadwalkan berangkat menuju GBK sekitar pukul 10.30 WIB.

"Iya, pengawalan melekat, keberangkatan menuju GBK akan melintasi tol Tangerang-Jakarta," ucap Kosasih.

Diketahui, untuk di wilayah Tangerang lebih dari 300 jemaat akan menuju GBK, Jakarta untuk mengikuti Misa Paus Fransiskus pada pukul 17.00 WIB.

Dalam perjalanan apostoliknya hari ini, Paus dikabarkan akan menyambangi beberapa tempat, mulai dari Gereja Katedral hingga Masjid Istiqlal.

Paus Fransiskus juga dikabarkan akan menemui petinggi negara, pemuka agama, hingga kelompok masyarakat tertentu selama berada di Indonesia untuk Misa Akbar di GBK.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Rombongan Jemaat Menggunakan Bus

Sementara, ratusan jemaat di Gereja Santa Odilia Citra Raya, Kecamatan Panongan, Kabupaten Tangerang, Banten berangkat menuju Gelora Bung Karno (GBK) Jakarta, untuk mengikuti Holy Mass atau Misa Akbar yang akan dipimpin langsung oleh Paus Fransiskus.

Rombongan Gereja Santa Odilia Citra Raya, terpantau melakukan persiapan, mulai dari menyiapkan armada bus. Sebanyak 5 armada bus yang terdapat keterangan Keuskupan Agung Jakarta telah disiapkan Gereja Odilia untuk mengangkut para rombongan menuju Jakarta.

Salah satu Umat Gereja Santa Odilia Citra Raya, Fransisca mengatakan, dia mengaku senang, antusias, dan merasa beruntung juga dapat kesempatan untuk ikut misa yang dipimpin Paus Fransiskus.

"Tentu saya senang, antusias dan hari ini berangkat bareng rombongan Paroki Citra Raya," kata Fransisca.

Pada kegiatan yang nantinya akan dimulai pada pukul 17.00 WIB di GBK, Fransisca pun sudah mempersiapkan segala beberapa hal seperti perlengkapan kegiatan misa dan kesehatan.

"Aku sudah persiapkan banyak hal, seperti mempersiapkan raga dengan kesehatan, mempersiapkan segala kebutuhan dan perlengkapan sesuai arahan dari gereja, serta hati untuk mengikuti misa spesial bersama Yang Mulia Paus Fransiskus," tutup dia.

 

3 dari 3 halaman

Ada Rekayasa Lalu Lintas di Sekitar GBK Senayan Jakarta saat Misa Paus Fransiskus, Ingat!

Direktorat Lalu Lintas atau Dirlantas Polda Metro Jaya menyiapkan skenario rekayasa lalu lintas di sekitar kawasan Gelora Bung Karno atau GBK Senayan, Jakarta.

Masyarakat pun diimbau untuk mencari jalur-jalur alternatif guna mencegah terjadinya kemacetan saat Misa Paus Fransiskus berlangsung pada Kamis sore (5/9/2024).

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Ade Ary Syam Indradi menerangkan, rekayasa lalu lintas bersifat situasional.

"Diimbau kembali untuk menghindari jalan seputaran Stadion Gelora Bung Karno (GBK) dikarenakan adanya kegiatan Misa Pope Francis Apostolic," kata Ade Ary dalam keterangan tertulis, Kamis (5/9/2024).

Berikut rekayasa lalu lintas yang disiapkan Polda Metro Jaya:

- Arus lalu lintas dari arah Jalan Gatot Subroto yang akan menuju ke Jalan Gerbang Pemuda diarahkan lurus ke arah Slipi

- Arus lalu lintas dari arah Slipi diarahkan lurus ke arah Semanggi, tidak ada yang menuju Layang Ladokgi ke arah Jalan Gerbang Pemuda

- Arus lalu lintas dari arah Bundaran Senayan yang akan menuju Jalan Pintu Satu Senayan diluruskan ke Jalan Jenderal Sudirman arah Semanggi

- Arus lalu lintas dari arah Jalan Mustopo yang menuju ke arah Jalan Asia Afrika di belokkan ke kanan menuju Jalan Hang Tuah Raya

- Arus lalu lintas dari arah Jalan Patal Senayan 1 yang akan menuju ke arah Jalam Asia Afrika di belokkan ke kiri ke Jalan Tentara Pelajar

- Arus lalu lintas dari arah Jalan Tentara Pelajar yang akan menuju Jalan Patal Senayan diluruskan ke arah Jalan Permata Hijau

- Arus lalu lintas dari arah Manggala Wanabakti yang akan menuju Jalan Gelora diluruskan ke arah Jalan Tentara Pelajar

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.