Sukses

Misa Akbar Paus Fransiskus di GBK Senayan, Transjakarta Sediakan 2 Depo Jadi Kantong Parkir

PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) menyediakan dua kantong parkir bagi jemaat yang ingin menghadiri kegiatan Misa Akbar bersama Paus Fransiskus yang akan berlangsung di Gelora Bung Karno (GBK) pada Kamis (5/9/2024).

Liputan6.com, Jakarta - PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) menyediakan dua kantong parkir bagi jemaat yang ingin menghadiri kegiatan Misa Akbar bersama Paus Fransiskus yang akan berlangsung di Gelora Bung Karno (GBK) pada Kamis (5/9/2024).

Kepala Departemen Humas dan CSR Transjakarta Ayu Wardhani menyebut, dukungan yang diberikan ini berdasarkan arahan Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta. Dua kantong parkir itu ada di dua depo Transjakarta yakni Depo Cawang dan Depo Kampung Rambutan.

"Untuk Depo Cawang kami sediakan untuk kapasitas 200 unit bus, dan depo Kampung Rambutan sebanyak 110 bus mulai pukul 06.00-22.00 WIB," ujar Ayu dalam keterangan tertulis, Kamis (5/9/2024).

Ayu menyatakan, dengan tersedianya kantong parkir ini diharapkan bisa memudahkan para jemaat yang ingin menghadiri Misa Akbar Paus Fransiskus, khususnya bagi mereka yang datang dari luar Jakarta.

Dia menyampaikan, setelah dari depo, para jemaat bisa memanfaatkan layanan Transjakarta untuk menuju lokasi Misa Agung di GBK.

"Depo kami sangat dekat dengan layanan Transjakarta regular. Jadi dari lokasi kantong parkir, para jemaat bisa menggunakan layanan kami yang menuju ke GBK, demikian juga selesai acara jemaat bisa menggunakan layanan yang sama untuk kembali menuju kantong parkir yang berada di depo," ucap Ayu.

Selain menyediakan kantong parkir, pihak Transjakarta juga melakukan penambahan total 300 unit armada saat Misa Paus Fransiskus di GBK.

Dukungan ini, kata Ayu diharapkan bisa memudahkan mobilitas masyarakat yang ingin menghadiri Misa Agung bersama Paus Fransiskus.

"Transjakarta siap mendukung kegiatan ini dan memudahkan mobilitas masyarakat yang ingin menuju lokasi acara. Untuk memudahkan perjalanan dan melihat rute dan halte terdekat sangat mudah dengan mengunduh aplikasi TJ Transjakarta dan semua yang dibutuhkan bisa diakses dengan satu genggaman," tutup Ayu.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Ada Rekayasa Lalu Lintas di Sekitar GBK Senayan Jakarta saat Misa Paus Fransiskus, Ingat!

Sebelumnya, Direktorat Lalu Lintas atau Dirlantas Polda Metro Jaya menyiapkan skenario rekayasa lalu lintas di sekitar kawasan Gelora Bung Karno atau GBK Senayan, Jakarta.

Masyarakat pun diimbau untuk mencari jalur-jalur alternatif guna mencegah terjadinya kemacetan saat Misa Paus Fransiskus berlangsung pada Kamis sore (5/9/2024).

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Ade Ary Syam Indradi menerangkan, rekayasa lalu lintas bersifat situasional.

"Diimbau kembali untuk menghindari jalan seputaran Stadion Gelora Bung Karno (GBK) dikarenakan adanya kegiatan Misa Pope Francis Apostolic," kata Ade Ary dalam keterangan tertulis, Kamis (5/9/2024).

Berikut rekayasa lalu lintas yang disiapkan Polda Metro Jaya:

- Arus lalu lintas dari arah Jalan Gatot Subroto yang akan menuju ke Jalan Gerbang Pemuda diarahkan lurus ke arah Slipi

- Arus lalu lintas dari arah Slipi diarahkan lurus ke arah Semanggi, tidak ada yang menuju Layang Ladokgi ke arah Jalan Gerbang Pemuda

- Arus lalu lintas dari arah Bundaran Senayan yang akan menuju Jalan Pintu Satu Senayan diluruskan ke Jalan Jenderal Sudirman arah Semanggi

- Arus lalu lintas dari arah Jalan Mustopo yang menuju ke arah Jalan Asia Afrika di belokkan ke kanan menuju Jalan Hang Tuah Raya

- Arus lalu lintas dari arah Jalan Patal Senayan 1 yang akan menuju ke arah Jalam Asia Afrika di belokkan ke kiri ke Jalan Tentara Pelajar

- Arus lalu lintas dari arah Jalan Tentara Pelajar yang akan menuju Jalan Patal Senayan diluruskan ke arah Jalan Permata Hijau

- Arus lalu lintas dari arah Manggala Wanabakti yang akan menuju Jalan Gelora diluruskan ke arah Jalan Tentara Pelajar

3 dari 4 halaman

Ini Rute Drop Off saat Misa Akbar Paus Fransiskus di Stadion GBK Senayan, Catat!

Sebelumnya, Polri menyiapkan rute penurunan penumpang atau drop off bagi peserta Misa Akbar Paus Fransiskus di Stadion Gelora Bung Karno (GBK) Senayan, Jakarta pada Kamis 5 September 2024.

Karo PID Divhumas Polri Brigjen Tjahyono Saputro mengatakan, rute drop off tersebut disiapkan demi mempermudah para peserta memasuki lokasi Misa Akbar Paus Fransiskus. Terlebih, mereka tidak diperkenankan untuk membawa kendaraan roda empat.

"Agar seluruh bus atau LO wajib mengikuti arahan petugas Kepolisian dan Dinas Perhubungan serta petugas lainnya," ujar Tjahyono kepada wartawan, Rabu 4 September 2024.

Nantinya, kata dia, rombongan bus akan melakukan menurunkan penumpang di beberapa pintu Stadion GBK. Setelahnya, kendaraan diparkir di sembilan kantong parkir yang telah disiapkan Polri.

"Dalam hal ini, tentu kita semuanya mengharapkan kegiatan tersebut dapat berjalan dengan aman dan lancar," kata Kasatgas Humas Ops Tribrata Jaya 2024 itu.

Adapun rute drop off saat Misa Akbar bersama Paus Fransiskus di Stadion GBK Senayan, Jakarta, adalah sebagai berikut:

  • Bus yang datang dari arah Timur – keluar Tol Dalam Kota di Offramp Cakra – Jl. Gatot Subroto – turun samping Simpang Susun Semanggi Arah Selatan – Jl. Jenderal Sudirman – putar arah di Bundaran Senayan – Jl. Jenderal Sudirman – Drop Off Pintu 5 GBK – Drop Off Pintu 6 GBK – Drop Off Pintu 7 GBK
  • Bus yang dari arah Barat Keluar Tol Dalam Kota di Offramp Senayan – Jl. Gatot Subroto – naik Layang Ladogi – Jl. Gerbang Pemuda – Masuk Pintu 10 – Drop Off Pintu 10 GBK – Drop Off Pintu 1 GBK

 

4 dari 4 halaman

Rute Drop Off Selanjutnya

Rute GBK – PPK Kemayoran:

  • Drop Off GBK – Jl. Jenderal Sudirman – Jl. Gatot Subroto – Masuk Gerbang Tol Senayan – Tol Dalam Kota – Interchange Pluit – Tol Pelabuhan Off Ramp Ancol Barat – Jl. Benyamin Sueb – Berputar Di lingkaran kecil Bundaran Spring Hill – Jl. Benyamin Sueb – Parkir PPK Kemayoran (C.3)
  • Drop Off GBK – Jl. Jend. Sudirman – Jl. Gatot Subroto – Masuk Gerbang Tol Senayan – Tol Dalam Kota – Interchange Pluit – Tol Pelabuhan Off Ramp Ancol Barat – Jl. Benyamin Sueb – Berputar di Lingkaran Kecil Bund. Spring Hill – Jl. Benyamin Sueb – Jl. Rajawali Selatan Utara – Parkir PPK Kemayoran (C.4)
  • Drop Off GBK – Jl. Jenderal Sudirman – Jl. Gatot Subroto – Masuk Gt. Senayan – Tol Dalam Kota – Interchange Pluit – Tol Pelabuhan Off Ramp Ancol Barat – Jl. Benyamin Sueb – Jl. Hbr Motik – Parkir PPK Kemayoran (D.10)

Rute GBK – Parkir Aldiron, Smesco, Museum Purna Bhakti Pertiwi TMII, Parkir PPD Kramat Raya, Pool Transjakarta Cawang:

  • Drop Off GBK – Jl. Jenderal Sudirman – melingkar Semanggi – Jl. Gatot Subroto – Memutar di traffic light Pancoran – Jl. Gatot Subroto – Parkir Aldiron
  • Drop Off GBK – Jl. Jendral Sudirman – Melingkar Semanggi – Jl. Gatot Subroto – Memutar Di Tl. Pancoran – Jl. Gatot Subroto – Parkir Smesco
  • Drop Off GBK – Jl. Jenderal Sudirman – Melingkar Semanggi – Masuk Gerbang Tol Semanggi 2 – Tol Dalam Kota – Tol Jagorawi – Offramp Taman Mini 1 traffic light Garuda – Jl. Taman Mini 1 – Pintu 1 TMII – Parkir Museum Purna Bhakti Pertiwi TMII
  • Drop Off GBK – Jl. Jenderal Sudirman – Bundaran HI – Jl. MH Thamrin – Bundaran Patung Kuda – Jl. Medan Merdeka Selatan – Jl. MI Ridwan Rais – Jl. Arief Rachman Halim – Jl. Kramat Kwitang – Simpang Lima Senen – Jl. Kramat Raya – Parkir PPD Kramat Raya
  • Drop Off GBK – Jl. Jenderal Sudirman – Melingkar Semanggi – Masuk Gerbang Tol Semanggi 2 – Tol Dalam Kota – Off Ramp Cawang – Jl. MT Haryono – Jl. Mayjen Sutoyo – Parkir Pool Transjakarta Cawang.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.