Sukses

Jokowi Akan Pakai Innova Zenix saat Misa Akbar Paus Fransiskus di GBK, Ini Alasannya

Istana menilai Jokowi menggunakan Innova Zenix sebagai bentuk penghormatan sebab Paus Fransiskus menggunakan jenis mobil yang sama.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi akan menggunakan mobil Toyota Innova Zenix saat melepas Paus Fransiskus pada acara Misa Akbar di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK) Jakarta, Kamis (5/9/2024). Mobil ini sama seperti yang digunakan Paus Fransiskus selama kunjungan ke Indonesia.

Kepala Kantor Komunikasi Kepresidenan Hasan Nasbi mengatakan ini bukan kali pertamanya Jokowi menggunakan Innova Zenix saat kegiatan kepresidenan. Dia menilai Jokowi menggunakan Innova Zenix sebagai bentuk penghormatan sebab Paus menggunakan jenis mobil yang sama.

"Kalau (Jokowi) datang menghadiri misa Paus dengan kendaraan itu juga wajar sebab Paus juga menggunakan kendaraan yang sama," kata Hasan kepada wartawan, Kamis (5/9/2024).

"Itu bentuk penghormatan," sambungnya.

Dia menekankan pentingnya mencari persamaan daripada mengekspresikan perbedaan dalam diplomasi dan komunikasi. Hal ini sama seperti Jokowi menggunakan warna baju spesifik saat menghadiri acara partai politik.

"Sama seperti ketika menghadiri acara partai, presiden juga hampir selalu menggunakan pakaian yang senada dengan warna partai tersebut. Agar secara emosional jadi lebih dekat, dan komunikasi pun bisa berjalan lebih hangat," jelas Hasan.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo atau Jokowi menggunakan mobil Innova Zenix saat pulang dari Jakarta ke Istana Kepresidenan Bogor Jawa Barat, Rabu (4/9/2024). Padahal, Jokowi sering terlihat menggunakan mobil Mercedes bewarna hitam saat menjalani kegiatan kepresidenan di Jakarta dan Bogor.

"Iya betul sekali. (Innova Zenix) Itu kendaraan Bapak," kata Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Yusuf Permana kepada wartawan, Rabu (4/9/2024).

Hal ini disampaikan Yusuf menanggapi beredarnya foto mobil iring-iringan pengawalan kendaraan Jokowi yang menggunakan Toyota Innova Zenix bewarna hitam. Mobil tersebut melintas di salah satu jalan Jakarta dengan menggunakan pelat RI-1.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Bukan Pertama Kalinya

Yusuf menyampaikan ini bukan kali pertamanya Jokowi menggunakan Innova Zenix. Menurut dia, Jokowi menggunakan mobil tersebut biasa dipakai saat melakukan kegiatan diam-diam atau incognito.

"Pada kegiatan-kegiatan tertentu yang bersifat incognito, sering sekali beliau menggunakan kendaraan Innova," jelasnya.

Selain itu, kata dia, Jokowi juga beberapa kali menggunakan mobil Toyota Fortuner saat kunjungan kerja ke daerah. Mobil tersebut digunakan apabila medan yang ditempuh berat.

"Fortuner juga sering digunakan saat Kunker ketika medannya berat. Artinya berganti kendaraan adalah hal yang biasa kami lakukan," tutur Yusuf.

Seperti diketahui, Pemimpin Tertinggi Gereja Katolik, Paus Fransiskus menggunakan mobil Toyota Kijang Innova Zenix Hybrid berwarna putih selama kunjungan ke Indonesia pada 3-6 September 2024. Mobil tersebut juga digunakan Paus saat bertemu Jokowi di Istana Merdeka Jakarta, Rabu (4/9/2024).

3 dari 3 halaman

Ada Rekayasa Lalu Lintas di Sekitar GBK Senayan Jakarta saat Misa Paus Fransiskus, Ingat!

Direktorat Lalu Lintas atau Dirlantas Polda Metro Jaya menyiapkan skenario rekayasa lalu lintas di sekitar kawasan Gelora Bung Karno atau GBK Senayan, Jakarta.

Masyarakat pun diimbau untuk mencari jalur-jalur alternatif guna mencegah terjadinya kemacetan saat Misa Paus Fransiskus berlangsung pada Kamis sore (5/9/2024).

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Ade Ary Syam Indradi menerangkan, rekayasa lalu lintas bersifat situasional.

"Diimbau kembali untuk menghindari jalan seputaran Stadion Gelora Bung Karno (GBK) dikarenakan adanya kegiatan Misa Pope Francis Apostolic," kata Ade Ary dalam keterangan tertulis, Kamis (5/9/2024).

Berikut rekayasa lalu lintas yang disiapkan Polda Metro Jaya:

- Arus lalu lintas dari arah Jalan Gatot Subroto yang akan menuju ke Jalan Gerbang Pemuda diarahkan lurus ke arah Slipi

- Arus lalu lintas dari arah Slipi diarahkan lurus ke arah Semanggi, tidak ada yang menuju Layang Ladokgi ke arah Jalan Gerbang Pemuda

- Arus lalu lintas dari arah Bundaran Senayan yang akan menuju Jalan Pintu Satu Senayan diluruskan ke Jalan Jenderal Sudirman arah Semanggi

- Arus lalu lintas dari arah Jalan Mustopo yang menuju ke arah Jalan Asia Afrika di belokkan ke kanan menuju Jalan Hang Tuah Raya

- Arus lalu lintas dari arah Jalan Patal Senayan 1 yang akan menuju ke arah Jalam Asia Afrika di belokkan ke kiri ke Jalan Tentara Pelajar

- Arus lalu lintas dari arah Jalan Tentara Pelajar yang akan menuju Jalan Patal Senayan diluruskan ke arah Jalan Permata Hijau

- Arus lalu lintas dari arah Manggala Wanabakti yang akan menuju Jalan Gelora diluruskan ke arah Jalan Tentara Pelajar

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini