Sukses

Banyuwangi Punya Kantor BPN Ramah Lansia dan Disabilitas, Dilengkapi Loket Khusus

Kantor Badan Pertanahan Nasional (BPN) Banyuwangi kini dilengkapi dengan fasilitas-fasilitas yang ramah bagi lansia dan disabilitas.

Liputan6.com, Banyuwangi Kantor-kantor pelayanan publik di Banyuwangi kini semakin ramah bagi para lanjut usia dan disabilitas. Terbaru, kantor Badan Pertanahan Nasional (BPN) Banyuwangi dilengkapi dengan fasilitas-fasilitas yang ramah bagi lansia dan disabilitas.

Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani mengucap syukur alhamdulillah dan terima kasih kepada BPN Banyuwangi yang telah mendesain kantor dan memberikan pelayanan yang ramah bagi teman difabel dan lansia.

"Kantor ini (BPN) inklusif bisa diakses lansia dan teman disabilitas dengan mudah dan nyaman," kata Ipuk Fiestiandani saat meresmikan kantor BPN Inklusif di Kantor BPN Banyuwangi, Singotrunan, Kamis (5/9/2024).

Ipuk menegaskan sejak menjabat sebagai Bupati kantor-kantor pelayanan publik dibangun dengan konsep ramah difabel dan lansia.

"Sejak kami menjabat, kantor-kantor pelayanan publik seperti MPP (Mal Pelayanan Publik), OPD (Organisasi Perangkat Daerah), kelurahan, kecamatan, serta ruang-ruang publik dan sejumlah destinasi wisata di Banyuwangi dibangun dengan konsep ramah difabel dan lansia,' jelas Ipuk.

Ipuk mengapresiasi apa yang dilakukan oleh BPN Banyuwangi. Di kantor BPN kini telah dilengkapi dengan fasilitas ramah kelompok rentan. Seperti pagar pegangan untuk lansia, guiding block, dan kursi roda. Ada pula alat bantu dengar, tongkat, dan loket khusus untuk lansia dan disabilitas. Selain itu juga ada ruang laktasi dan tempat bermain anak.

“Bahkan juga dilengkapi dengan petugas yang akan membantu dan bisa menggunakan bahasa isyarat. Terima kasih BPN,” imbuhnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pemkab Aktif Gulirkan Program Pro Difabel

Ipuk menyebut pemkab juga telah menggulirkan berbagai program pro-difabel. Di bidang pendidikan, ada program Agage Pintar yang mewajibkan sekolah menerima pendaftaran anak berkebutuhan khusus (ABK) hingga beasiswa Banyuwangi Cerdas bagi siswa difabel yang berprestasi.

Banyuwangi juga rutin menggelar "Festival Kita Bisa" sebagai ruang bagi para difabel untuk mengekspresikan diri serta menampilkan bakat minat mereka. Untuk pemenuhan hak sipil, digulirkan program Go on Document (Godoc) dari rumah ke rumah untuk memberikan kemudahan kepada para difabel dalam proses pembuatan dokumen kependudukan.

“Tak hanya itu sejak beberapa tahun terakhir kami juga membuka jalur khusus difabel dalam rekrutmen ASN di Banyuwangi. Bahkan, perusahaan swasta juga kami dorong untuk membuka lowongan kerja untuk mereka. Ini sebagai bentuk dukungan pemkab kepada para difabel,” kata Ipuk.

3 dari 3 halaman

Program Jemput Bola "Lapis Ketan"

Kepala BPN Banyuwangi, Mahmud Effendi, mengatakan selain melengkapi kantor dengan fasilitas ramah difabel dan lansia, pihaknya juga menghadirkan program jemput bola "Lapis Ketan" (layanan prioritas kelompok rentan).

"Jadi nanti pemohon cukup datang sekali dan dokumennya akan dikirim ke rumah. Selain itu untuk proses pengurusan dokumen panjang seperti pengukuran tanah, kami bantu hingga selesai tanpa harus ke kantor pelayanan," kata Mahmud.

Mahmud memastikan pelayanan bukan hanya berfokus pada sarana dan prasarana, teller yang disiapkan juga memiliki keahlian bahasa isyarat.

"Kami juga memberikan pemahaman inklusif kepada setiap staf, untuk memberikan pelayanan yang nyaman," jelas Mahmud.

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini