Sukses

Gunakan Innova Zenix, Presiden Jokowi Tiba di GBK Hadiri Misa Akbar Paus Fransiskus

Presiden Jokowi terlihat menaiki mobil Toyota Innova Zanix berwarna hitam.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) tiba di stadion Madya GBK, Senayan, Jakarta, untuk menghadiri Misa Akbar Paus Fransiskus, Kamis (5/9).

Presiden Jokowi terlihat menaiki mobil Toyota Innova Zanix berwarna hitam. Sesampainya Presiden Jokowi di Madya GBK langsung disambut Mensesneg Pratikno, Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan, Panglima TNI Jenderal Agus Subianto, Kapolri Jenderal Listyo Sigit.

Presiden Jokowi yang tiba sekitar pukul 15.50 WIB mengenakan batik berwarna coklat dengan corak putih. Sebelum memasuki Madya GBK, Presiden Jokowi sempat berbincang santai dengan Luhut.

Sebelumnya, Kepala Komunikasi Presiden Hasan Hasbi mengatakan, mobil Innova Zenix yang digunakan Presiden Jokowi merupakan hal yang wajar.

Kesamaan dengan mobil yang digunakan dengan Paus Fransiskus sangat penting dalam diplomasi dan komunikasi.

"Kalau datang menghadiri misa Paus dengan kendaraan itu juga wajar sebab paus juga menggunakan kendaraan yang sama. Mencari persamaan ketimbang mengekspresikan perbedaan sangat penting dalam diplomasi dan komunikasi," kata Hasan Hasbi, saat dikonfirmasi, Kamis (5/9).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bentuk Penghormatan

Selain itu, Hasan Hasbi menilai kesamaan mobil yang digunakan Presiden Jokowi sebagai bentuk penghormatan kepasa Paus Fransiskus.

"Itu bentuk penghormatan," ujar dia.

Lebih lanjut, dia pun mencontohkan, saat Presiden Jokowi hadir dalam acara partai, kepala negara itu selalu menggunakan baju yang memiliki warna yang sama dengan partai tersebut.

"Sama seperti ketika menghadiri acara partai, presiden juga hampir selalu menggunakan pakaian yang senada dengan warna partai tersebut. Agar secara emosional jadi lebih dekat, dan komunikasi pun bisa berjalan lebih hangat," imbuh Hasan Hasbi.

Sumber: Alma Fikhasari/Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini