Sukses

Cegah Kepadatan, Jadwal Pulang Jemaat Misa Akbar Paus Fransiskus di GBK Diatur 2 Kloter

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Ade Ary Syam Indradi menerangkan, kepulangan jemaat dari Misa Akbar bersama Paus Fransiskus di GBK dibagi dua kloter yakni pada pukul 19.00 WIB hingga pukul 21.00 WIB dan pukul 21.00 WIB hingga selesai.

Liputan6.com, Jakarta - Polisi mengatur jadwal pemulangan umat Katolik usai mengikuti ibadah Misa Akbar bersama Pemimpin Gereja Katolik Sedunia, Paus Fransiskus di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta Pusat, Kamis (5/9/2024). Ada dua skenario yang disiapkan guna mencegah terjadi penumpukan.

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Ade Ary Syam Indradi menerangkan, kepulangan jemaat dari GBK dibagi dua kloter yakni pada pukul 19.00 WIB hingga pukul 21.00 WIB dan pukul 21.00 WIB hingga selesai.

"Nanti kepulangan pertama itu dimulai jam 19.00 itu dijemput, baru kemudian nanti bergerak, ada dua yang pertama jam 19:00-21:00 WIB. Kedua jam 21:00 WIB ke atas," kata dia di lokasi, Kamis (5/9/2024).

Ade Ary mencatat, sekitar 1.500 bus datang ke beberapa pintu masuk/keluar GBK baik dari arah timur, utara, dan tenggara. Sehingga, setelah acara misa akbar selesai, jemaat bisa dijemput di titik-titik yang sudah ditentukan.

"Iya dibagi dua kloter," ucap dia.

Ade Ary mengatakan, kepolisan juga menyiapkan rekayasa lalu lintas di sekitar kawasan GBK, Senayan, Jakarta. Namun rekayasa lalu lintas ini bersifat situasional.

"Apabila ada yang mengarah sini akan diluruskan Semanggi kalau dari arah Bunderan Senayan. Yang dari daerah Mustopo dibelokkan ke Hang Tuah Raya. Ada juga dari arah timur Gatot Subroto diteruskan ke arah Slipi," ucap dia.

Ade Ary mengimbau kepada jemaat Misa Akbar Paus Fransiskus untuk mengikuti arahan dari petugas di lapangan. Hal ini demi kelancaran lalu lintas pada saat kembali ke kediaman masing-masing. "Itu juga mohon, petugas kami ada di lapangan tolong diikuti petunjuk dan arahan petugas kami di lapangan supaya semua bisa lancar," ucap dia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Paus Fransiskus Naik Maung Keliling GBK

Paus Fransiskus telah tiba di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK) untuk memimpin misa akbar pada Kamis (5/9/2024). Sekitar 90 ribu umat Katolik mengikuti misa tersebut, tersebar di stadion utama dan stadion madya.

Menaiki mobil Maung buatan PT Pindad, Paus Fransiskus berkeliling menyapa umat yang tersebar di dua stadion. Ia didampingi oleh Uskup Agung Kardinal Suharyo.

Berdasarkan pantauan Liputan6.com di lokasi, selama berkeliling, yel-yel penyambutan hingga lagu rohani berjudul “Kristus Jaya” dan “Ave Maria” turut mengiringi. Dalam momen tersebut, Paus Fransiskus memberkati umat yang memadati stadion dengan membuat tanda salib, bahkan memberkati beberapa umat yang berada di dekatnya.

Adapun Misa akbar bersama Paus Fransiskus berlangsung pukul 17.00-18.30 WIB.

  

3 dari 3 halaman

Jokowi Hadiri Misa Pakai Innova Zenix

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) ikut menyambut kedatangan Paus Fransiskus di Stadion Gelora Bung Karno (GBK) jelang Misa Akbar, Kamis (5/9/2024).

Presiden Jokowi terlihat menaiki mobil Toyota Innova Zenix berwarna hitam. Sesampainya Presiden Jokowi di Madya GBK langsung disambut Mensesneg Pratikno, Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan, Panglima TNI Jenderal Agus Subianto, Kapolri Jenderal Listyo Sigit.

Sementara Paus Fransiskus tiba di kawasan GBK sekitar pukul 4.10 WIB. Ia datang dari Kedutaan Besar Vatikan.

Jokowi segera menghampiri Paus Fransiskus untuk turun dari mobilnya dan mengantarnya naik mobil Maung buatan PT Pindad yang membawanya berkeliling menghampiri hampir 90 ribu umat Katolik yang hadir.

Mobil tersebut tidak memiliki atap sehingga Paus bisa menyapa umat Katolik dari kendaraannya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.