Sukses

Kenang Julukan Bang Yos Lahir dari Rano Karno, Sutiyoso: Terima Kasih Si Doel

Sutiyoso bercerita, julukan Bang Yos lahir ketika momen pindahan dari rumah dinas Pangdam Jaya ke rumah dinas Gubernur DKI Jakarta. Saat itu, Sutiyoso diantar Rano Karno alias Si Doel, Mandra, hingga Maudy Koesnaedi alis Zaenab menggunakan andong dan oplet.

Liputan6.com, Jakarta - Mantan Gubernur DKI Jakarta Sutiyoso alias Bang Yos mengaku memiliki banyak kenangan bersama bakal calon wakil gubernur Jakarta dari PDIP, Rano Karno.

Bahkan, Sutiyoso menyampaikan rasa terima kasih kepada Rano Karno karena telah memberikan nama panggilan 'Bang Yos' yang terkenal hingga saat ini.

Bang Yos sendiri mengenang masa-masa itu saat dirinya akan berpindah rumah dinas dari Jalan Teuku Umar ke Jalan Taman Suropati, Menteng, Jakarta Pusat.

Pada saat itu, 'Si Doel' sapaan akrab Rano Karno melakukan inisiasi acara pawai menjadi Gubernur DKI Jakarta dengan menaiki andong dan dikawal kendaraan oplet.

"Si Doel, sama Mandra sama ceweknya siapa Zainab dia yang rancang Bang Yos pindah. Pak Sutiyoso pindahnya harus dengan adat Betawi. Saya disuruh naik andong, barang-barang saya dimasukkan di opletnya Si Doel disupirin Mandra. Itu sangat terkenang sekali bagi saya," kata Bang Yos di Museum Jatisampurna, Bekasi, Jawa Barat, Kamis (5/9/2024).

"Dan yang paling apa namanya terkesan enggak pernah saya lupakan adalah nama Bang Yos adalah yang ngasih itu Si Doel itu yang ngasih nama Bang Yos. Begitu lebih dikenal dari nama saya aslinya, ya sampai cucu saya kalau ditanya kamu cucu siapa cucunya Bang Yos, ya terima kasih ya Si Doel ya," sambung dia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Cerita di Balik Panggilan Bang Yos

Sementara itu, Rano Karno mengamini bahwa asal usul nama 'Bang Yos' memang tercipta dari dirinya.

Menurutnya, pada saat itu Sutiyoso menjabat Panglima Kodam Jaya pada periode 1993-1997 dan akhirnya terpilih untuk memimpin ibu kota pada 1997 menggantikan Soerjadi Soedirdja.

Saat menjadi Gubernur itulah Sutiyoso meminta saran kepada Rano untuk mencari sebutan panggilan kepada dirinya agar familiar kepada masyarakat.

"Bahwa memang sebutan Bang Yos, pada waktu itu Pak Sutiyoso bertanya kepada saya. Waktu kita mengantar pindahan dari rumah Pangdam Jaya ke rumah gubernur. Bang Yos nanya, Doel, aku bagus dipanggil apa? Apa Bang Yoso? Enggak ada Bang Yoso di Betawi," kata Rano.

"Abang cocoknya Bang Yos? Cocok tuh, cocok. Pendek amat, pendek tapi mantap," imbuhnya.

 

Reporter: Alma Fikhasari

Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.