Sukses

Melalui Bandara Soetta, Paus Fransiskus Terbang Tinggalkan Indonesia ke Papua Nugini

Pimpinan umat Katolik dunia, Paus Fransiskus tiba di Gedung VIP Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Bandara Soetta), Tangerang, Banten, Jumat (6/9/2024).

Liputan6.com, Jakarta - Pimpinan umat Katolik dunia, Paus Fransiskus tiba di Gedung VIP Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Bandara Soetta), Tangerang, Banten, Jumat (6/9/2024).

Rencananya, Paus Fransiskus akan meninggalkan Indonesia untuk menuju Papua Nugini.

Paus Fransiskus ditemani sejumlah staf dan delegasi langsung menuju landasan pesawat sekitar pukul 10.00 WIB dengan menumpangi Innova Zenix berwarna putih.

Lalu, Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil juga turut menyambut kedatangan Bapa Suci tersebut. Sementara, pintu gerbang samping Gedung VIP sudah ditutup oleh Polisi.

Di atas landasan, pesawat Garuda Indonesia dengan nomor penerbangan GA7780, sudah siap di landasan.

Para uskup dan protokoler dari Vatikan, dan juga Direktur Utama Garuda Indonesia, Irfan Setiaputra, juga sudah memenuhi area pesawat sejak 30 menit sebelum kedatangan Paus Fransiskus.

Sementara, sebelum naik pesawat, Paus Fransiskus menjalani perpisahan. Satu persatu rombongan menaiki pesawat Garuda Indonesia.

Lalu, sekitar pukul 10.22 WIB, pesawat Garuda Indonesia yang ditumpangi rombongan Paus Fransiskus, siap lepas landas, meninggalkan Indonesia untuk menuju Papua Nugini

Berdasarkan data yang diterima, perwakilan negara dan pemerintah yang hadir melakukan perpisahan di Gedung VIP Terminal 3 yakni, Menteri Agama Yaqut Chalil Qaumas, Dewan Pertimbangan Presiden Gandi Sulistiyanto, Duta Besar Indonesia untuk Tahta Suci Michael Trias Kuncahyono.

Kemudian perwakilan Vatikan, Uskup Agung Jakarta Karnidal Ignatius Suharyo, Ketua Konferensi Waligereja Indonesia Mgr. Antonius Subianto Bunyamin, Duta Besar Tahta Suci untuk Indonesia Uskup Piero Pioppo, Sekretaris Kedutaan Tahta Suci Vatican Pastur Michael Andrew Pawlowicsz, dan Ketua Panitia Kunjungan Apostolik Paus Fransiskus ke Indonesia Ignatius Jonan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Paus Fransiskus Menuju Bandara Soekarno Hatta, Polisi Pastikan Tidak Ada Pengalihan Arus

Sebelumnya, Polres Bandara Soekarno-Hatta memastikan tidak ada pengalihan arus dalam rute kedatangan Paus Fransiskus ke Bandara Soekarno-Hatta. Pimpinan umat Katolik Sedunia itu, akan meninggalkan Indonesia untuk bertolak ke Papua Nugini.

"Tidak ada pengalihan, semua normal ketika rombongan datang. Hanya saja kalau ada persimpangan kita tutup sementara saja," kata Wakapolres Bandara Soekarno-Hatta AKBP Ronald Sipayung, Jumat (6/9/2024).

Dalam pengamanannya, Polres Bandara Soetta, menerjunkan 675 personel gabungan, mulai dari jalur masuk bandara, area sekitaran VIP room, Terminal 2, parimeter utara selatan, dan beberapa lokasi lainnya.

"Pengamanan terbuka dan tertutup, mulai dari jalur masuk bandara, area sekitaran VIP room, terminal 2, parimeter utara selatan, dan beberapa lokasi lainnya dengan total personel 675 orang," ucap Ronald.

Untuk saat ini, pantauan di tepi landasan Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta, pesawat Airbus 330 milik Garuda Indonesia, sudah stanby di landasan. Para protokoler pengamanan Vatikan dan uskup, juga sudah berada di sekitar pesawat, untuk pengecekan terakhir sebelum Paus Fransiskus menaiki pesawat tersebut.

Pengamanan di Gedung VIP pun lebih diperketat, yakni pintu gerbang samping sudah ditutup total oleh polisi. Sementara warga pun masih terlihat di luar pagar setia menanti kedatangan Paus Fransiskus.

 

3 dari 3 halaman

Warga Tetap Berkumpul untuk Melihat Paus Fransiskus di Gedung VIP Bandara Soetta

Sementara itu, warga terlihat mendatangi Gedung VIP Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno Hatta, Jumat (6/9/2024). Mereka datang sejak pukul 07.00 WIB pagi, untuk melihat dan mendapat berkat dari pimpinan umat Katolik dunia, Paus Fransiskus.

"Saya sudah di sini dari jam 7 pagi tadi, rumah saya di Jakarta. Mudah-mudahan bisa melihat Bapa sebelum naik pesawat," ujar Cinthya, salah seorang warga yang datang.

Dia mengaku, pada saat Misa Akbar Holy Mass di Gelora Bung Karno, tak mendapatkan tiket masuk. Sebab, setiap perkumpulan hanya dijatah 2 sampai 3 perwakilan saja.

"Saya juga maklum, karena se Indonesia juga yang hadir. Jadi pasti hanya tiap-tiap perwakilannya saja," katanya.

Meski begitu, Cinthya mengaku bersyukur Paus Fransiskus bisa menginjakkan kaki di Indonesia dan memberi berkatnya kepada negara ini.

Paus Fransiskus dijadwalkan meninggalkan Indonesia, setelah lawatannya selama 3 hari. Rencananya, Paus Fransiskus akan bertolak ke Bandara Soekarno Hatta dari Jakarta pukul 08.45 WIB.

Paus diperkirakan tiba pada pukul 09.15 WIB. Nantinya, akan ada Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas yang menyambut dan memberikan salam perpisahan.

Lalu, Paus Fransiskus akan meninggalkan Indonesia dengan menumpang pesawat Garuda Indonesia menuju Papua Nugini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.