Sukses

Blusukan ke Pasar di Jawa Timur, Jokowi Pamit Bulan Depan Pensiun Jadi Presiden

Selain berbelanja, Jokowi bersama Ibu Negara Iriana juga memberikan bantuan sembako kepada pedagang. Pedagang dan masyarakat pun sangat antusias menyambut kedatangan Jokowi.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi blusukan ke Pasar Soponyono, Surabaya, Jawa Timur, Jumat (6/9/2024). Jokowi mengaku momen ini sekaligus untuk berpamitan kepada masyarakat karena dirinya akan purna tugas sebagai presiden pada 20 Oktober 2024.

"Ya kan ini pas ke masyarakat sambil pamit kan bulan depan sudah purna tugas," kata Jokowi kepada wartawan usai blusukan di Pasar Soponyono, Surabaya, Jawa Timur, Jumat.

Selain berbelanja, Jokowi bersama Ibu Negara Iriana juga memberikan bantuan sembako kepada pedagang. Pedagang dan masyarakat pun sangat antusias menyambut kedatangan Jokowi.

Saat Jokowi membagi-bagikan baju, masyarakat berebutan mengambilnya. Jokowi juga meladeni masyarakat yang ingin berswafoto dengannya.

"Nggih, pangapunten. Nggih," ucap Jokowi menggambarkan respon masyarakat saat dirinya berpamitan

Disisi lain, Jokowi menilai harga-harga kebutuhan pokok di Pasar Soponyono cukup terkendali. Dia mengatakan harga kebutuhan pangan mayoritas mengalami penurunan.

"Tadi kita cek kayak bawang merah biasanya di atas 40 (ribu), tadi saya cek 25.000 bawang merah. Kemudian telur juga 24.000 ya untuk harga pangan ini sebagian ada yang turun dan yang naik saya lihat enggak ada," jelas Jokowi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Risma dan Pramono Mundur, Jokowi Beri Sinyal Reshuffle Kabinet

Presiden Joko Widodo atau Jokowi membuka peluang kembali melakukan reshuffle atau perombakan kabinet Indonesia Maju dalam waktu dekat. Hal ini usai dua menterinya memutuskan mundur dari jabatan karena ikut kontestasi Pilkada 2024.

Dua menteri itu yakni, Pramono Anung yang mundur dari jabatan Sekretaris Kabinet karena ikut kontenstasi Pilkada Jakarta 2024. Kemudian, Tri Rismaharini yang mundur dari Menteri Sosial, usai maju Pilkada Jawa Timur 2024.

"Ya bisa (reshuffle kabinet dalam waktu dekat)," kata Jokowi kepada wartawan di Flyover Djuanda, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur, Jumat (6/9/2024).

Jokowi sendiri telah menerima surat pengunduran diri Pramono Anung dan Risma. Namun, Jokowi belum menyetujui pengunduran diri Pramono Anung.

Disisi lain, dia telah menyetujui pengunduran diri Risma sebagai Mensos. Jokowi akan segera menetapkan Mensos pengganti Risma.

"Saya sudah saya tandatangani keputusan utk pemberhentiannya (Risma), tetapi penggantinya nanti sebentar lagi," jelas Jokowi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

Video Terkini