Sukses

Jokowi Resmikan Flyover Djuanda, Jembatan, hingga Jalan di Jatim, Total Anggaran Capai Rp2,1 Triliun

Jokowi menyebut, 9 jembatan calender hamilton dengan panjang 797 meter menelan biaya hingga Rp1,4 triliun. Jembatan ini tersebar di delapan kabupaten/kota yang ada di Provinsi Jawa Timur.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi meresmikan Flyover Djuanda, 9 Jembatan Calender Hamilton, dan jalan daerah di Jawa Timur (Jatim), Jumat (6/9/2024). Total biaya yang dihabiskan untuk pembangunan sejumlah infrastruktur tersebut mencapai Rp2,1 triliun.

"Alhamdullilah pada pagi hari ini yang pertama akan kita resmikan Flyover Djuanda yang dibangun sejak tahun 2022 menelan anggaran biaya Rp363 miliar," kata Jokowi saat peresmian di Flyover Djuanda, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur, Jumat (6/9/2024).

Sementara itu, kata dia, 9 jembatan calender hamilton dengan panjang 797 meter menelan biaya hingga Rp1,4 triliun. Jembatan ini tersebar di delapan kabupaten/kota yang ada di Provinsi Jawa Timur.

"(Di) Kediri, Kota Blitar, Kabupaten Tulungagung, di Kabupaten Pacitan, dan Kabupaten Trenggalek, Kabupaten Bojonegoro, dan Kota Jember, dan Kabupaten Banyuwangi," ujarnya.

Kemudian, pembangunan 11 ruas jalan daerah di Jawa Timur sepanjang 66 kilometer menghabiskan anggaran Rp379 miliar. Pembangunan jalan daerah ini tersebar di 8 kabupaten/kota di Jatim.

"Di Kabupaten Pamekasan, Sampang, Sumenep, Pasuruan, Jombang, Gresik, Sidoarjo, Lamongan," ucap Jokowi.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Konektivitas Semakin Baik

Menurut dia, pembangunan dan perbaikan infrastruktur di berbagai daerah dilakukan agar konektivitas semakin baik sehingga mobilitas masyarakat menjadi lancar.

Dengan begitu, biaya logistik semakin murah serta efisien dan membuat ekonomi daerah maju.

"Saya yakin dengan infrastruktur yang semakin baik, pengoperasian flyover, jembatan, dan ruas jalan yang tadi saya sampaikan pergerakan orang dan barang di jawa timur semakin lancar, daya saing dan pertumbuhan ekonomi juga akan mengalami peningkatan," jelas Jokowi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini