Sukses

Kunjungi Pasar Soponyono di Surabaya, Jokowi: Inflasi Pangan Terkendali dengan Baik

Jokowi mengecek stabilitas harga bahan pokok dan memberikan sejumlah bantuan bagi pedagang saat mengunjungi Pasar Soponyono di Kota Surabaya, Jawa Timur, Jumat (6/9/2024).

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) beserta Ibu Iriana Jokowi mengunjungi Pasar Soponyono di Kota Surabaya, Jawa Timur, Jumat (6/9/2024). Dalam kunjungan tersebut, Jokowi mengecek stabilitas harga bahan pokok dan memberikan sejumlah bantuan bagi pedagang.

Usai peninjauan, Jokowi menyampaikan bahwa inflasi pangan di Indonesia berada dalam kondisi yang baik. Menurutnya, harga sejumlah bahan pangan pokok mengalami penurunan yang signifikan, salah satunya bawang merah yang biasa dijual di atas Rp40 ribu per kilogram, kini hanya Rp25 ribu per kilogram.

"Saya kira baik ya. Jadi inflasi inti kita terutama pangan itu pada kondisi yang baik," ujar Jokowi.

Selain bawang merah, ia mengamati harga telur yang saat ini mencapai Rp24 ribu per kilogram. Menurutnya, selama empat bulan terakhir pasokan pangan mencukupi dan distribusi berjalan lancar sehingga berdampak pada stabilitas harga.

"Kalau inflasi itu berada pada posisi deflasi selama empat bulan saya kira karena pasokannya cukup, distribusinya baik," katanya.

Sejumlah pedagang di pasar tersebut menyebut bahwa sejumlah komoditas mengalami penurunan, meski ada yang mengalami kenaikan. Laila misalnya, pedagang yang disambangi Presiden dan Ibu Iriana, menyebut bahwa harga bawang merah mulai turun.

"Lumayan sih cabai yang naik sekarang, bawang merah sudah mulai turun. Kalau bawang putih stabil," ujarnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jokowi Resmikan Flyover Djuanda, Jembatan, hingga Jalan di Jatim, Total Anggaran Capai Rp2,1 Triliun

Presiden Joko Widodo atau Jokowi meresmikan Flyover Djuanda, 9 Jembatan Calender Hamilton, dan jalan daerah di Jawa Timur (Jatim), Jumat (6/9/2024). Total biaya yang dihabiskan untuk pembangunan sejumlah infrastruktur tersebut mencapai Rp2,1 triliun.

"Alhamdullilah pada pagi hari ini yang pertama akan kita resmikan Flyover Djuanda yang dibangun sejak tahun 2022 menelan anggaran biaya Rp363 miliar," kata Jokowi saat peresmian di Flyover Djuanda, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur, Jumat (6/9/2024).

Sementara itu, kata dia, 9 jembatan calender hamilton dengan panjang 797 meter menelan biaya hingga Rp1,4 triliun. Jembatan ini tersebar di delapan kabupaten/kota yang ada di Provinsi Jawa Timur.

"(Di) Kediri, Kota Blitar, Kabupaten Tulungagung, di Kabupaten Pacitan, dan Kabupaten Trenggalek, Kabupaten Bojonegoro, dan Kota Jember, dan Kabupaten Banyuwangi," ujarnya.

Kemudian, pembangunan 11 ruas jalan daerah di Jawa Timur sepanjang 66 kilometer menghabiskan anggaran Rp379 miliar. Pembangunan jalan daerah ini tersebar di 8 kabupaten/kota di Jatim.

"Di Kabupaten Pamekasan, Sampang, Sumenep, Pasuruan, Jombang, Gresik, Sidoarjo, Lamongan," ucap Jokowi.

 

Reporter: Muhammad Genantan Saputra

Sumber: Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini