Sukses

Pertemuan Dua Sahabat, Prabowo dan Anwar Ibrahim Kompak Perkokoh Komitmen Kerja Sama RI-Malaysia

Menteri Pertahanan Republik Indonesia sekaligus Presiden terpilih 2024-2029, Prabowo Subianto, menemui Perdana Menteri Malaysia, Dato Seri Anwar Ibrahim, di Malaysia, Sabtu (7/9/2024). Pertemuan tersebut menjadi momentum bertemunya dua sahabat.

Liputan6.com, Jakarta Menteri Pertahanan Republik Indonesia sekaligus Presiden terpilih 2024-2029, Prabowo Subianto, menemui Perdana Menteri Malaysia, Dato Seri Anwar Ibrahim, di Malaysia, Sabtu (7/9/2024). Pertemuan tersebut menjadi momentum bertemunya dua sahabat.

Mengutip siaran pers, pertemuan antara Prabowo dan Anwar ini digelar setelah sebelumnya Prabowo bertemu dengan Raja Malaysia Sultan Ibrahim.

Prabowo dan Anwar pada kesempatan itu berbincang tentang komitmen kerja sama bilateral antara Indonesia dan Malaysia yang akan terus berkesinambungan berjalan ke depannya dengan baik.

"Terima kasih atas diskusi yang konstruktif hari ini. Saya menegaskan kembali komitmen Indonesia untuk bersama-sama menciptakan hubungan bilateral pertahanan yang harmonis dan saling menguntungkan bagi kedua negara," ujar Prabowo seperti dikutip Minggu (8/9/2024).

Prabowo dalam kesempatan itu mengundang secara langsung Anwar untuk hadir pada pelantikannya sebagai presiden Indonesia pada Oktober mendatang.

Sementara itu, Anwar mengungkapkan kebahagiaannya dapat bertemu dengan sahabat lamanya itu, sekaligus mengungkapkan kebahagiaan atas terpilihnya Prabowo sebagai presiden RI.

"Ketemu sahabat karib saya, Presiden terpilih Indonesia Prabowo Subianto. Saya turut berbesar hati menerima undangan beliau ke majelis pelantikan Presiden Indonesia yang akan diadakan pada 20 Oktober 2024 di Jakarta," tulisnya di Instagram @anwaribrahim_my.

Soal hubungan bilateral antara Indonesia dan Malaysia, Anwar berkomitmen akan semakin memperkuat dalam kerja sama kedua negara.

"Yang terpenting adalah komitmen kita untuk memperkuat hubungan bilateral antara kedua negara yang bersaudara. Kita juga menekankan komitmen kita untuk menjamin dan memperkuat kerja sama regional ASEAN," Anwar menandasi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Prabowo Bertemu Raja Malaysia Sultan Ibrahim

Menteri Pertahanan RI sekaligus presiden terpilih Prabowo Subianto menemui Raja Malaysia Sultan Ibrahim dalam agenda pertamanya mengunjungi Malaysia, Sabtu (7/9/2024).

Berbagai isu strategis menjadi agenda utama yang dibicarakan oleh keduanya. Prabowo menyampaikan komitmennya untuk menggali lebih banyak potensi kerja sama antara Indonesia dan Malaysia. 

"Saya menghargai hubungan kuat antara kedua negara kita dan akan terus berusaha meningkatkan kerja sama, terutama dalam bidang pertahanan," kata Prabowo dalam keterangan tertulis yang diterima, Sabtu (7/9/2024).

"Saya menghargai harapan baik Anda dan berharap kemitraan kita terus berkembang untuk kepentingan bersama,” sambung dia. 

Prabowo menyebut Sultan Ibrahim adalah sahabat lama. Persahabatan Prabowo dan Raja Malaysia ini telah terjalin lebih dari 40 tahun, ketika sama-sama menempuh pendidikan militer di Fort Bragg, Amerika Serikat.

Selain itu, dalam pertemuan tersebut keduanya juga berharap komitmen kerja sama antara negara akan kembali kukuh lewat pertemuan General Border Committee (GBC) Malindo ke-44 yang sebentar lagi bakal terselenggara. 

Selain mengunjungi Negeri Jiran, Prabowo juga melakukan kunjungan kerja ke empat negara lainnya untuk menemui para pemimpin negara masing-masing, yaitu Brunei Darussalam, Laos, dan Kamboja.

Prabowo juga melakukan kunjungan pribadi ke Thailand untuk menemui eks Perdana Menteri, Thaksin Shinawatra dan PM Thailand yang baru, Paetongtarn Shinawatra.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.