Sukses

Bareng Pelaksanaan PON XXI Aceh-Sumut, Speed Jersey Dukung UMKM di Aceh Lewat Pendampingan Bisnis

Pelaksanaan PON XXI Aceh-Sumatera Utara menjadi salah satu momentum bagi isaha mikro kecil dan menengah (UMKM) CV Yudi Collection di Nanggroe Aceh Darussalam untuk melebarkan usahanya.

Liputan6.com, Jakarta - Pembukaan Pekan Olahraga Nasional XXI Aceh-Sumatera Utara (PON XXI Aceh-Sumut) akan berlangsung di awal pekan besok, Senin 9 September 2024.

Dan pelaksanaan PON XXI Aceh-Sumatera Utara menjadi salah satu momentum bagi isaha mikro kecil dan menengah (UMKM) CV Yudi Collection di Nanggroe Aceh Darussalam untuk melebarkan usahanya.

"Ini menjadi salah satu instrumen baru yang dikembangkan oleh PT Sab Indo Industries, yaitu dengan membuka kemitraan dengan UMKM sebagai bentuk transfer pengetahuan, pengalaman, dan juga membuka kesempatan untuk tumbuh bersama," ujar CEO PT Sab Indo Industries Andre Firmansyah, melalui keterangan tertulis, Minggu (8/9/2024).

Lebih lanjut Andre mengatakan, kemitraan ini terbuka bagi siapa saja, termasuk para calon maupun entrepreneur muda di daerah lainnya, tentunya dengan mengedepankan pelatihan, pendampingan, dan kemungkinan kerja sama di masa depan.

"Instrumen kemitraan pada UMKM, melengkapi program kemitraan yang telah kami lakukan sebelumnya, seperti program kemitraan bagi atlet berprestasi dan terpilih, untuk memiliki brand name-nya sendiri," jelas Andre.

Untuk diketahui, Yudi Collection merupakan perusahaan yang fokus pada penjualan seragam kerja untuk memenuhi permintaan dari berbagai instansi dan pemerintahan di daerah Aceh dengan mengeluarkan jenama You Dhi Collection (YDC).

Kini, UMKM Yudi Collection membuka toko pakaian olahraga dengan nama Speed Store Aceh di Jalan Diponegoro Nomor 34, Kelurahan Kampung Baru, Kecamatan Baiturahman, Kota Banda Aceh.

Soft launching toko Yudi Collection dilakukan pada Minggu (8/9/2024), pada pukul 16.00 WIB.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Bisa Kembangkan Usaha

Perjalanan Yudi Collection untuk membuka toko pakaian olahraga merupakan hasil dari pendampingan yang dilakukan PT Sab Indo Industries Bandung, perusahaan yang bergerak pada bisnis Sports Apparel & Clothing dengan jenama Speed Jersey.

Jenama ini dikenal dengan produk-produk olahraga premiumnya dan telah dipercaya mendukung banyak cabang olahraga di Indonesia di antaranya bola voli, menembak, berkuda, sepeda gunung dan BMX, hingga bela diri taekwondo.

"Terima kasih PT Sab Indo Industries yang telah memberikan kesempatan pada UMKM seperti kami untuk dapat mengembangkan usaha," kata pemilik Speed Jersey Store Aceh Mahyudi.

"Terutama karena proses pendampingan selama dua bulan ini, yang membuat kami semakin percaya diri untuk melakukan negoisasi pada klien," sambung dia.

Menurut Mahyudi, rasa percaya diri tersebut tumbuh karena tokonya kini memiliki line up produk olahraga premium yang memiliki kualitas terbaik, teruji.

"Karena telah melewati proses riset development di perguruan tinggi tekstil, telah diujicoba oleh para atlet, dan digunakan secara resmi pada beberapa cabang olahraga," ucap dia.

"Karenanya, penyelenggaraan PON XXI Aceh-Sumatera Utara menjadi momentum yang pas bagi kami untuk melakukan soft launching Speed Store Aceh. Selain untuk memenuhi kebutuhan para atlet, juga memenuhi kebutuhan masyarakat Aceh yang kini semakin giat berolahraga," tutup Mahyudi.

 

3 dari 4 halaman

Jokowi Akan Buka PON XXI Aceh-Sumut 9 September 2024

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo atau Jokowi dipastikan akan membuka langsung Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumatera Utara (Sumut) yang digelar pada 9 September 2024.

Upacara pembukaan akan dilaksanakan di Stadion Harapan Bangsa, Banda Aceh, Provinsi Aceh.

"Insyaallah Presiden Jokowi pasti hadir. Setelah membuka acara Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) di Samarinda, beliau akan langsung bertolak ke Aceh," ujar Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy dikutip dari siaran pers Sekretariat Negara, Minggu (8/9/2024).

Dia memastikan persiapan pembukaan PON Aceh-Sumut sudah 100 persen. Nantinya, tema tarian kolosal pada upacara pembukaan akan menonjolkan sosok pahlawan perempuan legendaris asal Aceh, Laksamana Malahayati.

Muhadjir pun memuji konsep ini karena mampu mengangkat semangat kepahlawanan perempuan dan menghindari bias gender.

"Pahlawan tidak hanya laki-laki, tapi juga perempuan. Apalagi Aceh memiliki dua pahlawan terkenal, yakni Cut Nyak Dhien dan Laksamana Malahayati," ujarnya.

 

4 dari 4 halaman

Para Duta Besar Akan Diundang

Pembukaan PON XXI 2024 akan berlangsung di Stadion Harapan Bangsa yang berkapasitas sekitar 14.000 penonton. Upacara pembukaan akan dilakukan setelah waktu salat Isya, untuk menghormati budaya dan tradisi lokal Aceh.

"Kami menyesuaikan waktu pembukaan dengan budaya Aceh, yaitu ba’da Isya, sehingga acara akan dimulai sedikit malam," ungkap Muhadjir.

Menurut dia, para duta besar negara sahabat juga akan diundang untuk menghadiri upacara pembukaan. Hal ini untuk semakin memperkuat unsur diplomasi dan persahabatan internasional dalam ajang olahraga terbesar nasional ini.

Sebelum meninjau Stadion Harapan Bangsa, Muhadjir juga telah memastikan persiapan di Stadion Utama Sumut telah mencapai 94 persen. Stadion itu siap menjadi lokasi upacara penutupan yang dijadwalkan berlangsung pada 20 September 2024.

"Progres stadion sudah 94 persen. Area dalam stadion hampir selesai, hanya tersisa beberapa pengerjaan di area luar, termasuk instalasi listrik," ucap dia.

Ia menyampaikan pengerjaan area dalam stadion diperkirakan selesai dalam waktu seminggu ke depan. Sementara itu, pekerjaan di luar stadion masih terus berlangsung.

Kendati waktu yang tersisa cukup singkat, Muhadjir memastikan seluruh pekerjaan yang tersisa akan rampung sebelum upacara penutupan karena telah menjadi prioritas.

"Bagian dalam sudah hampir selesai. Tinggal menyelesaikan pekerjaan luar yang mencakup instalasi listrik dan beberapa infrastruktur penunjang lainnya. Kami yakin stadion akan siap pada waktunya," tutup Muhadjir.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.