Sukses

Heru Budi Uji Coba Makan Bergizi Gratis di SD dan SMP Manggarai, Ini Menunya

Menu makan bergizi gratis untuk siswa SD dan SMP sedikit berbeda. Setiap porsi makanan bergizi gratis untuk SD dialokasikan Rp20 ribu, sementara untuk SMP Rp25ribu.

Liputan6.com, Jakarta - Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono menggelar uji coba makan bergizi gratis di SDN Manggarai 01 dan SMPN 3 Jakarta, Manggarai, Tebet, Jakarta Selatan (Jaksel), Senin (9/9/2024).

Berdasarkan pantauan Liputan6.com di lokasi, Heru Budi tiba sekira pukul 08.40 WIB di SDN 01. Uji coba dilakukan dari kelas ke kelas yang dimulai dari kelas 1.

Adapun menu yang disuguhkan kepada siswa SD dan SMP nampak berbeda. Di SDN Manggarai 01 menu makan bergizi gratis meliputi nasi uduk, semur telor, orek tempe, sayur labu, timun, dan pisang yang dikemas dalam boks kertas berwarna putih.

Uji coba makan bergizi gratis di SDN Manggarai 01 itu menggunakan dana corporate social responsibility (CSR) dari Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Bank DKI Jakarta dengan total sebanyak 500 boks makanan.

Heru ditemani sejumlah Anggota DPRD DKI Jakarta Fraksi Partai Solidaritas Indonesia (PSI) terpilih 2024-2029 Elva Farhi Qolbina, William Aditya Sarana, hingga Justin Adrian Untayana. Hadir pula jajaran Dinas KPKP, BUMD Bank DKI, hingga Dirut Dharma Jaya.

Begitu makanan dibagikan, peserta didik yang duduk dibangku SD langsung menikmati menu yang disajikan. Namun siswa di kelas 1 dan 2 terlihat lebih lama menghabiskan makanan ketimbang siswa di kelas lain.

"Kelihatannya yang harus menjadi perhatian kami dan guru adalah SD kelas 1 dan 2. Menunya harus habis karena menu itu kan asupan gizi yang kita berikan kalau tidak habis kan percuma juga," kata Heru Budi Hartono.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Ingin Dibawa Pulang

Sebagian siswa SDN itu justru ingin membawa makanan yang mereka peroleh untuk dibawa pulang ke rumah. Padahal, diantaranya ada yang belum sarapan.

"Ada juga yang bilang saya mau bawa pulang juga. Tapi rata-rata tadi belum makan juga sih," ucap Heru.

Usai dari SDN Manggarai 01, Heru juga melakukan uji coba makan bergizi gratis di SMPN 03 sekitar pukul 10.00 WIB dengan total 1.000 boks makanan. Uji coba itu juga dibiayai dengan dana CSR dari BUMD Dharma Jaya.

Menu yang disajikan untuk siswa SMP nampak sedikit berbeda, meliputi beef teriyaki, nasi, sayur salad, dan pisang. Nilai makanannya juga lebih besar, yakni Rp 25.000.

"Kelihatannya yang di SMP (menunya) tidak masalah. Menunya ada beef teriyaki, nasi, dan sayur salad, pisang. Semuanya berjalan dengan baik dan habis," ujar Heru.

 

3 dari 3 halaman

Menu dan Porsi Pas

Heru juga sempat bertanya kepada siswa SMP terkait rasa hingga porsi dari makanan bergizi gratis yang tengah disantap.

"Ada yang merasa makanannya engggak enak? Rata-rata habis ya. Siapa yang merasa nasinya kurang? Ada yang kurang enggak? Kamu nasi kurang? Nasinya cukup?," tanya Heru ke para siswa.

Rata-rata siswa menjawab porsi makanan yang didapat itu cukup dan pas. "Oke pas ya. Kalau SMP sih oke ya," ujar Heru.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini