Sukses

NU Care-LAZISNU Perkuat Solidaritas Indonesia untuk Palestina

Wakil Duta Besar Palestina untuk Indonesia, Ahmed Metani menyampaikan rasa terima kasih mendalam kepada warga NU dan Pemerintah Indonesia atas dukungan serta bantuan kemanusiaan yang konsisten diberikan kepada Palestina.

Liputan6.com, Jakarta - Warga Nahdlatul Ulama (NU) terus berkomitmen mendukung rakyat Palestina dalam mengatasi genosida yang dilakukan Israel. Hal itu disampaikan saat Rapat Kerja Nasional (Rakernas) NU Care-LAZISNU 2024 di Jakarta, Jumat (6/9/2024) dengan tema "Stand for Palestine: Indonesia, Nahdlatul Ulama, and Solidarity for Palestine”.

Merespons hal tersebut, Wakil Duta Besar Palestina untuk Indonesia, Ahmed Metani menyampaikan rasa terima kasih mendalam kepada warga NU dan Pemerintah Indonesia atas dukungan serta bantuan kemanusiaan yang konsisten diberikan kepada Palestina.

“Saya sangat berterima kasih kepada Nahdlatul Ulama yang sudah menyelenggarakan acara ini dan berdiri di sisi kami, baik secara langsung maupun tidak langsung, untuk mendorong kesadaran dan bantuan kemanusiaan kepada Palestina,” ujar Metani seperti dikutip dari siaran pers, Senin (9/9/2024).

Metani menekankan, masalah kemanusiaan dan perdamaian adalah hak universal yang harus dihormati, termasuk hak rakyat Palestina. Dia pun mengaku sedih dan geram terhadap situasi yang masih terjadi sampai saat ini dimana pelanggaran hak asasi manusia terus berlangsun.

“Israel terus-menerus melakukan tindakan semena-mena, dan hingga kini belum ada kompromi," sesal dia.

Metani juga menjelaskan, masyarakat Palestina akan tetap berjuang untuk mencapai kemerdekaan dan perlindungan hak-hak dasar, termasuk akses pendidikan.

“Kami ingin memastikan bahwa anak-anak Palestina bisa pergi ke sekolah dan universitas seperti anak-anak di seluruh dunia,” tegas dia.

Metani mengungkapkan, meski banyak resolusi internasional telah diusulkan, Israel belum menunjukkan itikad baik untuk implementasi. Ia juga menceritakan kondisinya di Jalur Gaza, yang hancur akibat serangan Israel, dengan infrastruktur, universitas, dan fasilitas dasar seperti listrik dan air mengalami kerusakan parah.

“80 persen bangunan di Gaza rusak dan tidak berfungsi, dan Israel menerapkan hukuman kolektif terhadap warga Gaza,” ungkap Metani, menyoroti betapa kritisnya situasi yang dihadapi rakyat Palestina.

Namun dia percaya, lewat dukungan dan kesadaran yang semakin meningkat dari komunitas internasional seperti NU, maka upaya untuk mendukung kemanusiaan dan perdamaian di Palestina bisa terus berlanjut.

“Dukungan NU memberikan dampak positif bagi masa depan kawasan tersebut,” tutup dia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Arahan Gus Yahya

Senada dengan itu, Direktur NU Care-LAZISNU, Qohari Cholil mengatakan bantuan NU Care-LAZISNU untuk rakyat Palestina adalah sesuai arahan Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (Ketum PBNU), KH Yahya Cholil Staquf (Gus Yahya).

Menurut dia, PBNU di bawah kepemimpinan Gus Yahya, concern pada isu perdamaian dunia, termasuk konflik dan genosida Israel atas Palestina.

“Selain itu NU juga telah menunjukkan kepedulian untuk membantu rakyat Palestina sejak lama. Jadi tugas kami sekarang meneruskan karena concern kami di NU Care-LAZISNU adalah persoalan kemanusiaan saudara-saudara kita di Palestina,” ujar Qohari.

Melalui Rakernas NU Care-LAZISNU kali ini, Qohari percaya penguatan semangat untuk membantu rakyat Palestina kembali dilakukan.

“Tujuannya agar ke depan masyarakat Indonesia, khususnya warga NU dapat menyalurkan bantuan untuk rakyat Palestina melalui NU Care-LAZISNU, baik di pusat maupun LAZISNU yang tersebar di berbagai provinsi dan kabupaten di Indonesia,” imbuh dia.

Qohari menyampaikan dalam waktu dekat NU Care-LAZISNU juga bakal berkolaborasi dengan Perkumpulan Organisasi Pengelola Zakat (POROZ) dalam pengiriman bantuan senilai Rp1,5 miliar.

“Bantuan berupa gandum, hygiene kit dan kebutuhan lainnya. Bantuan akan disalurkan melalui Yordania,” ungkap Qohari.

Menambahkan hal tersebut, Ketua Umum POROZ, Bukhori Muslim mengatakan kolaborasi ini sangat penting dari berbagai lembaga zakat yang tergabung dalam Poroz.

“Tentu ini kerja sama yang sangat baik dan komitmen bersama untuk mendukung rakyat Palestina,” kata Bukhori Muslim.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini