Sukses

Pamit ke Warga Jelang Purnatugas, Jokowi: Maaf Jika Ada Kebijakan Kurang Berkenan

Presiden Joko Widodo atau Jokowi berpamitan kepada masyarakat Deli Serdang, Sumatera Utara menjelang purnatugas pada 20 Oktober 2024.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi berpamitan kepada masyarakat Deli Serdang, Sumatera Utara menjelang purnatugas pada 20 Oktober 2024. Dia juga meminta maaf kepada masyarakat apabila ada policy atau kebijakan yang kurang berkenan.

"Ya saya pamit saja. Saya satu setengah bulan lagi sudah tidak menjabat sebagai presiden. Pamit kepada masyarakat, mohon maaf kalau ada policy-policy yang kurang berkenan," kata Jokowi di Pasar Tradisional Delimas Lubuk Pakam, Deli Serdang, Sumatera Utara, Selasa (10/9/2024).

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo atau Jokowi akan menghabiskan masa jabatannya di Ibu Kota Nusantara (IKN). Dia akan berkantor di IKN selama 40 hari ke depan, dimulai pada pekan ini sampai 19 Oktober 2024 atau sehari sebelum masa jabatannya berakhir.

Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Istana Sekretariat Presiden, Yusuf Permana menyampaikan pembangunan Istana Negara dan Istana Garuda di IKN sudah rampung. Sehingga, Jokowi dapat menggunakannya untuk berkantor di IKN seperti di Istana Merdeka Jakarta.

"Seperti yang kita ketahui bersama bahwa Istana Negara dan Istana Garuda di Ibu Kota Nusantara sudah jadi. Bapak Presiden dapat berkantor di Istana IKN, sebagaimana beliau berkantor seperti biasa di Istana Merdeka Jakarta," jelas Yusuf kepada wartawan, Senin 9 September 2024.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kegiatan Jokowi Selama Berkantor di IKN

Dia mengatakan Jokowi akan melakukan sejumlah kegiatan selama berkantor di IKN. Mulai dari, audiensi, menggelar rapat terbatas, sidang kabinet paripurna, hingga memberikan pengarahan.

"Kegiatan audiensi, rapat terbatas, sidang kabinet paripurna, pengarahan, dan lain-lain adalah kegiatan yang sering beliau lakukan di Istana," ujarnya.

Yusuf tak menjawab tanggal berapa Jokowi akan berkantor di IKN. Namun, Jokowi masih dijadwalkan menyaksikan laga pertandingan kualifikasi Piala Dunia 2026 antara Timnas Indonesia vs Australia di Stadion Utama GBK Jakarta pada Selasa, 10 September 2024.

"Rencana Bapak Presiden akan menyaksikan Pertandingan Sepak Bola Timnas Indonesia vs Australia besok (Selasa) malam di GBK. Memberi dukungan dan semangat kepada Timnas (Indonesia)," kata Yusuf.

Seperti diketahui, masa jabatan Jokowi sebagai presiden akan habis pada 20 Oktober 2024. Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka akan dilantik sebagai presiden dan wakil presiden pada 20 Oktober 2024.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini