Sukses

Konser Bruno Mars Digelar 3 Hari, Simak Rekayasa Lalin di Sekitar JIS

Syafrin menyebut, akan ada sejumlah layanan angkutan umum yang melintas di JIS. Angkutan umum ini diharapkan dapat menjadi pilihan bagi masyarakat yang akan menuju JIS untuk menyaksikan konser Bruno Mars.

Liputan6.com, Jakarta - Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta memberlakukan rekayasa lalu lintas (lalin) sekitar Jakarta International Stadium (JIS), Jakarta Utara selama konser musik Bruno Mars pada 11, 13, dan 14 September 2024. 

"Sehubungan dengan Konser Musik Bruno Mars yang akan dilaksanakan pada 11, 13, dan 14 September 2024 di Jakarta International Stadium, Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta memberlakukan rekayasa lalu lintas di sekitar kawasan tersebut," kata Kepala Dishub DKI Jakarta Syafrin Liputo dalam keterangan tertulis, Selasa (10/9/2024).

Syafrin menyebut, akan ada sejumlah layanan angkutan umum yang melintas di JIS. Angkutan umum ini diharapkan dapat menjadi pilihan bagi masyarakat yang akan menuju JIS. 

"Diimbau kepada para pengguna jalan agar dapat menyesuaikan peraturan lalu lintas yang ditetapkan, mematuhi rambu-rambu lalu lintas, petunjuk petugas di lapangan serta mengutamakan keselamatan di jalan," ucap Syafrin.

Simak rekayasa lalu lintas di sekitar JIS selama konser Bruno Mars pada 11, 13, dan 14 September berikut:

1. Akan dilakukan penutupan ruas jalan terbatas (situasional) pada tanggal 11, 13 dan 14 September 2024 pukul 09.00 WIB sampai dengan 23.00 WIB. Adapun ruas yang dimaksud sebagai berikut:

- Penutupan ruas Jalan Ancol Timur sisi Selatan dari Simpang Gerbang Karnaval ke Arah Barat sepanjang ± 60 meter;

- Penggunaan 1 (satu) lajur Jalan Ketel sisi Selatan dari Simpang Pintu Ancol Karnaval sampai dengan akses JPO Ancol-JIS.

2. Untuk meminimalisir kepadatan lalu lintas, rute alternatif yang dapat dilalui selama kegiatan berlangsung adalah sebagai berikut :

- Arus lalu lintas menuju JIS dari Arah Barat/Exit Tol Ancol Barat dapat melalui Jalan Lodan Raya - Jalan Ancol Timur - Jalan Ketel - Jalan R.E. Martadinata - Jalan Sunter Permai

- Arus lalu lintas menuju JIS dari Arah Barat/Jalan R.E. Martadinata dapat melalui Jalan Gunung Sahari - Jalan Industri - Jalan Benyamin Sueb - Jalan Griya Utama/melalui Jalan HBR Motik - Jalan Danau Sunter Barat

- Arus lalu lintas menuju JIS dari Arah Timur/Jalan Tol Ir. Wiyoto Wiyono menuju JIS dapat melalui exit tol Papanggo - Jalan Danau Bisma

- Arus lalu lintas menuju JIS dari Arah Timur/Tanjung Priok menuju JIS dapat melalui Jalan R.E. Martadinata - Jalan Sunter Permai Raya

- Arus lalu lintas dari JIS menuju Jalan Tol Ir. Wiyoto Wiyono dapat melalui Jalan Danau Bisma-gate tol Papanggo dan seterusnya

- Arus lalu lintas dari JIS menuju Arah Timur/Tanjung Priok dapat melalui Jalan Benyamin Sueb-Loop Flyover Ancol - Jalan Lodan Raya dan seterusnya

- Arus lalu lintas dari JIS menuju Arah Selatan/Barat/Jalan Gunung Sahari dapat melalui Jalan Danau Sunter Barat - Jalan Griya Utama - Jalan Benyamin Sueb/melalui Jalan HBR Motik - Jalan Industri - Jalan Gunung Sahari dan seterusnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Transjakarta Bakal Perpanjang Jam Operasional Selama Konser Bruno Mars di JIS

Jelang konser penyanyi asal Amerika Serikat, Bruno Mars yang bertempat di Jakarta International Stadium (JIS), Jakarta Utara pada 11 hingga 14 September 2024, PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) akan melakukan perpanjangan jam operasional layanan.

Kepala Departemen Hubungan Masyarakat dan CSR Transjakarta Ayu Wardhani menyampaikan, akan ada perpanjangan jam operasional di dua rute, yakni koridor 14 (JIS-Senen) dan Rute 14A (Juanda-JIS).

"Kami mengimbau masyarakat yang ingin menonton konser menggunakan transportasi publik yang melintas di lokasi acara, khususnya layanan Transjakarta," kata Ayu dalam keterangan tertulis, diterima Selasa (10/9/2024).

Masyarakat yang akan menonton konser Bruno Mars di JIS, maupun setelah konser selesai bisa naik dua rute tersebut. Layanan ini akan melayani pelanggan lebih lama, yakni hingga pukul 00.00 WIB untuk layanan reguler.

"Sehingga pelanggan tidak perlu khawatir, untuk akses transportasi baik menuju lokasi acara maupun saat kembali ke rumah masing-masing meski larut malam," kata Ayu.

Selain perpajangan layanan, masyarakat yang ingin berkegiatan di sekitar lokasi konser juga bisa memanfaatkan layanan Angkutan Malam Hari (AMARI) yang beroperasi normal mulai pukul 22.00-05.00 WIB di 14 koridor utama.

"Sehingga tidak perlu repot mencari lokasi parkir, dan berkontribusi mengurangi kemacetan serta ikut mendukung Net Zero Emission," ucap Ayu.

3 dari 4 halaman

Jadwal Konser Bruno Mars di Jakarta Jadi 3 Hari

Promotor konser Bruno Mars mengumumkan penambahan jadwal konser artis peraih piala Grammy di Jakarta. Live Nation, TEM Presents, dan PK Entertainment mengatakan bahwa jadwal konser ketiga Bruno Mars Live in Jakarta 2024 akan diselenggarakan pada Rabu, 11 September 2024.

Awalnya, pihak promotor hanya menyebutkan bahwa Bruno Mars akan tampil menghibur penggemarnya di Indonesia pada Jumat - Sabtu, 13--14 September 2024, di Jakarta International Stadium (JIS). Dengan penambahan jadwal, konser pelantun lagu The Lazy Song itu resmi digelar selama tiga hari di Jakarta.

Dalam rilis yang diterima Tim Lifestyle Liputan6.com, Kamis, 28 Juni 2024, tiket presale Mandiri untuk 13--14 September 2024 dilaporkan telah terjual sepenuhnya. Penjualan Umum untuk ketiga jadwal konser akan dibuka pada Sabtu, 29 Juni 2024, mulai pukul 10.00 WIB (Waktu Lokal Jakarta) hanya di brunomarsinjakarta.com. Sementara, paket VIP juga tersedia di vip.livenation.asia.

4 dari 4 halaman

Alasan JIS Dipilih

Sebelumnya, Co-Founder and Chief Operating Officer of PK Entertainment Harry Sudarma, dikutip dari Antara, mengatakan rangkaian konser Bruno Mars di Jakarta pada 2024 ini menargetkan 100 ribu penonton atau 50 ribu penonton untuk setiap hari pertunjukan.

Harry menjelaskan JIS dipilih sebagai lokasi konser karena stadion itu sudah sering dijadikan tempat penyelenggaraan konser dan acara non-olahraga lainnya.

Infrastruktur dan fasilitas di JIS juga dinilai cocok dan bisa mendukung berlangsungnya konser Bruno Mars.

"Sudah banyak sekali pembelajaran, perbaikan, peningkatan, dari berbagai macam kolateral lah ya untuk keperluan acara. Jadi kami rasa, kami sangat sangat nyaman dan sangat sangat confident dan untuk bekerja sama dengan JIS," kata Harry.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.