Sukses

JK Kritik Mas Menteri, DPR Akui Pernah Minta Nadiem Kunjungi Sekolah di Daerah

Ia tidak memungkiri kebenaran kritik yang diungkapkan JK terhadap Nadiem Makarim. Andreas pun berharap agar Mendikbudristek berikutnya bisa memperbaiki apa dilakukan oleh Nadiem.

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Presiden ke-10 dan ke-12, Jusuf Kalla (JK) mengkritik Mendikbudristek Nadiem Makarim yang tidak memiliki pengalaman di dunia pendidikan. Bahkan, ia juga disebutnya jarang ke kantor hingga tak pernah berkunjung ke daerah.

Ternyata, apa yang dikatakan oleh JK ini pernah dikritisi oleh Komisi X DPR. Anggota parlemen itu meminta Nadiem untuk lebih mengunjungi sekolah-sekolah di daerah.

"Kalau soal gaya kepemimpinan memang tidak bisa dihindari karena latar belakangnya memang dari lingkungan bisnis dan Nadiem sendiri dilahirkan dan dibesarkan serta hidup di lingkungan megapolitan," kata Anggota Komisi X DPR RI, Andreas Hugo Pareira saat dihubungi merdeka.com, Selasa (10/9/2024).

"Memang aspek ini pernah juga di DPR, kami menyampaikan agar Nadiem sebagai menteri lebih sering berkunjung ke daerah, ke sekolah-sekolah, kampus-kampus untuk melihat, mendengar dan mengalami langsung kesulitan dan tantangan-tantangan yang dihadapi oleh guru, siswa dan miskinnya sarana prasarana pendidikan kita," sambungnya.

Selain itu, Ia tidak memungkiri kebenaran kritik yang diungkapkan JK terhadap Nadiem. Andreas  pun berharap agar Mendikbudristek berikutnya bisa memperbaiki apa dilakukan oleh Nadiem.

"Saya tidak menyangkal kalau aspek kritik dari Pak JK ini tidak beralasan. Ada benarnya. Semoga ke depan, bangsa ini mempunyai menteri yang bisa melanjutkan hal-hal baik yang sudah dilakukan oleh Nadiem Makarim dan memperbaiki dan meningkatkan yang belum dan kurang dilakukan oleh Nadiem," pungkasnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kritik JK terhadap Nadiem

Sebelumnya, Mantan Wakil Presiden ke-10 dan ke-12, Jusuf Kalla mengkritik habis Nadiem Makarim yang sama sekali tidak punya pengalaman dalam bidang pendidikan tapi dia ditunjuk menjadi Kemendikbudristek. Nadiem bahkan disebut JK, jarang datang ke kantor bahkan tidak pernah berkunjung ke daerah.

JK bahkan membandingkan kepemimpinan Nadiem dengan dengan para tokoh-tokoh pendidikan terdahulu.

"Di belakang daripada semua pendidikan itu, ada orang 'the man behind the gun', kalau Perusahaan CEO dari daftar siapa menteri pendidikan selama ini. Pak Ki Hajar Dewantoro, orang hebat, mendirikan taman siswa. Itu cikal bakal dari prinsip pendidikan kita. Ada Pak Soemantri, ada Syarief Thayeb, Daoed Joesoef, Fuad, semua orang hebat di bidang pendidikan," ungkap JK dalam kanal YouTube TV Parlemen yang dikutip merdeka.com, Minggu (8/9).

Reporter: Nur Habibie

Sumber: Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini