Sukses

Top 3 News: Istana Bantah Paspampres Pukul Mahasiswa yang Terobos Pengamanan Jokowi

Pihak Istana menanggapi soal video viral yang merekam saat pasukan pengamanan presiden (Paspampres) memukul mahasiswa karena menerobos penjagaan demi berfoto bersama Presiden Joko Widodo atau Jokowi. Itulah top 3 news hari ini.

Liputan6.com, Jakarta - Pihak Istana menanggapi soal video viral yang merekam saat pasukan pengamanan presiden (Paspampres) memukul mahasiswa karena menerobos penjagaan demi berfoto bersama Presiden Joko Widodo atau Jokowi. Itulah top 3 news hari ini.

Istana membantah Paspampres memukul mahasiswa. Hal tersebut seperti disampaikan Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden, Yusuf Permana, Selasa 10 September 2024.

Yusuf menjelaskan bahwa pengamanan Presiden Jokowi terdiri dari berbagi unsur. Paspampres mengamankan di Ring 1, sedangkan Ring 2 dan 3 dijaga oleh aparat TNI-Polri dari wilayah setempat.

Sementara itu, Mantan Menko Polhukam Mahfud MD mengaku pernah menggunakan jet pribadi milik Wakil Presiden Indonesia ke-10 dan ke-12 Jusuf Kalla (JK). Menurut dia, hal itu dilakukan saat masih menjabat sebagai Ketua Mahkamah Konstitusi dan hal itu bukanlah merupakan gratifikasi.

Menanggapi hal itu, Koordinator Masyarakat Antikorupsi Indonesia (MAKI) Boyamin Saiman meminta Mahfud menjelaskan hal itu lebih detial kepada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Dia meyakini, jika hal itu dilakukan, maka dapat menjadi acuan tokoh publik lain melakukan hal senada.

Boyamin bahkan memohon, agar Mahfud bersedia hadir ke KPK mengklarifikasi penggunaan jet pribadi dan menegaskan apakah hal itu ranah gratifikasi atau bukan.

Berita terpopuler lainnya di kanal News Liputan6.com adalah terkait polisi sedang menyelidiki kasus kecelakaan mobil Toyota Zenix yang menabrak restoran Jepang, Okuzono, pada Minggu 8 September 2024. Pengemudi mobil tersebut diketahui bernama Felix Natama alias FN (31).

Kasie Humas Polres Jakarta Selatan AKP Nurma Dewi mengungkapkan bahwa pihak kepolisian telah mencari pelaku hingga ke kediamannya, namun FN tidak ditemukan di lokasi.

Nurma mengaku belum dapat mengetahui secara pasti penyebab FN terlibat kecelakaan tunggal hingga memporakporandakan restoran Jepang itu. Sebab polisi harus menggali dari keterangan yang bersangkutan.

Berikut deretan berita terpopuler di kanal News Liputan6.com sepanjang Selasa 10 September 2024:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Istana Bantah Paspampres Pukul Mahasiswa yang Terobos Pengamanan Jokowi

Pihak Istana menanggapi soal video viral yang merekam saat pasukan pengamanan presiden (Paspampres) memukul mahasiswa karena menerobos penjagaan demi berfoto bersama Presiden Joko Widodo atau Jokowi.

Istana membantah Paspampres memukul mahasiswa.

"Kami telah koordinasi dengan teman-teman Paspampres bahwa tidak ada pemukulan oleh Paspampres," kata Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden, Yusuf Permana kepada wartawan, Selasa 10 September 2024.

Dia menjelaskan bahwa pengamanan Presiden Jokowi terdiri dari berbagi unsur. Paspampres mengamankan di Ring 1, sedangkan Ring 2 dan 3 dijaga oleh aparat TNI-Polri dari wilayah setempat.

"Kami akan cek tim pengamanan wilayah (soal pemukulan ke mahasiswa)," ujarnya.

 

Selengkapnya...

3 dari 4 halaman

2. Ajak Mahfud ke KPK, MAKI: Berikan Contoh Klarifikasi Soal Jet Pribadi JK

Mantan Menko Polhukam Mahfud MD mengaku pernah menggunakan jet pribadi milik Wakil Presiden Indonesia ke-10 dan ke-12 Jusuf Kalla (JK).

Menurut dia, hal itu dilakukan saat masih menjabat sebagai Ketua Mahkamah Konstitusi dan hal itu bukanlah merupakan gratifikasi.

Menanggapi hal itu, Koordinator Masyarakat Antikorupsi Indonesia (MAKI) Boyamin Saiman meminta Mahfud menjelaskan hal itu lebih detial kepada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Dia meyakini, jika hal itu dilakukan, maka dapat menjadi acuan tokoh publik lain melakukan hal senada.

"Perlu untuk keteladanan dan contoh pihak lain. Kita tunggu peran aktif Pak Mahfud MD," kata Boyamin seperti dikutip Selasa 10 September 2024.

 

Selengkapnya...

4 dari 4 halaman

3. Polisi Minta Pengemudi Mobil Penabrak Restoran Jepang di Jaksel Menyerahkan Diri

Polisi sedang menyelidiki kasus kecelakaan mobil Toyota Zenix yang menabrak restoran Jepang, Okuzono, pada Minggu 8 September 2024. Pengemudi mobil tersebut diketahui bernama Felix Natama alias FN (31).

Kasie Humas Polres Jakarta Selatan AKP Nurma Dewi mengungkapkan bahwa pihak kepolisian telah mencari pelaku hingga ke kediamannya, namun FN tidak ditemukan di lokasi.

"Kita mencari ke rumahnya juga belum pulang, kita harapkan menyerahkan diri saja ke Polres Jaksel. Itu yang kita harapkan," kata Nurma kepada wartawan, Senin 9 September 2024.

 

Selengkapnya...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.