Sukses

Infografis Jokowi Berkantor di IKN Nusantara Jelang Masa Jabatan Berakhir dan Progres Bandara

Masa jabatan Presiden Jokowi tinggal sekitar 1 bulan lagi. Namun, Jokowi memilih kembali berkantor di IKN Nusantara, Kalimantan Timur.

Liputan6.com, Jakarta - Masa jabatan Presiden Joko Widodo atau Jokowi tinggal sekitar 1 bulan lagi. Namun, Jokowi memilih kembali berkantor di Ibu Kota Negara atau IKN Nusantara, Kalimantan Timur (Kaltim).

"Rencana Beliau berkantor itu sampai tanggal 19 (Oktober). Kemungkinan dari tanggal 10 (September)-19 (Oktober)," kata Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono, Jumat 6 September 2024.

Heru menjelaskan, Jokowi bakal bekerja dan menggelar rapat selayaknya di Istana Kepresidenan, Jakarta. Selain itu, Jokowi akan tetap mengadakan kunjungan kerja ke sejumlah daerah.

"Ya, kalau sampai tanggal 19 Oktober, berarti 40 harian (di IKN). Beliau kerja di sana sambil mengundang yang terkait untuk rapat," Kepala Sekretariat Presiden menambahkan.

Pun demikian penjelasan Kepala Kantor Komunikasi Presiden, Hasan Nasbi, Menurut Hasan, alasan Jokowi berkantor di IKN pada akhir masa jabatannya, karena Istana Garuda yang merupakan tempat presiden bekerja sudah dapat digunakan.

"Jadi wajar jika Presiden (Presiden Jokowi) ingin merasakan bekerja di Istana Garuda sebelum estafet pemerintahan diserahkan kepada presiden berikut ya. Bagaimanapun (IKN) ini legacy-nya (warisan) Beliau," Kepala Kantor Komunikasi Presiden tersebut, Senin 9 September 2024.

Kendati demikian, Presiden Jokowi menegaskan akan tetap menggelar kunjungan kerja ke sejumlah daerah.

"Enggak (40 hari di IKN), saya muter. Saya muter ke semua daerah," ucap Presiden Jokowi di Deli Serdang, Sumatera Utara, Selasa 10 September 2024.

Seiring keputusan Jokowi berkantor di IKN, bagaimana progres pembangunan bandara setempat? Simak selengkapnya dalam rangkaian Infografis berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Infografis Jokowi Berkantor di IKN Nusantara Jelang Masa Jabatan Berakhir

3 dari 3 halaman

Infografis Progres Pembangunan Bandara di IKN Nusantara

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini