Sukses

PDIP Tegaskan Tak Pernah Ajukan Kader untuk Gantikan Risma

Apalagi Chico menilai, periode pemerintahan Presiden Jokowi hanya tinggal satu bulan lagi dan tidak ada hal krusial dalam waktu dekat ini.

Liputan6.com, Jakarta - Juru bicara DPP PDIP Chico Hakim angkat bicara soal pelantikan Sekjen Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Saifullah Yusuf atau Gus Ipul sebagai Menteri Sosial (Mensos). Diketahui, Risma mundur sebagai Mensos usai mendaftar sebagai cagub Jatim.

Chico menyatakan PDIP tidak ada masalah pengganti Tri Rismaharini bukan dari kader PDIP.

"Enggak ada masalah dengan pergantian yang diisi oleh bukan kader PDIP, apalagi ini juga pertama itu adalah hak prerogatif presiden, kami juga tidak pernah menyodorkan siapapun sebagai pengganti Bu Risma," kata Chico kepada wartawan, Rabu (11/9/2024).

Apalagi, Chico menilai, periode pemerintahan Presiden Jokowi hanya tinggal satu bulan lagi dan tidak ada hal krusial dalam waktu dekat ini.

"Waktu pemerintahan periode ini tinggal sebulan lagi, saya rasa tidak ada hal-hal krusial yang menjadi pekerjaan dalam satu bulan terakhir," ungkapnya.

"Maka dari itu juga saya rasa kenapa Bu Risma mengundurkan diri, artinya sudah menuntaskan pekerjaan-pekerjaan beliau di Kementerian, jadi ini enggak ada masalah apa-apa dari kami," sambungnya.

Selain itu, ia menegaskan PDIP tidak pernah mengajukan nama lain dari kader PDIP untuk menjadi pengganti Risma.

"Sama sekali tidak terpikir untuk juga menyodorkan kader kami sebagai pengganti Bu Risma," tuturnya.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo atau Jokowi melantik Sekjen Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), Saifullah Yusuf atau Gus Ipul sebagai Menteri Sosial (Mensos) di Istana Negara Jakarta, Rabu (11/9/2024). Gus Ipul menggantikan Tri Rismaharini yang mengundurkan diri karena ikut kontestasi Pilkada Jawa Timur 2024.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pelantikan Gus Ipul

Pelantikan Gus Ipul sebagai Mensos berdasarkan Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 102/P Tahun 2024 tentang Pengangkatan Menteri Sosial Kabinet Indonesia Maju sisa masa jabatan periode Tahun 2019-2024.

"Mengangkat Saifullah Yusuf sebagai Menteri Sosial Kabinet Indonesia Maju dalam sisa masa jabatan periode 2019-2024," demikian bunyi Keppres.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini