Sukses

INH Salurkan Bantuan Korban Angin Puting Beliung di Bogor

BPBD Kabupaten Bogor menyebut, bencana angin puting beliung di wilayahnya berpusat di Desa Cimayang, Kecamatan Pamijahan. Dua orang meninggal dunia dan empat lainnya luka-luka akibat tertimpa reruntuhan bangunan akibat bencana alam ini.

Liputan6.com, Bogor - Lembaga kemanusiaan International Networking for Humanitarian (INH) menyalurkan donasinya kepada korban bencana alam angin puting beliung di sejumlah wilayah di Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Relawan kemanusian ini langsung turun ke lapangan menyalurkan bantuan salah satunya di Kecamatan Cibungbulang dan Pamijahan. Bantuan yang diberikan kepada ratusan korban bencana puting beliung berupa paket sembako.

"Alhamdulillah, tim INH kembali menyalurkan bantuan berupa paket sembako untuk keluarga yang terdampak bencana angin puting beliung salah satunya di wilayah Kampung Pagar Jangkung, Desa Situ Ilir Kecamatan Cibungbulang, Kabupaten Bogor,” ujar Tim Media INH, Hayatun Nissa kepada wartawan, Rabu (11/9/2024).

Nisa menuturkan bencana alam angin puting beliung yang menerjang Desa Situ Ilir cukup parah. Ia mengaku prihatin banyak rumah warga yang mengalami kerusakan baik, ringan, sedang maupun berat.

"Kami mendatangi rumah-rumah warga, dan banyak di antaranya mengalami kerusakan dan sangat membutuhkan uluran bantuan dari kita, semoga apa yang kita lakukan hari ini bisa meringankan beban bagi saudara-saudara kita yang beberapa hari lalu terkena musibah," tutur Nisa.

Lembaga filantrofi ini, kata dia, berencana akan menyalurkan kembali bantuan kemanusiaan untuk warga yang terdampak bencana dengan skala yang lebih besar.

INH juga mengajak semua unsur baik dari elemen pemerintah daerah, pemerintah pusat, BUMN, BUMD untuk kembali memulihkan rumah warga yang rusak akibat diterjang angin puting beliung.

Sementara itu, Amiruddin (54) salah satu warga yang rumahnya rusak, bersyukur atas bantuan yang diterimanya.

"Bantuan ini sangat berarti bagi kami. Semoga INH terus terdepan melaksanakan kegiatan kemanusiaan," ucap Amiruddin.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

2 Orang Tewas dalam Bencana Puting Beliung

Senada juga diungkapkan korban lainnya bernama Eni, paket sembako yang diterimanya bisa mengurangi beban hidup.

"Selama kena musibah, kami harus fokus memperbaiki atap rumah yang rusak," kata dia.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bogor, Jawa Barat, menyatakan peristiwa angin puting beliung di Kabupaten Bogor berpusat di Desa Cimayang, Kecamatan Pamijahan. Bencana alam ini telah menelan dua korban jiwa.

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logitik BPBD Kabupaten Bogor M Adam Hamdani mengungkapkan dua korban meninggal dunia tersebut yaitu Pendi (45) dan Wanto (40).

Keduanya meninggal dunia di tempat, setelah tertimpa reruntuhan bangunan gudang kolam ikan hias arwana.

"Selain Pendi dan Wanto, ada empat korban lain yang mengalami luka-luka," ungkap Adam.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini